Mataram Bakpia Kukus, Oleh-Oleh Khas Jogja

 
Mataram Bakpia Kukus

 “Selalu ada sesuatu di Jogja” 
Setuju sekali mendengar kalimat di atas. Karena apapun tentang Jogja rasanya sungguh istimewa.
Suasananya, budayanya, keratonnya, gudegnya, sampai bakpianya yang sangat melegenda. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Jogja tanpa menenteng bakpianya untuk dibawa pulang atau dijadikan buah tangan untuk orang-orang kesayangan.
Mendengar kata bakpia, apa yang kalian pikirkan? Makanan khas Jogja yang berisikan kacang hijau dan dipanggang? Tapi pernahkah kalian mendengar bakpia kukus ala Jogja? Bakpia kok dikukus? Memang bisa?
Ya, semakin maraknya kreasi di dunia kuliner, semakin kreatif dan inovatif pula ide makanan sekarang ini. Salah satu makanan yang mengalami inovasi adalah bakpia khas Jogja ini. Dan untuk saya yang bukan pecinta bakpia panggang, senang rasanya makin banyak varian bakpia yang bisa saya pilih untuk dinikmati.
Adalah Mataram Bakpia Kukus yang tanggal 8 April kemarin melakukan soft launching di beberapa stasiun kota Jogja dan Stasiun Solo Balapan. Beruntungnya saya termasuk yang “kebagian” menikmati promo soft launching dan akhirnya bisa mencicipi lembutnya bakpia kukus dari Mataram Bakpia Kukus, oleh-oleh khas Jogja ini.

Mataram Bakpia Kukus

Filosofi Mataram Bakpia Kukus

Mataram Bakpia Kukus yang hadir di tengah masyarakat untuk menjadi produk buah tangan dan oleh-oleh agar bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.
Makanan ini diproduksi dengan cara dikukus dan tentu saja melalui proses yang higienis dalam setiap proses pembuatannya.
Berbeda dengan bakpia panggang yang biasanya tekstur kulitnya lebih rapuh untuk tipe bakpia kering dan lebih padat untuk varian bakpia kering, bakpia kukus yang berbentuk bulat ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan isian yang lumer. Ukurannya juga lebih besar jika dibanding bakpia panggang.
Jadi cocok sekali untuk kalian yang kurang suka atau bosan dengan bakpia panggang seperti saya kan.
Lalu kenapa ada nama Mataram di dalamnya?
Logo Mataram Bakpia Kukus

Nama dan simbol dari Mataram Bakpia Kukus memang diambil dari nama dan sejarah kerajaan Mataram Kuno dan Mataram Baru yang berdiri di Indonesia pada abad ke-8 di Jawa Tengah. Tujuannya adalah agar produk bakpia kukus ini lebih mudah dikenali, lebih mudah dipasarkan, dan tentu saja sekaligus sebagai upaya untuk pelestarian pengetahuan sejarah yang ada di Indonesia. Filosofis sekali bukan?
Apalagi karena saat ini rasanya sangat jarang anak-anak muda yang masih mengenali sejarah negerinya sendiri. Karena itulah Mataram Bakpia Kukus melalui logonya (lambang garuda, perisai, mahkota, keris, dan bulan sabit) berharap bisa menjadi salah satu pengingat akan sejarah negeri Indonesia di masa lalu.

Kemasan Mataram Bakpia Kukus

Selain logonya, ada hal menarik lainnya yang saya temukan dari Mataram Bakpia Kukus ini, yaitu kemasan luarnya seperti motif dan juga cara membuka kemasannya.
Setiap kemasan dari Mataram Bakpia Kukus ini memiliki motif batik nusantara yang berbeda. Tujuannya apalagi kalau bukan ingin melestarikan sekaligus mengenalkan kekayaan dan keindahan motif batik yang dimiliki oleh negeri kita yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai warisan budaya Indonesia dan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan serta budaya tak benda. Beberapa di antaranya yang saya kenali adalah motif batik kawung, batik mega mendung, batik parang, batik cenderawasih papua, dan motif sidomukti Jogja.
Motif batik pada kemasan Mataram Bakpia Kukus

Selain motifnya, kemasan Mataram Bakpia Kukus ini juga cukup unik karena dilengkapi dengan bukaan box di bagian bawah logo untuk memudahkan kita dalam mengambil isi di dalamnya. Super praktis pokoknya kalau mau comot isi di dalamnya dan menikmati varian rasanya.

Varian Rasa dan Harga Mataram Bakpia Kukus

Bosan dengan varian rasa bakpia yang hanya seputar kacang hijau, keju, dan coklat?
 
Varian rasa Mataram Bakpia Kukus

Tenang, di Mataram Bakpia Kukus kalian akan menemukan 20 varian rasa yang pastinya menggugah selera mulai dari Alpukat Mentega, Susu Cokelat, Black Forest, Brownies Coklat, Durian Musang King, Café Latte, Stroberi Ciwidey, Red Velvet, Kacang Ijo , Matcha Latte, Keju Cheddar, Pisang Raja, Pandan Wangi, Chocoreo Lezato, Tiramisu Crepe, Mangga Arumanis , Chocopandan, Rock Melon, Kurma Ajwa , dan Nangka Madu.
Waw, sangat beraneka ragam kan ya? Nggak akan bikin bosan kalau kaya gini sih. Dan yang jelas, varian rasa yang sangat banyak ini juga bisa menjadi pilihan semua orang jika tidak suka dengan varian rasa tertentu.
Saya sendiri suka sekali dengan varian Alpukat Mentega dan Durian Musang King-nya. Harumnya kerasa banget. Tapi tidak sampai bikin eneg meskipun aroma duriannya cukup kuat. Custard isiannya pun sangat terasa durian. Pecinta durian wajib banget sih mencoba varian satu ini. Perpaduan lembutnya bolu kukus dan isian custard yang lumer cocok sekali dijadikan teman minum kopi di pagi atau sore hari.
 
Lumernya isian Mataram Bakpia Kukus

Sedangkan untuk harga, setiap box atau varian Mataram Bakpia Kukus yang berisikan 9 pcs bakpia kukus ini dibanderol dengan harga Rp. 39.000 saja loh! Cukup terjangkau bukan? Apalagi di masa promo soft launching ini, setiap kemasannya hanya dibanderol seharga Rp. 29.000. Tapi terbatas ya, promonya hanya berlaku sampai tanggal 30 April 2023 saja.
 
Promo Mataram Bakpia Kukus

PROMO BELI 1 DAPAT 2 dan Soft Launching Mataram Bakpia Kukus, Oleh-Oleh Khas Jogja!!

Di atas tadi saya sudah sedikit bercerita bahwa saya berkesempatan menikmati promo soft launching Mataram Bakpia Kukus di Stasiun Solo Balapan kan?
Memang ada promo apa sih kok saya sampai senang banget, haha.
 
Happy dapet promo beli Matar Bakpia Kukus

 
Yup, pada saat soft launching pada tanggal 8 April kemarin, ada PROMO BELI 1 DAPAT 2 dari Mataram Bolu Kukus dan Siliwangi Bolu Kukus loh!!! Jadi dalam soft launchingnya ini Mataram Bakpia Kukus memang berkolaborasi dengan brand Siliwangi Bolu Kukus untuk mengadakan PROMO BELI 1 DAPAT 2.
Tujuannya adalah untuk mengenalkan produk Mataram Bakpia Kukus ini kepada khalayak ramai dan juga mereka pengguna kereta api yang bisa sekaligus membeli bakpia kukus ini untuk dijadikan oleh-oleh.
Soft launching Mataram Bakpia Kukus ini dilakukan di beberapa lokasi Store Resmi Siliwangi Bolu Kukus di Jogjakarta dan Solo seperti Stasiun Solo Balapan, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, booth Jogja City Mall, dan booth Ambarrukmo Plaza Yogyakarta.
Setiap pembelian 1 pax Siliwangi Bolu Kukus all variant kita bisa mendapatkan 1 box gratis Mataram Bolu Kukus all variant yang tersedia juga. Bebas milih pokoknya. Promo ini berlaku hanya untuk 50 pengunjung pertama di jam 16.00-18.00.
Seru sekali  melihat banyak pengunjung yang heboh memilih varian bakpia kukus yang ingin mereka coba. Bahkan dari saat antrian baru dimulai, para pengunjung sudah berdiskusi dengan teman atau keluarganya yang juga ikut antri nanti mau pilih kombinasi varian apa saja. Biar nggak dobel dan bisa icip semua varian rasa kayaknya sih ya, haha. 
Tapi tenang, PROMO BELI 1 DAPAT 2 ini masih berlaku sampai tanggal 16 April 2023 di beberapa lokasi store Siliwangi Bolu Kukus seperti:
  1. Stasiun Tugu Yogyakarta Promo berlaku di jam 14.00-16.00 WIB untuk 50 pengunjung pertama dan wajib follow akun Instagram @siliwangibolukukus dan @matarambakpiakukus. 1 orang hanya berhak mendapatkan 1 kali promo (tidak berlaku kelipatan). 
  2. Stasiun Lempuyangan Yogyakartaa Promo berlaku di jam 13.00-15.00 WIB untuk 50 pengunjung pertama dan wajib follow akun Instagram @siliwangibolukukus dan @matarambakpiakukus. 1 orang hanya berhak mendapatkan 1 kali promo (tidak berlaku kelipatan).
  3. Stasiun Solo Balapan Promo berlaku di jam 16.00-18.00 WIB untuk 50 pengunjung pertama dan wajib follow akun Instagram @siliwangibolukukus dan @matarambakpiakukus. 1 orang hanya berhak mendapatkan 1 kali promo (tidak berlaku kelipatan).
  4. Ambarrukmo Plaza Yogyakarta Promo berlaku di jam 15.00-17.00 WIB untuk 50 pengunjung pertama dan wajib follow akun Instagram @siliwangibolukukus dan @matarambakpiakukus. 1 orang hanya berhak mendapatkan 1 kali promo (tidak berlaku kelipatan).
  5. Jogja City Mall Promo berlaku di jam 18.00-20.00 WIB untuk 50 pengunjung pertama dan wajib follow akun Instagram @siliwangibolukukus dan @matarambakpiakukus. 1 orang hanya berhak mendapatkan 1 kali promo (tidak berlaku kelipatan). 
 “Yahh nggak bisa buat oleh-oleh mudik lebaran dong??” 
Tenang, masih ada promo menarik dari Mataram Bakpia Kukus ini yang bisa kalian nikmati loh. Sampai tanggal 30 April 2023, setiap varian rasa dari Mataram Bakpia Kukus ini hanya dibanderol seharga Rp. 29.000 aja. Artinya diskon 10.000 dari harga normal yaaa. Lumayan banget kan itu. 
“Trus promo dapet free-nya beneran udah abis nih?” 
Tenang jugaaa…. Kalian masih bisa menikmati promo menarik di Opening Store Mataram Bakpia Kukus di Malioboro Mall pada tanggal 15 April-20 April 2023 yaa.
Ketentuannya masih sama, hanya berlaku untuk 50 pengunjung pertama dan berlaku di jam tertentu yaitu di jam 15.00-17.00 WIB saja. Promo yang akan didapatkan juga berbeda di setiap tanggalnya. Keterangannya adalah sebagai berikut:
  • Tanggal 15 – 16 April: PROMO BELI 1 DAPAT 3 (Beli 1 Mataram Bakpia Kukus GRATIS 1 Mataram Bakpia Kukus varian lain dan 1 Coco Nico).
  • Tanggal 16 – 18 April: PROMO BELI 2 DAPAT 3 (Beli 2 Mataram Bakpia Kukus Gratis 1 Siliwangi Bolu Kukus).
  • Tanggal 18 – 20 April: PROMO BELI 3 DAPAT 5 (Beli 3 Mataram Bakpia Kukus GRATIS 1 Nutty Coco + 1 Coco Nico). 
Nah, gimana? Penasaran mau coba kelembutan bolu dan lumernya isian puluhan varian dari Mataram Bakpia Kukus sekaligus dapetin promonya? Langsung saja kunjungi store yang sudah disebutkan di atas yaa.
Store Siliwangi Bolu Kukus dan Mataram Bakpia Kukus di Stasiun Solo Balapan
 
Untuk warga Solo raya boleh juga nih langsung mlipir ke Stasiun Solo Balapan. Lokasi storenya ada di sisi kiri bagian dalam pintu masuk stasiun dan sangat mudah untuk ditemukan.
 
Happy borong di promo Mataram Bakpia Kukus

Cocok sekali juga untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja saat kita bepergian keluar kota. Karena saat ini Mataram Bakpia Kukus ini hanya bisa didapatkan di area Jogja dan Solo saja nih. Mataram Bakpia Kukus ini aman banget ya dibawa keluar kota. Daya tahan produknya kurang lebih 10 hari dari tanggal produksi di suhu ruang dan sekitar 20 hari jika disimpan di dalam kulkas/pendingin. Yang penting dihindarkan dari sinar matahari dan jangan ditumpuk terlalu banyak yaaa… 
Selamat mencoba dan selamat jatuh cinta….

41 komentar

  1. aduh ngeces liat bakpia jam segini, di jam2 rawan menjelang buka puasa, hehehe. Asik nanti kalau main ke jogja mau icip ah mataram bakpia kukus, udah lama banget ngajak suami road trip ke Jogja, mudah2an bisa terlaksana

    BalasHapus
  2. Wah mantap ya mak Ana ternyata ada promo beli 1 dapat 2 nih :D Mataram Bakpia Kukus bikin aku penasaran, biar nanti kuborong ah hehehe. Cocok nih buat camilan saat berbuka puasa maupun sehari-hari di bulan lainnya. DUh, berharap nanti ga hanya beredar di Jogja dan Solo aja ya tapi berbagai kota di Indonesia. Pasti banyak dinantikan.

    BalasHapus
  3. Pas banget nih Mataram Bakpia Kukus meluncurkan produknya menjelang lebaran, pastinya Jogja bakal ramai oleh pendatang yang mudik maupun untuk liburan.
    Ada 20 pilihan rasa pula, dengan desain kemasan motif batik yang berbeda-beda. Ini bisa sekalian mengenalkan motif batik pada para pembelinya

    BalasHapus
  4. Bakpia kukus ini rasanya enak juga, ya. Testurnya lembut. Udah gak perlu dipotong-potong juga. Cakep nih buat oleh-oleh.

    BalasHapus
  5. Bakpia ini jenisnya sekarang semakin banyak ya mak Ana, coba kirim dulu ke Jakarta hahahahhaaa... Nanti kalau pas ke Jogja cobain deh beli, kalau sekarang lihat foto-fotonya dulu.

    BalasHapus
  6. Bagus juga ya filosofinya Mataram Bolu Kukus dan bakpia kukus!
    Aku mau cobain semua ah, aku tu penggemar bakpia banget, tapi anehnya suka yang tradisional jeng Ana. Tapi sesekali bolehlah nyobain yang aneh aneh...

    BalasHapus
  7. Pernah ada yang bawain oleh-oleh bakpia kukus dari Jogja dan rasanya memang enak. Cocok juga jadi alternatif untuk oleh-oleh dari Jogja.
    Tapi saya lebih suka bakpia yang dipanggang. Mungkin karena udah kebiasaan taunya bakpia yang dipanggang kali ya, hehehe

    BalasHapus
  8. aku jadi kangen Jogja dengan segala oleh.- olehnya yang maknyuuus mba. Kayaknya aku belum sempat coba yang satu ini deh. Semoga soon bisa

    BalasHapus
  9. Beneerr mak, selalu ada di Jogja. Yang paling terasa tuh, Jogja memang selalu ngangenin!

    Yah, promosi beli satu dapet 2 nya hanya di bulan ini yaa, aku berencana ke Jogja nya baru di liburan sekolah nanti (semoga jadi sih Aamiinn hehe). Semoga aja nanti ada promo lainnya, aku mau ngerasain juga euy, sekaligus jadi oleh-oleh gituu

    BalasHapus
  10. Bentuknya yang gemoy-gemoy warna-warni itu, sungguh bikin penasaran. Kepengen deh bisa nyicip. Aamiin, semoga nanti kesampaian mai lagi ke Jogja. Bisa beli deh Mataram Bakpia Kukus ini. Kepengen nyicip semua warnanyaaaaa :D

    BalasHapus
  11. Selama ini saya hanya menikmati bakpia yang dipanggang di oven. Rupanya ada bakpia kukus yang tak kalah menggoda.

    Wah, kudu gercep nih. Promonya hanya sampai akhir April aja.

    Boleh juga ya vuat oleh-oleh pas liburan dari jogja. Karena bisa tahan 10 hari di suhu ruang. Mantap deeh..

    BalasHapus
  12. Aku pernah dikasih juga oleh oleh ini dari beberapa ipar. Emang enak. Tumpangin di atas nasi dah anget, bisa langsung hap.

    BalasHapus
  13. Wah ada rekomendasi nih buat yang nyari oleh-oleh ketika mudik ke Jogja, apalagi kalau bukan Mataram Bakpia Kukus, kalau bakpia mungkin sudah biasa dan memang menjadi salah satu ikon kuliner Jogjakarta tapi kalau Bakpia kukus masih baru sih bagi saya, jadi pingin nyobain sayang tahun ini ngak mudik ke arah Jogja, mudah-mudahan ada store-nya di Tangerang.

    BalasHapus
  14. wahhhh bakpia kukus baru nih... penasaran pengen coba.. anak anak aku suka bakpia kukus dan kalo pulang ke jogja selalu beli bakpia kukus buat oleh oleh... moga moga cocok rasanya sama bakpia kukus mataram

    BalasHapus
  15. Bakpia kukus kayanya udah mulai dilirik untuk jadi buah tangan dari Jogja ya. Kemarin juga lumayan hype promo untuk bakpia kukus mataram ini. duh jadi pengen nyoba juga nih semua variannya

    BalasHapus
  16. Sempat bingung
    Namanya Mataram tapi ada Jogja-nya juga haha
    Pastinya enak banget lah ini

    BalasHapus
  17. Ternyata nama Mataram masih ada kaitannya dengan sejarah Kerajaan Mataram Kuno yaa... Pasti kak Ana ngeborong nih.. Karena memanfaatkan promo yang ditawarkan. Kalau untuk ketahanan Mataram Bakpia Kukus bisa berapa hari, kak Ana?

    BalasHapus
  18. wah baru tau ada kuliner namanya bakpia kukus , varian rasanya banyak bisa dijadiin buah tangan khas jogja lagi, promo bel 1 dapat 2nya menggoda sekali untuk dicoba

    BalasHapus
  19. asyik banget makan bakpia nih cocok banget ini jadi oleh-oleh, aku senang kalau ada yang dari Jogya dibelikan Bakpia aku happy banget.

    BalasHapus
  20. Aku suka sama bakpia kukusnya, manisnya pas enggak bikin eneg. Jadi pengen beli lagi 😍

    BalasHapus
  21. asyik banget ini makan bakpia, aku juga suka deh kalau dibawakan oleh-oleh Bakpia, asli nagih makannya ya

    BalasHapus
  22. Ahh, bakpia kukus! Anak-anakku suka banget nih snack model begini. Soalnya lembuuuut banget. Nanti klo mampir jogja, coba beli ah

    BalasHapus
  23. sepertinya yang bakpia kukus, teksturnya terlihat lebih lembut ya, hampir mirip2 roti. Wah, sayang gak ada di Jakarta, apa perlu jastip nih buat mencoba bakpia kukus?

    BalasHapus
  24. Pilihan rasanya banyak, ya. Warna-warnanya juga menarik. Suka oengen semua dicobain kalau pilihannya banyak gini :D

    BalasHapus
  25. Aku selama ini beli oleh-oleh Bakpia kering. Next mungkin bakal nyoba Bakpia Kukus juga ya. Lumayan kalau daya tahannya kurang dari 10 hari. Lagian perjalanan sampai rumah paling seharian sih. Jadi tetap aman

    BalasHapus
  26. Ternyata melalui kuliner, bisa memberikan pengetahuan budaya juga kepada anak muda. Karena memang anak muda zaman sekarang jadi kurang aware dengan sejarah bangsanya sendiri.
    Enak banget jajan Mataram Bakpia Kukus dengan berbagai variasi.

    BalasHapus
  27. biasanya makan bakpia tuh yang dipanggang bukan sih? kalo yang dikukus seperti Mataram Bakpia Kukus aku belum pernah coba

    BalasHapus
  28. Kemarin ada yang kasih Mataram Bakpia Kukus ini, suka yang alpukat, terasa alpukatnya, enak.
    Jadi alternatif oleh-oleh buat saudara yang datang ke Jogja.

    BalasHapus
  29. Waah ada varia baru oleh2 khas jogja nih, setahu aku bakpia kukus ya yg satu itu mba (ga sebut nama ya), nah ini jadi ada alternatif baru yaa... boleh dicoba nih klo ke jogja. Hmm mataram yaa, catet deh

    BalasHapus
  30. Asli, Mbak.. Mataram bakpia kukus tuh eenak banget. Saya pernah makan, pas suami ada tugas ke Jogja pulangnya beli ini. Favorit saya udah jelas sih, susu cokelat.

    BalasHapus
  31. Wah senangnya, bertaambah lagi nih kuliner dari Jogja, ya. Mataram Bakpia kukus jadi kepingin mencicipi ini ya, secara saya suka banget makan bakpia dari Jogja, ah jadi kebayang bayang deh enaknya

    BalasHapus
  32. Ini benaran bikin cengang allah bacanya. Namanya Mataram tapi bakpia. Terus jadi oleh2 khas yogja pula. Hahahaha. Maaf ya Mba aku rada bingung awalnya tapi kalo ingat bakpia ya udah ingatnya ya yogja. Dan yang kukus nih emang masih agak langka

    BalasHapus
  33. Sayangnya saya ke Solo masih bulan depan. Andai ada promo saya coba cari ah di Stasiun hehe. Semoga berjodoh incipi...

    BalasHapus
  34. yashhhh super hepiiii ada oleh2 cihuy lagiii.
    kapan2 aku mau beliii ahhh klo plesir k sonoooo

    BalasHapus
  35. Pas lebaran kemarin saya dapat bingkisan dari kerabat Mataram Bakpia Kukus ini...paling suka sama rasa dan kemasan unik dari Mataram Bakpia Kukus yang memiliki motif batik nusantara yang berbeda! Wah...

    BalasHapus
  36. whoaaa itu rasa-rasanya banyak amaaat!
    ga cuma cokelat keju dan kacang ijo yah, sampai ada aneka rasa buah di dalam Mataram Bakpia Kukus.
    Ada ga yang sekotak isi mix supaya bisa cobain semuanya?

    BalasHapus
  37. wah beli bakpia kukus sekaligus mengenal batik nusantara yaa, begitu matang konsep bakpiak kukus dari filosofi hingga packaging, jadi penasaran ingin nyobain

    BalasHapus
  38. Wah auto nengok ke toko kuning hijau dan cek T*kt*k nyaaaa
    kalo tahan 10 hari - pasti nyampe Tangerang aman lah yaaa

    BalasHapus
  39. Wah asik kalau ke Jogja nanti bisa cobain deh ini buat oleh-oleh 😁

    BalasHapus
  40. Wah bakpia kukus, penasaran banget sama rasanya, seumur umur masih belum pernah makan bakpia kukus, fotonya bikin ngiler, jadi pengen coba

    BalasHapus
  41. Belum pernah nih nyoba bakpia kukus. Kemarin adik dan ibu jalan-jalan ke Jogya oleh-olehnya bakpia biasa

    BalasHapus