Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Peduli Nutrisi Bunda

 

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Peduli Nutrisi Bunda

"Kalau nanti hamil lagi, harus pilih suplemen yang peduli nutrisi bunda ya. Kaya Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold itu deh. Aku dulu selalu konsumsi itu," ucap salah seorang sahabat yang tahu persis riwayat dan perjalanan kehamilanku,

Oktober 2018
“Mohon maaf ya, Bu. Ketubannya hanya tersisa separuh ini. Opname ya,” ucap dokter Harris pagi itu ketika melakukan USG ketika saya secepatnya konsul setelah menyadari ketuban saya mulai rembes. Seminggu kemudian akhirnya bayi perempuan, calon anak kedua kami, yang sudah saya dan suami tunggu sejak awal menikah berhasil lahir normal spontan pada usia kandungan 25W dan hanya bertahan selama 2,5 jam.
Ah sesak sekali mengingatnya...

Juni 2020
“Wah seharusnya usia kandungan 8 minggu suh sudah ada detak jantungnya. Ini sepertinya ada kelainan kromosom. Jadi sejak awal pembuahan memang sudah tidak sempurna. Ini juga ada resiko abortus imminen karena ada pendarahan. Harus kita kiret ya atau mau ditunggu dulu 2 minggu? Semoga ada keajaiban… Bedrest total ya,” ucap dokter Adrianes, SpOG (K) malam itu. 2 minggu sebelum akhirnya saya mengalami abortus spontan pada pukul 3 pagi.
Saya pun harus menjalani proses kuretase karena masih ada jaringan yang tersisa yang terlihat dari hasil USG.

Agustus 2022
“Malam, dok. Mau screening feto ya, dok.” ucap saya pada dr. Adrianes malam itu di ruang prakteknya di RS Umi Barokah. Alhamdulillah, saya kembali hamil setelah keguguran pada tahun 2020 dan saat itu usia kehamilan sudah memasuki minggu ke 15.
Dokter Adrianes Bachnas, SpOG (K)-KFM adalah salah satu dokter kandungan spesialis fetomaternal yang sangat terkenal di Soloraya. Screening fetomaternal ini dilakukan untuk mengecek seluruh kondisi janin dan kandungan secara mendetail, termasuk mendeteksi kelainan sejak dini.
Tapi tiba-tiba beliau menghentikan proses USG dan meminta saya untuk kembali duduk. Ada perasaan tidak enak yang menyeruak dalam hati saya.
“Saya harus sampaikan apa adanya ya, Bu. Janin dalam kandungan Ibu sudah meninggal. Kita harus segera melakukan proses kuretase. Langkah-langkah selanjutnya akan dijelaskan oleh perawat,” ucap dr. Adri malam itu.
Sementara saya rasanya kesulitan mencerna satu demi satu kalimat yang beliau ucapkan dan hanya bisa pasrah setelah bertanya apa kira-kira penyebabnya.
Masih penasaran, saya mencoba mencari second opinion ke dr. Soffin, SpOG. Salah satu dokter senior di Solo yang juga tempat saya konsul selama kehamilan itu.
“Wah, iya, Bu. Ini janinnya sudah meninggal. Padahal kemarin baik-baik saja. Sabar ya, Bu. Penyebabnya bisa banyak faktor. Bisa dari faktor eksternal seperti makanan, asap rokok, minuman keras, atau kurangnya nutrisi pada janin. Atau bisa faktor internal” ucap beliau saat itu.
Akhirnya saya kembali opname dan melalui proses kuretase lagi untuk yang kedua kalinya.

Ya, itu adalah cerita kehamilan saya untuk yang ke empat kalinya. 4 kali hamil dan 3 kali harus kehilangan. Patah hati tentu saja. Bahkan saya masih sering menangis mengingat perjalanan dan perjuangan saya dan suami untuk mendapatkan anak kedua.
Ibu mana yang tidak terluka ketika mengetahui bayi dan calon bayinya harus diambil begitu cepat.
Ibu mana yang tidak berduka ketika mengetahui segala rencana kehamilan dan melahirkan harus dipupus begitu saja.
Tapi takdir tetap berjalan sebagaimana mestinya...

Setelah itu saya bertekad untuk mempersiapkan dan menjalankan kehamilan selanjutnya dengan upaya yang lebih optimal. Termasuk salah satunya mengonsumsi suplemen yang terbukti peduli nutrisi bunda seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. 
Apalagi kehamilan juga merupakan salah satu penentu kehidupan bayi sejak 1000 hari pertamanya. Karena itulah, mempersiapkan kehamilan dan lalu memilih suplemen yang tepat tentunya perlu dilakukan.


Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Hamil

Januari 2022
Alhamdulillah, saya kembali hamil...
Menjalani kehamilan dengan autoimun bukan perkara yang mudah. Saya didiagnosa positif autoimun pada Desember 2021. Sebulan sebelum saya tahu Allah kembali menitipkan janin di dalam kandungan saya. Apalagi saya selalu mengalami hyper emesis atau mual muntah berlebih di setiap awal kehamilan. Inflamasi dan resiko kekurangan nutrisi tentu membayangi proses kehamilan saya.
TM (trimester) 1 benar-benar menjadi momen yang menakutkan bagi saya. Susah makan, mual dengan semua hal, selalu muntah, ditambah kondisi tubuh drop hampir setiap hari. Waktu itu saya sempat khawatir janin tidak mendapat nutrisi yang cukup.
Yup, kita sama-sama tahu, tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Bahkan, mood ibu hamil juga bisa berpengaruh pada janin di dalam kandungan. Itulah kenapa waktu itu dokter kandungan saya juga meminta saya mempersiapkan kehamilan jauh-jauh hari dengan mengonsumsi asam folat.
 
Penuhi Nutrisi Selama Masa Kehamilan dengan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Tercukupinya asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh bunda selama masa kehamilan, tentu saja akan membuat 1000 hari pertama kehidupan seorang anak berkembang dengan optimal.
1000 hari pertama kehidupan (HPK) atau yang juga disebut sebagai Golden Periode adalah masa selama 270 hari di kandungan sampai anak berusia kurang lebih 2 tahun. Mulai masa di dalam kandungan hingga lulus ASI 2 tahun tentunya.
Masa-masa kehamilan  menjadi sangat penting karena seluruh organ penting seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, tulang, dan kesehatan saluran cerna, perkembangan kognitif, dan yang lainnya terbentuk.
Selain itu, asupan nutrisi juga kelak akan menentukan kondisi dan pertumbuhan anak termasuk kemampuan memori, konsentrasi, mood, emosi, pengambilan keputusan, dan intelektual.
Ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan jika nutrisi selama hamil dan menyusui tidak terpenuhi dengan baik seperti resiko mengidap penyakit kronis/menular, otak mengalami hambatan perkembangan, resiko down syndrom, resiko mengalami stunting atau gagal tumbuh, bayi mengalami resiko kelahiran premature, munculnya preeklamsia, bayi mengalami resiko berat badan lahir rendah, dan masih banyak yang lainnya.
Untunglah dr. Soffin, SpOG membebaskan saya mengonsumsi suplemen kehamilan apapun selama saya nyaman dan tidak memicu mual dan muntah. Begitu juga dengan makanan bergizi lainnya seperti buah, sayuran, ikan, dll. 
Untunglah banyak teman-teman  yang merekomendasikan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang peduli nutrisi bunda pada saya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. 

Memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang Peduli Nutrisi Bunda

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, pemenuhan nutrisi yang tepat pada 1000 HPK merupakan salah satu faktor penting untuk proses tumbuh kembang anak.
Nutrisi ini merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme sebagai fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan serta juga  pemeliharaan kesehatan (Wikipedia, 2008).
Nutrisi sendiri terbagi menjadi dua yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro.
Nutrisi makro (makronutrien) adalah zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak dan berperan sebagai bahan utama dari produksi energi dalam tubuh. Makronutrien meliputi karbohidrat, potrein, dan lemak.
Sedangkan Nutrisi mikro (mikronutrien) adalah pelengkap makronutrien yang berguna untuk memberi energi pada tubuh dan membantu proses metabolisme ini meliputi vitamin, asam folat, zat besi, yodium, kalsium, kalium, mineral, dan DHA.
Sayangnya kebutuhan nutrisi terutama nutrisi mikro ini biasanya tidak dapat terpenuhi dengan baik apalagi jika pada TM 1, seorang ibu hamil mengalami mual dan muntah yang cukup signifikan seperti saya.
Oleh sebab itu, pemenuhan nutrisi melalui pemilihan suplemen yang tepat dan peduli nutrisi bunda adalah koentji ya, ibu ibu.
Penuhi Nutrisi Selama Masa Kehamilan dengan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Itulah kenapa akhirnya saya memutuskan untuk mengonsumsi suplemen kehamilan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang peduli nutrisi bunda sebagai langkah awal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan bayi saya, sejak hamil hingga nanti menyusui.
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah suplemen yang mengandung nutrisi esensial (seperti vitamin, mineral, tinggi kalsium, tinggi DHA) yang sangat penting untuk menunjang perkembangan bayi di 1000 hari pertama (golden periode) kehidupannya dan juga kesehatan ibu.
 
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold juga mengandung odourless fish oil sehingga tidak amis dan berbau. Seneng banget sih ya karena Blackmores ini nggak bikin mual meskipun mengandung minyak ikan. Aman banget deh mengonsumsi suplemen ini selama hamil even buat saya yang gampang mual dan nggak tahan dengan bau-bauan.
Blackmores yang merupakan perusahaan dari Australia yang sudah berdiri selama kurang lebih 85 tahun ini selalu berkomitmen memberikan perawatan kesehatan yang lebih alami yang berasal dari mineral, vitamin, herba, dan nutrisi.
Selain itu ada banyak kelebihan yang akhirnya membuat saya dan banyak ibu hamil & menyusui di luar sana yang memutuskan mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, seperti:

  • Diperkaya asam folat dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin
  • Tinggi DHA untuk membantu optimalnya pertumbuhan otak
  • Tingga kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan pembentukan gigi bayi
  • Tidak menyebabkan konstipasi/sembelit
  • Membantu menjaga kualitas ASI
  • Halal

Kandungan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini terbagi dalam beberapa kemasan/botol kaca yang berisi 60 kapsul dan 120 kapsul. Oh iya, salah satu kelebihan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini adalah dikemas dalam botol kaca demi untuk menjaga kualitas isi dan juga sekaligus sebagai wujud ramah lingkungan. Keren kan ya….
Buat pribadi yang suka ngerasa sedih setiap kali nyampah kemasan plastik, ngerasa seneng banget deh karena kemasan Blackmores ini ramah lingkungan.
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Untuk harga retail, 1 botol kemasan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding ini dibanderol mulai dari harga Rp. 270.000.
Sedangkan untuk setiap kapsulnya sendiri mengandung mikronutrien penting seperti:
  • Fish oil
  • Omega 3
  • Vitamin B1 (Thiamine nitrate)
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 
  • Niasin/nicotinamid
  • Pyiridoxine HCI (Vitamin B6 950 mcg)
  • Asam folat (folid acid)
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
  • Vitamin C (Ascorbic acid)
  • Vitamin D3 200 IU (Colecalciferol)
  • d-alpha-Tocopherol (natural vitamin E 5,21 IU)
  • Calcium citrate (calcium 42,5 mg)
  • Calcium hydrogen phospate (calcium 77,5 mg)
  • Phosphorus (as Calcium Hydrogen Phosphate 263,1 mg) Fe fumarate Zinc oxide (seng 6 mg)
  • Magnesium oxide heavy (magnesium 52,5 mg)
  • Kalium iodida 
  • Potassium iodide (yodium 75 mcg) 
Kandungan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Fyi, semua kandungan mikronutrien ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi harian ya. Jadi  lebih praktis sih menurut saya dibanding harus menakar atau mengira-ngira kebutuhan nutrisi harian hanya dari asupan makanan.
Sampai di sini paham kan ya kenapa pemenuhan nutrisi mikro atau mikronutrien selama masa kehamilan itu penting sekali. Karena jika kebutuhan mikronutrien tidak terpenuhi, bayi juga beresiko mengalami BBLR seperti yang banyak terjadi di Jawa Tengah, salah satunya di kota Solo.

Aksi “BLACKMORES PEDULI NUTRISI BUNDA” di Solo

Bayi dikatakan mengalami berat badan lahir rendah ( BBLR) jika berat badannya di bawah 2,5 kg. Karena itulah, seorang ibu hamil membutuhkan asupan mikronutrien yang lengkap untuk mendukung perkembangan janin dan juga mendukung kesehatan ibu hamil itu sendiri.
Sayangnya masih banyak ibu hamil yang belum teredukasi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien selama masa kehamilan. Hal itulah yang menyebabkan banyaknya kasus BBLR pada bayi di kota Solo.
Menurut profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, setidaknya terdapat17,59% kasus bayi BBLR di kota Solo yang mana cukup tinggi jika dibanding dengan kota lainnya di Jawa Tengah.
Selain itu, menurut Selvi Ananda Gibran (Ketua TP PKK Kota Surakarta), selain BBLR, kasus stunting juga adalah  salah satu issue yang menjadi sorotan pemerintah kota Solo. “Masih ada sekitar 800 anak kasus stunting (gagal tumbuh), target kita bisa menurunkan 3% setiap tahunnya. Ini memang berat, tapi kita gandeng banyak pihak untuk mendukung, karena tidak hanya sekedar sosialisasi dan edukasi saja tapi juga harus diberikan bantuan vitamin dan makanan sehat juga,” ujar Selvi.
Kasus stunting ini juga biasanya terjadi karena tidak terpenuhinya nutrisi  mikro selama masa kehamilan. 
Blackmores Peduli Nutrisi Bunda di Solo - Selvi Ananda Gibran

 
Melihat pentingnya asupan nutrisi di masa kehamilan, Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda untuk mendukung pemenuhan nutrisi mikro khususnya di kota Solo. Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di kota Solo
“Blackmores senantiasa melakukan lebih (Blackmores Always Does More) bagi konsumen, salah satunya dengan berkomitmen memberikan yang terbaik bagi ibu dan si kecil, karena kami percaya tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, salah satu produk unggulan dari Blackmores, memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui,” ujar Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Senior Manager Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. 
Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda yang berjalan sejak bulan April hingga September ini diharapkan menjadi upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo sehingga kebutuhan nutrisi sebagai langkah awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi.

Nah, itu tadi cerita saya tentang bagaimana saya menjaga kehamilan dan juga kenapa memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang peduli nutrisi bunda untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien selama masa kehamilan dan sampai nanti masa menyusui demi menjaga dan mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan si kecil. 
Dan alhamdulillah, saat screening fetomaternal dengan dr. Wisnu Prabowo, SpOG (K)-KFM kemarin, janin dan seluruh organ tubuhnya dinyatakan sehat tanpa kekurangan suatu apapun meskipun saya selalu mengalami inflamasi selama hamil ini. Begitupun dengan ketuban, letak plasenta, dan tali pusat. Aliran nutrisi dari ibu ke bayi melalui tali pusat juga berjalan dengan baik. 
Doakan semoga berjalan lancar dan kami berdua sehat selalu yaaa....

Oh iya, untuk tahu info lebih lengkap mengenai Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, bisa follow official account Blackmores di instagram yaitu @blackmoresid ya.
 
Kalau bunda dan moms gimana nih tipsnya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil dan menyusui? Share yuk ceritanya di kolom komentar….

43 komentar

  1. Aku harus konsumsi nih karena lagi hamil juga. Coba cari, ah. Terima kasih infonya, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah ibu-ibu yang sedang hamil akan terbantu memenuhi nutrisi dan vitamin bayi dalam perut dengan blackmores for pregnancy ini ya. Insya Allah mereka lahir dengan sehat dan nanti tumbuh jadi anak yang cerdas

      Hapus
  2. Mbaaaaa, ya Allah, aku merindiing bgt baca cerita keguguran itu mbaaa

    Semoga Allah karuniakan rezeki kehamilan berikutnya yg sehaat, kuat dan lancar yaa

    Btw, tmn² ku yg hamidun juga pada minum Blackmores ini. Baguuuss bgt memaangg

    BalasHapus
  3. Yang nggak boleh ketinggalan dikonsumsi ibu hamil khususnya adalah vitamin, banyak nutrisi yang terkadung dalam vitamin yang baik untuk ibu hamil. Salah satunya di blackmores

    BalasHapus
  4. Blackmores memang bagus banget mak, dari dulu ini paling best untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui

    BalasHapus
  5. Ahhh rasanya nyeseek pas baca, apalagi miris dan sakit hati juga kalo 4 kali hamil dan 3 kali kehilangan tuhh. Tapi alhamdulillah ya diberikan kesempatan lagi dan kejadian sebelumnya dijadikan pelajaran untuk selalu menjaga kesehatan saat hamil.
    Asik banget ada teman selama hamil apalagi bisa penuhi kebutuhan nutrisi saat hamil, semoga sehat selalu dan dilancarkan sampe hari H nya ya.

    BalasHapus
  6. Kandungan blackmores lengkap bgt ya. Kalo utk yg belum jadi ibu, boleh juga gak mengonsumsinya?

    BalasHapus
  7. Blackmores ini bagus buat nutrisi bumil dan busui. Kebutuhan nutrisi memang perlu diperhatikan buat kasih yang terbaik bagi buah hati.
    Bagus juga nih aksi peduli Blackmores di Kota Solo, semoga masalah BBLR dan masalah lainnya teratasi dengan nutrisi terbaik dari Blackmores

    BalasHapus
  8. Aku bisa membayangkan gimana rasanya pas kehilangan anak pertama itu Mbak. Nah sekarang tiap kehamilan ada sedikit masalah. Hanya bisa mendoakan semoga dirimu selalu sehat ya begitu pun anak-anak yang lahir akan tumbuh jadi anak-anak sehat. Dengan tambahan asupan vitamin untuk kehamilan, Inshaa Allah semua baik-baik saja. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Idem sama Mba Evi, pokonya yang terbaik dan dilancarkan semuanyaaa buat dirimuu, sehat semuanyaa. Peluk dari Bandung.

      Hapus
  9. Ya Allah, Mbak Ana...aku sampai nangis baca cerita 3 kali kehamilanmu yang gagal itu T_T Semoga apa yang sudah menjadi takdir di masa lalu, semakin menguatkanmu saat ini dan nanti ya mbak. Insha Allah kesabaran dan ketabahan Mbak Ana selama mengandung ke-3 anak yang telah Allah ambil kembali itu, berbuah amalan yang dapat membukakan jalan mbak Ana kelak menuju Surga Allah.

    Saya pun pernah mengalami kesusahan ketika mengandung anak pertama saya Alief. Persis Mbak Ana, apapun yang masuk mulut selalu dimuntahkan, bahkan sekadar minum air. Umur bayi sebulan di perut saya hampir keguguran, ngeflek2 banyak, alhamdulillah selamat setelah bedrest dan disuntik penguat selama sebulan setiap hari. Pas 2 bulan di kandungan, saya terdeteksi kena virus toksoplasma. Trus disuruh minum obat. Pas 7 bulan kena plasenta previa, sungsang sampe 8 bulan. Pas waktunya lahiran ga lahir2, akhirnya di induksi. Pas lahir eh anaknya kelilit tali puser, pantesan detak jantungnya melemah. Pas udah lahir, 7 bulan kemudian kena cerebral atrofi...ya Allah rasanya ga abis-abis dikasih ujian sama Allah pas punya Alief itu, sejak dikandung sampai lahir T_T

    Semua itu banyak sebabnya mbak. Belum siapnya saya akan apa2 yang wajib diketahui bila hamil dan punya anak, ya mungkin karena baru ya, pengetahuan juga belum banyak. Dulu ga kayak sekarang, akses informasi mudah dan banyak, dulu ngandalin baca buku dan majalah saja, itu pun ga dibaca semua sampai paham. Alhamdulillah cobaan2 itu terlewati, segala cara baik udah dijalani, alhamdulillah Alief tumbuh sehat dan normal, cerdas ga kurang suatu apapun. 4 tahun setelah baru punya anak lagi, dan saat itu persiapan saya sudah matang sehingga ga ada lagi masalah seperti saat mengandung dan melahirkan Alief.

    Semoga kehamilan mbak Ana sehat selalu, mbak Ana juga. Kuat, sehat, dan selamat. Salam sayang buat calon buah hatinya mbak, tolong usapkan di perut ya :D

    Produk Blackmores nya akan saya rekomendasikan ke teman2 yang membutuhkan. Tulisann ini juga akan jadi informasi berguna buat anak perempuan saya, supaya punya pengetahuan dari sekarang, walau masih ABG :D

    BalasHapus
  10. Blackmores ini sangatlah recomended, banyak yg cocok. Temenku saat ini hamil 6 bulan tapi sejak awal hamil konsumsi blackmores, aktifitasnya jd tour leader travel yg tidak ada istirahatnya. Habis dr singapore, KL plg ke jakarta lanjut yogya bali jalir darat. Kereen kan yaa staminanya (gusti yeni)

    BalasHapus
  11. Nutrisi untuk ibu hamil memang tidak boleh disepelekan. Sumber vitamin terpercaya seperti dari Blackmores ini tentu saja sangat direkomendasikan ya. Sehat selalu ibu hamil dan janinnya

    BalasHapus
  12. Selama hamil dan menyusui, kita memang gak boleh kurang nutrisi ya mak. Soalnya ngaruh banget ke bayi. Nah Blackmore ini nih pas buat bumil busui. Bikin anak kebawa sehat ya

    BalasHapus
  13. Alhamdulillaahnya pas hamil anak pertama dan kedua nggak rewel. Nutrisi buat ibu hamil memang sangat penting ya, jangan sampai kurang nutrisi untuk ibu dan calon bayinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa maak toss aah type hamil kebo kalau orang jawa bilang, jd ga mabok dkk ...

      Hapus
  14. Semoga Ibu dan bayi tetap sehat sampai lahiran dan seterusnya ya, Mbak. Setuju bahwa penting banget buat kita kasih nutrisi di 1000 hari pertama. Buat aku yang memang belum nikah, persiapan dari awal juga penting

    BalasHapus
  15. Suplemennya sama seperti yang saya konsumsi di kehamilan kedua kemarin mba. Sebelum konsul ke SPOG, saya sudah rutin konsumsi blackmores ini & SPOG mendukung untuk tetap lanjutkan minumnya. Alhamdulillah sekarang baby sudah 4 bulan dan saya masih konsumsi blackmores ini selama menyusui

    BalasHapus
  16. Ibu hamil memang butuh banyak nutrisi ya mbak
    Makanya perlu dibantu juga dengan mengonsumsi suplemen Blackmores ini

    BalasHapus
  17. Subhanallahu, kak Ana..
    Banyak ujian datang dan silih berganti, semoga kak Ana dikuatkan selalu dan ikhtiar konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold untuk persiapan 1000 hari pertama yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin.

    BalasHapus
  18. Peluk Mbak..untuk kisah kehamilannya. Semoga sehat selalu ke depan dan baik-baik saja semua. Aamiin
    Memang ya memenuhi kebutuhan ntrisi selama hamil itu penting sekali. Di antaranya dengan mengonsumsi Blackmores Preganancy & Breastfeeding ini

    BalasHapus
  19. Ya Allah turut bersedih atas kehilangannya, semoga ada hikmah besar menantimu mbaaak aamiin
    Blackmores ini aku yang minum tu minyak ikannya, suka botolnya gede2, tapi aku pernah kasin yg buat pregnancy dan breastfeeding itu buat sepupuku. ALhamdulillah ibu dan baby sehat dan skrng si baby dah tumbuh besar :D

    BalasHapus
  20. Sering lihat berbagai varian blackmores ini setiap kali berbelanja di toko kebutuhan ibu dan anak. Kaya banget sih kandungan dari setiap butir blackmores pregnancy and breasfeeding gold, benar-benar membantu memenuhi nutrisi ibu hamil.

    BalasHapus
  21. Blackmores ini terkenal banget untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hami dan ibu menyusui sejak lama

    BalasHapus
  22. Waktu hamil binar kemarin aku juga konsumsi ini sampai menyusui, aku suka bau kapsulnya, dan ga bikin eneg juga

    BalasHapus
  23. Duh, sedih banget baca ceritanya mbaaaak, keguguran sampai tiga kali semoga mbak selalu dikuatkan yaaah. Pentingnya konsumsi suplemen buat ibu hamil yah, Blackmores bisa jadi alternatif pilihan untuk tambahan nutrisi yah

    BalasHapus
  24. Blackmores ini banyak jenis vitaminnya ya. Adikku konsumsi bkackmores juga sewaktu hamil dan menyusui benar-benar terjaga banget stamina selama hamik dan menambah vilume ASI sewaktu menyusui

    BalasHapus
  25. Solusi untuk ibu2 nih, biasanya mamah muda suka kesulitan asi untuk menyusui bayinya. Nah dengan minum vitamin blackmores, jadi lancar

    BalasHapus
  26. Barokallah ya Mbk, emang benar banget, perlu banget suplemen kehamilan agar janin sehat dan ibu kuat. Dulu ingat banget aku tuh mengumpulkan materi/bahan agar resep/menu nutrisi lengkap

    BalasHapus
  27. Ya Allah mba,, sungguh perjuangan yang panjang. Insya Allah anak-anak mba jadi ladang amal mba sekeluarga di akhirat kelak. Eemang penting menjaga asupan gizi dan nutrien bumil tuh. Keren deh Blackmores bisa support kegiatan di Solo.

    BalasHapus
  28. Ya Allah mba. Aku ikut sedih baca ceritanya. Semoga Allah slalu nguatin ya mba 😘. Ngomong ngomong aku penasaran ama blacmores ini. Karena banyak yang bilang bagus juga

    BalasHapus
  29. Aku selama hamil dan menyusui kemarin juga konsumsi Blackmores Mba. Alhamdulillah anak dan ibunya sehat, asi juga lancar sampai dua tahun, Penting banget emang nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui.

    BalasHapus
  30. Ibu hamil dan ibu menyusui memang harus banyak nutrisi ya mbak
    Selain dari makan makanan bergizi, juga dengan konsumsi suplemen Blackmores ini

    BalasHapus
  31. Iya Blackmores bagus kualitasnya, orangtuaku pengguna setia vitaminnya yang lengkap..sedih baca kisah kehamilannya semoga sehat terus kehamilannya ya Mak.. aamiin..

    BalasHapus
  32. Turut bersedih untuk kejadian kehilangan janinnya ya mba. Semoga Allah berikan kesabaran. Kehamilan selanjutnya insyaallah selalu diberikan kesehatan untuk ibu & bayinya. Aamiin. Semangat terus konsumsi blackmorestnya sampai menyusui nanti 👍

    BalasHapus
  33. Setujuuu...pemenuhan nutrisi melalui pemilihan suplemen yang tepat adalah koentji bagi bumil. Karena kebutuhan nutrisi terutama nutrisi mikro ini biasanya tidak dapat terpenuhi dengan baik apalagi jika pada awal kehamilan mual dan muntah parah...

    BalasHapus
  34. Sehat-sehat yaa mbak..semoga dimudahkan dalam proses hamil, melahirkan, menyusui, dan seterusnya. Bismillah..semoga dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breastfeeding ini menjadi jalan agar si bayi tetap terpenuhi nutrisinya selama di dalam kandungan bahkan sampai lahir nanti..

    BalasHapus
  35. Melihat ikhtiar yang sudah maksimal, semoga semakin mudah untuk menjalani masa-masa kehamilan dari mulai triwulan pertama hingga melahirkan dan memasuki fase menyusui dibantu dengan konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold .

    BalasHapus
  36. AKu gak pernah minum ini saat hamil tapi pernah menghadiahi sepupuku ini saat hamil. Memang udah dari lama katanya Blackmores ini terkenal sebagai salah satu suplemen yang aman buat ibu hamil serta menyusui ya mbak. Aku suka satu wadah tu gede jdnya kyk gak abis2 buat stock suplemen gtu hehe.

    BalasHapus
  37. Mbak Ana, semoga Allah mudahkan yaa untuk kehamilan yang sehat dan lancar. Aku udah lama kenal Blackmores. Buat kehamilan dan menyusui bagus banget kandungannya. Ya kita bisanya ikhtiar untuk mendapat hasil yang terbaik.

    BalasHapus
  38. multivitamin kebanggaan banget nih, alhamdulillah selalu cocok. Yuhu bumil itu harus banyak nutrisi dan vitamin biar bayi sehat, begitupun dengn busui.

    BalasHapus
  39. Semoga janin dan Mbak sellau dalam kondisi sehat tidka kurnag suatu apapun. Mbak saya 9 tahun menikah dan masih program hamil paham banget sama kondisi Mbak. Bismillah adik bayi lahir sehat tanpa kekurnagan suatu apapun ya Mbak. Begitu juga dengan Mbak sellau sehat merawat dan mengasihi anak tersayang. Semangat Mbak.

    Blackmores ini memang bagus banget kualitasnya. Udah jaminan mutu. Terima kasih info lengkapnya ya Mbak.

    BalasHapus
  40. wah senangnya ya kalo ada suplemen yang support nutrisi untuk bumil dan menyusui berkualitas kayak gini... Jadi makin semangat menjalani hari-hari sebagai bumil/busuinya ya

    BalasHapus