Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Hamil Dengan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, Review

 


Oktober 2018

“Mohon maaf ya, Bu. Ketubannya hanya tersisa separuh ini. Opname ya,” ucap dokter Harris pagi itu ketika melakukan USG, seminggu sebelum akhirnya bayi perempuan yang sudah saya dan suami tunggu sejak awal menikah lahir premature dan hanya bertahan selama 2,5 jam.

Juni 2020
“Wah sepertinya ada kelainan ini dengan janinnya, Bu. Seharusnya usia kandungan 8 minggu ini sudah ada detak jantungnya. Ini sepertinya ada kecacatan kromosom. Jadi sejak awal pembuahan memang sudah tidak sempurna. Ini juga ada resiko abortus imminen karena ada pendarahan. Harus kita kiret ya atau mau ditunggu dulu 2 minggu? Semoga ada keajaiban… Bedrest total ya, Bu” ucap dokter Adrianes, SpOG (K) malam itu. 2 minggu sebelum akhirnya saya mengalami abortus spontan pada pukul 3 pagi.
Agustus 2022
“Malam, dok. Mau screening feto ya, dok.” ucap saya pada dr. Adrianes malam itu di ruang prakteknya di RS Umi Barokah. Alhamdulillah, saya kembali hamil setelah keguguran pada tahun 2020 dan saat itu usia kehamilan sudah memasuki minggu ke 15.
Dokter Adrianes adalah salah satu dokter kandungan spesialis fetomaternal yang sangat terkenal di Soloraya. Beliau praktek di RS Hermina Solo, RS Moewardi Solo, dan RS Umi Barokah Boyolali.
“Prosedurnya kita USG biasa dulu ya, Bu. Sebelum dilakukan screening fetomaternal,” ucap beliau.
Beliau pun melakukan pemeriksaan. Tapi entah kenapa, tiba-tiba beliau menghentikan proses USG dan meminta saya untuk kembali duduk. Ada perasaan tidak enak yang tiba-tiba menyeruak.
“Saya harus sampaikan apa adanya ya, Bu. Janin dalam kandungan Ibu sudah meninggal. Kita harus segera melakukan proses kuretase. Senin pagi mulai opname ya. Langkah-langkah selanjutnya akan dijelaskan oleh perawat di depan,” ucap dr. Adri malam itu.
Sementara saya rasanya kesulitan mencerna dan hanya bisa pasrah setelah bertanya apa kira-kira penyebabnya.
Masih penasaran, saya mencoba mencari second opinion ke dr. Soffin, SpOG. Salah satu dokter senior di Solo yang juga tempat saya konsul selama kehamilan itu. “Wah, iya, Bu. Ini janinnya sudah meninggal. Padahal kemarin baik-baik saja. Sabar ya, Bu. InsyaAllah, segera digantikan lagi. Penyebabnya bisa banyak faktor. Bisa dari faktor eksternal seperti makanan, asap rokok, minuman keras, atau kurangnya nutrisi pada janin. Atau bisa faktor internal” ucap beliau saat itu.

Ya, itu adalah cerita kehamilan saya untuk yang ke empat kalinya. 4 kali hamil dan 3 kali harus kehilangan. Patah hati tentu saja.
Ibu mana yang tidak terluka ketika mengetahui bayi dan calon bayinya harus diambil begitu cepat.
Ibu mana yang tidak berduka ketika mengetahui segala rencana kehamilan dan melahirkan harus dipupus begitu saja. Tapi takdir tetap berjalan sebagaimana mestinya...
Setelah itu saya bertekad untuk mempersiapkan dan menjalankan kehamilan selanjutnya dengan upaya yang lebih optimal. Apalagi kehamilan juga merupakan salah satu penentu kehidupan bayi sejak 1000 hari pertamanya. Karena itulah, mempersiapkan kehamilan dan lalu memilih suplemen yang tepat tentunya adalah demi untuk memberikan yang terbaik untuk calon si kecil.


Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Hamil Dengan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Menjalani kehamilan dengan autoimun bukan perkara yang mudah. Saya didiagnosa positif autoimun pada Desember 2021. Sebulan sebelum saya tahu, Allah lagi-lagi menitipkan janin di dalam kandungan saya. Apalagi saya selalu mengalami hyper emesis di setiap kehamilan. Inflamasi dan resiko kekurangan nutrisi tentu membayangi proses kehamilan saya.
TM (trimester) 1 benar-benar menjadi momen yang menakutkan bagi saya. Susah makan, mual dengan semua hal, selalu muntah meski baru masuk 1 SDM makanan, ditambah kondisi tubuh drop hampir setiap hari.
Waktu itu saya sempat takut janin tidak mendapat nutrisi yang baik dan cukup karena saya hampir benar-benar tidak bisa makan. Apalagi TM 1 termasuk ke masa krusial dalam proses pembentukan otak dan organ tubuh bayi.
Yup, kita sama-sama tahu, tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Bahkan, mood ibu hamil juga bisa berpengaruh pada janin di dalam kandungan. Itulah kenapa waktu itu dokter kandungan saya juga meminta saya mempersiapkan kehamilan jauh-jauh hari.
 

Tercukupinya asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh bunda selama masa kehamilan, tentu saja akan membuat 1000 hari pertama kehidupan seorang anak bertumbuh dan berkembang dengan optimal.
1000 hari pertama kehidupan (HPK) atau yang juga disebut sebagai Golden Periode adalah masa selama 270 hari di kandungan sampai anak berusia kurang lebih 2 tahun. Masa-masa selama di dalam kandungan hingga lulus ASI 2 tahun tentunya.
1000 HPK sangat penting karena seluruh organ penting seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, tulang, dan kesehatan saluran cerna, perkembangan kognitif, dan yang lainnya mulai terbentuk.
Selain itu, asupan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui kelak akan menentukan kondisi dan pertumbuhan anak yang termasuk kemampuan memori, konsentrasi, mood, emosi, pengambilan keputusan, dan intelektual.
Ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan jika nutrisi selama hamil dan menyusui tidak terpenuhi dengan baik seperti resiko mengidap penyakit kronis/menular, otak mengalami hambatan pertumbuhan dan perkembangan, resiko down syndrom, resiko mengalami stunting atau gagal tumbuh, bayi mengalami resiko kelahiran premature, munculnya preeklamsia, bayi mengalami resiko berat badan lahir rendah, dan masih banyak yang lainnya.
Karena itulah penting sekali agar kebutuhan nutrisi pada ibu selama hamil dan menyusui terpenuhi dengan baik. Untunglah dr. Soffin (dokter kandungan saya) membebaskan saya mengonsumsi suplemen kehamilan apapun selama saya nyaman dan tidak memicu mual dan muntah. Begitu juga dengan makanan bergizi lainnya seperti buah, sayuran, ikan, dll. 
Hanya saja, hyper emesis yang selalu melanda di trimester pertama tentu saja sempat menjadi hambatan bagi saya untuk mendapatkan asupan nutrisi mikro yang baik. Jangankan makan sehat, bisa minum tanpa muntah saja rasanya sudah sangat bersyukur.
Untunglah banyak teman yang merekomendasikan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold pada saya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil.

Memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Untuk penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Hamil

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, pemenuhan nutrisi yang tepat pada 1000 HPK merupakan salah satu faktor penting untuk proses tumbuh kembang anak. Karena itulah kebutuhan nutrisi harus terpenuhi dengan baik selama ibu berada pada masa kehamilan dan menyusui.
Nutrisi ini merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme sebagai fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan serta juga  pemeliharaan kesehatan (Wikipedia, 2008).
Nutrisi sendiri terbagi menjadi dua yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro.
Nutrisi makro (makronutrien) adalah zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak dan berperan sebagai bahan utama dari produksi energi dalam tubuh. Makronutrien meliputi karbohidrat, potrein, dan lemak.
Sedangkan Nutrisi mikro (mikronutrien) adalah pelengkap makronutrien yang berguna untuk memberi energi pada tubuh dan membantu proses metabolisme ini meliputi vitamin, asam folat, zat besi, yodium, kalsium, kalium, mineral, dan DHA.
Sayangnya kebutuhan nutrisi terutama nutrisi mikro ini biasanya tidak dapat terpenuhi dengan baik apalagi jika pada TM 1, seorang ibu hamil mengalami mual dan muntah yang cukup signifikan seperti saya.
Oleh sebab itu, pemenuhan nutrisi melalui pemilihan suplemen yang tepat adalah koentji ya, ibu ibu.

Itulah kenapa akhirnya saya memutuskan untuk mengonsumsi suplemen kehamilan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sebagai langkah awal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan bayi saya, sejak hamil hingga nanti menyusui.
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah suplemen yang mengandung nutrisi esensial (seperti vitamin, mineral, tinggi kalsium, tinggi DHA) yang sangat penting untuk menunjang perkembangan bayi di 1000 hari pertama (golden periode) kehidupannya dan juga kesehatan ibu. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold juga mengandung odourless fish oil sehingga tidak amis dan berbau. Seneng banget sih ya karena Blackmores ini nggak bikin mual meskipun mengandung minyak ikan. Aman banget deh mengonsumsi suplemen ini selama hamil even buat saya yang gampang mual dan nggak tahan dengan bau-bauan.
Selain itu, Blackmores yang merupakan perusahaan dari Australia yang sudah berdiri selama kurang lebih 85 tahun ini selalu berkomitmen memberikan perawatan kesehatan yang lebih alami yang berasal dari mineral, vitamin, herba, dan nutrisi.
Selain itu ada banyak kelebihan yang akhirnya membuat saya dan banyak ibu hamil & menyusui di luar sana yang memutuskan mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, seperti:
  • Diperkaya asam folat dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin
  • Tinggi DHA untuk membantu optimalnya pertumbuhan otak
  • Tingga kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan pembentukan gigi bayi
  • Tidak menyebabkan konstipasi/sembelit
  • Membantu menjaga kualitas ASI
  • Halal

Kandungan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini terbagi dalam beberapa kemasan/botol kaca yang berisi 60 kapsul dan 120 kapsul. Oh iya, salah satu kelebihan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini adalah dikemas dalam botol kaca demi untuk menjaga kualitas isi dan juga sekaligus ramah lingkungan. Keren kan ya….
Buat ibu-ibu yang suka ngerasa sedih setiap kali nyampah kemasan plastik, ngerasa seneng banget deh karena kemasan Blackmores ini ramah lingkungan.

 
Untuk harga, 1 botol kemasan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding ini dibanderol mulai dari harga Rp. 255.000 hingga Rp. 470.000.
Sedangkan untuk setiap kapsulnya sendiri mengandung mikronutrien penting seperti:
  • Fish oil
  • Omega 3
  • Vitamin B1 (Thiamine nitrate)
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 
  • Niasin/nicotinamid
  • Pyiridoxine HCI (Vitamin B6 950 mcg)
  • Asam folat (folid acid)
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
  • Vitamin C (Ascorbic acid)
  • Vitamin D3 200 IU (Colecalciferol)
  • d-alpha-Tocopherol (natural vitamin E 5,21 IU)
  • Calcium citrate (calcium 42,5 mg)
  • Calcium hydrogen phospate (calcium 77,5 mg)
  • Phosphorus (as Calcium Hydrogen Phosphate 263,1 mg) Fe fumarate Zinc oxide (seng 6 mg)
  • Magnesium oxide heavy (magnesium 52,5 mg)
  • Kalium iodida 
  • Potassium iodide (yodium 75 mcg) 

Fyi, semua kandungan mikronutrien ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi harian ya. Jadi lebih simpel dan lebih praktis sih menurut saya dibanding harus menakar atau mengira-ngira kebutuhan nutrisi harian hanya dari asupan makanan.
Sampai di sini paham kan ya kenapa pemenuhan nutrisi mikro atau mikronutrien selama masa kehamilan itu penting sekali bagi ibu hamil dan janin. Karena jika kebutuhan mikronutrien tidak terpenuhi, bayi juga beresiko mengalami BBLR seperti yang banyak terjadi di Jawa Tengah, salah satunya di kota Solo.

Blackmores Jalankan Aksi “BLACKMORES PEDULI NUTRISI BUNDA” di Solo

Bayi dikatakan mengalami berat badan lahir rendah atau biasa disingkat dengan BBLR jika berat badannya di bawah 2,5 kg. Karena itulah, seorang ibu hamil membutuhkan asupan mikronutrien yang lengkap untuk mendukung perkembangan janin di 1000 hari pertamanya dan juga mendukung kesehatan ibu hamil itu sendiri.
Sayangnya masih banyak ibu hamil yang belum teredukasi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien selama masa kehamilan. Hal itulah yang menyebabkan banyaknya kasus BBLR pada bayi salah satunya di kota Solo.
Menurut profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, setidaknya terdapat17,59% kasus bayi BBLR di kota Solo yang mana cukup tinggi jika dibanding dengan kota lainnya di Jawa Tengah.
Selain itu, menurut , selain BBLR, kasus stunting juga adalah Selvi Ananda Gibran (Kerua TP PKK Kota Surakarta) salah satu issue yang menjadi sorotan pemerintah kota Solo. “Masih ada sekitar 800 anak kasus stunting, target kita bisa menurunkan 3% setiap tahunnya. Ini memang berat, tapi kita gandeng banyak pihak untuk mendukung, karena tidak hanya sekedar sosialisasi dan edukasi saja tapi juga harus diberikan bantuan vitamin dan makanan sehat juga,” ujar Selvi Ananda.
Melihat pentingnya asupan nutrisi di masa kehamilan, Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda untuk mendukung pemenuhan nutrisi mikro khususnya di kota Solo. Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di kota Solo
“Blackmores senantiasa melakukan lebih (Blackmores Always Does More) bagi konsumen, salah satunya dengan berkomitmen memberikan yang terbaik bagi ibu dan si kecil, karena kami percaya tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, salah satu produk unggulan dari Blackmores, memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui. Beberapa di antaranya seperti asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA yang sangat baik, untuk perkembangan otak dan kognitif Si Kecil mulai dari masa kehamilan hingga menyusui,” ujar Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Senior Manager Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. 
Kepedulian Blackmores pada ibu hamil dan menyusui di kota Solo juga mendapat apresiasi dari Reni Andri Lestari, ST, MM (Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPPEDA Kota Surakarta. Menurut beliau, kepedulian Blackmores adalah salah satu upaya nyata untuk menekan terjadinya BBLR di kota Solo yang seringkali disebabkan oleh kurangnya nutrisi mikronutrien pada ibu hamil.
Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda yang akan berjalan sejak bulan April hingga September ini diharapkan menjadi upaya untuk menekan angka BBLR di Kota Solo sehingga kebutuhan nutrisi sebagai langkah awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi.

Nah, itu tadi cerita saya tentang bagaimana saya menjaga kehamilan dan juga kenapa memilih Blackmores Pregnancy untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien selama masa kehamilan dan sampai nanti masa menyusui demi menjaga dan mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan si kecil. 
Dan alhamdulillah, saat screening fetomaternal dengan dokter kandungan sp feto kemarin, janinnya sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Begitupun dengan ketuban, letak plasenta, dan tali pusat dan aliran nutrisi dari ibu ke bayi melalui tali pusar juga berjalan dengan baik. 
Doakan semua berjalan lancar yaa...

Oh iya, untuk tahu info lebih lengkap mengenai Blackmores Pregnancy & Breastfeeding, bisa follow official account Blackmores di instagram yaitu @blackmoresid ya.
 
Kalau bunda dan moms gimana nih tipsnya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil dan menyusui? Share yuk di kolom komentar….

19 comments

  1. Aku harus konsumsi nih karena lagi hamil juga. Coba cari, ah. Terima kasih infonya, ya

    ReplyDelete
  2. Mbaaaaa, ya Allah, aku merindiing bgt baca cerita keguguran itu mbaaa

    Semoga Allah karuniakan rezeki kehamilan berikutnya yg sehaat, kuat dan lancar yaa

    Btw, tmn² ku yg hamidun juga pada minum Blackmores ini. Baguuuss bgt memaangg

    ReplyDelete
  3. Yang nggak boleh ketinggalan dikonsumsi ibu hamil khususnya adalah vitamin, banyak nutrisi yang terkadung dalam vitamin yang baik untuk ibu hamil. Salah satunya di blackmores

    ReplyDelete
  4. Blackmores memang bagus banget mak, dari dulu ini paling best untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui

    ReplyDelete
  5. Ahhh rasanya nyeseek pas baca, apalagi miris dan sakit hati juga kalo 4 kali hamil dan 3 kali kehilangan tuhh. Tapi alhamdulillah ya diberikan kesempatan lagi dan kejadian sebelumnya dijadikan pelajaran untuk selalu menjaga kesehatan saat hamil.
    Asik banget ada teman selama hamil apalagi bisa penuhi kebutuhan nutrisi saat hamil, semoga sehat selalu dan dilancarkan sampe hari H nya ya.

    ReplyDelete
  6. Kandungan blackmores lengkap bgt ya. Kalo utk yg belum jadi ibu, boleh juga gak mengonsumsinya?

    ReplyDelete
  7. Blackmores ini bagus buat nutrisi bumil dan busui. Kebutuhan nutrisi memang perlu diperhatikan buat kasih yang terbaik bagi buah hati.
    Bagus juga nih aksi peduli Blackmores di Kota Solo, semoga masalah BBLR dan masalah lainnya teratasi dengan nutrisi terbaik dari Blackmores

    ReplyDelete
  8. Aku bisa membayangkan gimana rasanya pas kehilangan anak pertama itu Mbak. Nah sekarang tiap kehamilan ada sedikit masalah. Hanya bisa mendoakan semoga dirimu selalu sehat ya begitu pun anak-anak yang lahir akan tumbuh jadi anak-anak sehat. Dengan tambahan asupan vitamin untuk kehamilan, Inshaa Allah semua baik-baik saja. Amin

    ReplyDelete
  9. Ya Allah, Mbak Ana...aku sampai nangis baca cerita 3 kali kehamilanmu yang gagal itu T_T Semoga apa yang sudah menjadi takdir di masa lalu, semakin menguatkanmu saat ini dan nanti ya mbak. Insha Allah kesabaran dan ketabahan Mbak Ana selama mengandung ke-3 anak yang telah Allah ambil kembali itu, berbuah amalan yang dapat membukakan jalan mbak Ana kelak menuju Surga Allah.

    Saya pun pernah mengalami kesusahan ketika mengandung anak pertama saya Alief. Persis Mbak Ana, apapun yang masuk mulut selalu dimuntahkan, bahkan sekadar minum air. Umur bayi sebulan di perut saya hampir keguguran, ngeflek2 banyak, alhamdulillah selamat setelah bedrest dan disuntik penguat selama sebulan setiap hari. Pas 2 bulan di kandungan, saya terdeteksi kena virus toksoplasma. Trus disuruh minum obat. Pas 7 bulan kena plasenta previa, sungsang sampe 8 bulan. Pas waktunya lahiran ga lahir2, akhirnya di induksi. Pas lahir eh anaknya kelilit tali puser, pantesan detak jantungnya melemah. Pas udah lahir, 7 bulan kemudian kena cerebral atrofi...ya Allah rasanya ga abis-abis dikasih ujian sama Allah pas punya Alief itu, sejak dikandung sampai lahir T_T

    Semua itu banyak sebabnya mbak. Belum siapnya saya akan apa2 yang wajib diketahui bila hamil dan punya anak, ya mungkin karena baru ya, pengetahuan juga belum banyak. Dulu ga kayak sekarang, akses informasi mudah dan banyak, dulu ngandalin baca buku dan majalah saja, itu pun ga dibaca semua sampai paham. Alhamdulillah cobaan2 itu terlewati, segala cara baik udah dijalani, alhamdulillah Alief tumbuh sehat dan normal, cerdas ga kurang suatu apapun. 4 tahun setelah baru punya anak lagi, dan saat itu persiapan saya sudah matang sehingga ga ada lagi masalah seperti saat mengandung dan melahirkan Alief.

    Semoga kehamilan mbak Ana sehat selalu, mbak Ana juga. Kuat, sehat, dan selamat. Salam sayang buat calon buah hatinya mbak, tolong usapkan di perut ya :D

    Produk Blackmores nya akan saya rekomendasikan ke teman2 yang membutuhkan. Tulisann ini juga akan jadi informasi berguna buat anak perempuan saya, supaya punya pengetahuan dari sekarang, walau masih ABG :D

    ReplyDelete
  10. Nutrisi untuk ibu hamil memang tidak boleh disepelekan. Sumber vitamin terpercaya seperti dari Blackmores ini tentu saja sangat direkomendasikan ya. Sehat selalu ibu hamil dan janinnya

    ReplyDelete
  11. Selama hamil dan menyusui, kita memang gak boleh kurang nutrisi ya mak. Soalnya ngaruh banget ke bayi. Nah Blackmore ini nih pas buat bumil busui. Bikin anak kebawa sehat ya

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillaahnya pas hamil anak pertama dan kedua nggak rewel. Nutrisi buat ibu hamil memang sangat penting ya, jangan sampai kurang nutrisi untuk ibu dan calon bayinya

    ReplyDelete
  13. Semoga Ibu dan bayi tetap sehat sampai lahiran dan seterusnya ya, Mbak. Setuju bahwa penting banget buat kita kasih nutrisi di 1000 hari pertama. Buat aku yang memang belum nikah, persiapan dari awal juga penting

    ReplyDelete
  14. Suplemennya sama seperti yang saya konsumsi di kehamilan kedua kemarin mba. Sebelum konsul ke SPOG, saya sudah rutin konsumsi blackmores ini & SPOG mendukung untuk tetap lanjutkan minumnya. Alhamdulillah sekarang baby sudah 4 bulan dan saya masih konsumsi blackmores ini selama menyusui

    ReplyDelete
  15. Ibu hamil memang butuh banyak nutrisi ya mbak
    Makanya perlu dibantu juga dengan mengonsumsi suplemen Blackmores ini

    ReplyDelete
  16. Subhanallahu, kak Ana..
    Banyak ujian datang dan silih berganti, semoga kak Ana dikuatkan selalu dan ikhtiar konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold untuk persiapan 1000 hari pertama yang menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin.

    ReplyDelete
  17. Peluk Mbak..untuk kisah kehamilannya. Semoga sehat selalu ke depan dan baik-baik saja semua. Aamiin
    Memang ya memenuhi kebutuhan ntrisi selama hamil itu penting sekali. Di antaranya dengan mengonsumsi Blackmores Preganancy & Breastfeeding ini

    ReplyDelete
  18. Ya Allah turut bersedih atas kehilangannya, semoga ada hikmah besar menantimu mbaaak aamiin
    Blackmores ini aku yang minum tu minyak ikannya, suka botolnya gede2, tapi aku pernah kasin yg buat pregnancy dan breastfeeding itu buat sepupuku. ALhamdulillah ibu dan baby sehat dan skrng si baby dah tumbuh besar :D

    ReplyDelete
  19. Sering lihat berbagai varian blackmores ini setiap kali berbelanja di toko kebutuhan ibu dan anak. Kaya banget sih kandungan dari setiap butir blackmores pregnancy and breasfeeding gold, benar-benar membantu memenuhi nutrisi ibu hamil.

    ReplyDelete