Silken Tahoo, Pioneer Wedang Kembang Tahu Instan di Indonesia


Apa yang terlintas di benak kalian jika mendengar nama “Tahok atau Kembang Tahoo?”

Kuliner jadul?

Kuliner Tionghoa?

Atau kuliner khas Pasar Gede Solo?

Benar semua sih.

But for me, tahok means something special. Beyond special, tho…

Buat aku, tahok atau dulu ku kenal dengan nama kembang tahu adalah memori masa remaja. Masa-masa di mana semua hal masih sangat luar biasa dan memorable aja gitu.

Pertama kali menjajal jajanan kembang tahu itu di Cempaka Putih, ketika menghabiskan masa liburan di rumah tante. Jajanan yang belum pernah aku kenal selama tinggal di Bekasi.

Dulu penjual tahok masih berjualan dengan pikulan, keliling dari satu gang ke gang lain di ibukota.

Awalnya sih sempat aneh, haha. Apalagi aroma “tahunya” sangat kuat kan. Tapi lama-lama justru malah doyan dan selalu semangat 45 jajan kembang tahu setiap abangnya lewat. Lembutnya tahok dan kuah jahe berhasil jadi perpaduan jajanan yang sempurna.

Kebiasaan yang terhenti ketika akhirnya harus hijrah ke Solo selepas lulus SMA.

Saat itu belum tahu kalau ternyata ada jajanan kembang tahu juga di Solo.

Sampai akhirnya mulai bergabung di komunitas blogger dan kuliner di Solo, tahulah kalau di sini kembang tahu itu punya nama lain yaitu tahok atau wedang tahok.

Baru deh sekitar tahun 2015 bela-belain dari Kartasura ke Pasar Gede berburu jajanan memorable yang membangkitkan kenangan lama ini. Uhuk….

Tapi sayang, jarak yang cukup “melelahkan” antara Kartasura-Pasar Gede jadi alasan tersendiri untuk nggak bisa sering-sering menikmati wedang tahok.

Sampai akhirnya, beberapa waktu lalu diajak teman untuk ikut mencicipi Silken Tahoo, Pioneer Wedang Tahok Instan di kota Solo.

Kaget dong, haha.

Karena nggak nyangka aja bakalan ada “kembang tahu instan” yang bisa dinikmati kapan pun dengan cara super simpel.

Penasaran kenapa bagaimana Silken Tahoo bisa hadir dan menjadi pioneer wedang tahok instan? Penasaran juga bagaimana cara membuat wedang tahok ini?

Kindly read to the end of my story, peeps.

 

Silken Tahoo, Pioneer Kembang Tahoo (Wedang Tahok) Instan Pertama di Indonesia

Sebagai salah satu kota dengan keberagaman penduduk dan kulinernya, Solo merupakan kota yang menyuguhkan berbagai kuliner dengan kekhasan baik Nusantara maupun kuliner dunia yang sudah terakulturasi dengan budaya setempat. Salah satunya adalah wedang tahok.

Wedang Tahoo atau di Solo dikenal dengan sebutan wedang tahok yang berasal dari kata “teu” yang artinya kedelai dan “hu”yang artinya lumat. Secara harfiah teu hu ini bisa diartikan sebagai kedelai yang dilumatkan.

Wedang Tahok (Kembang Tahu di Jakarta/Belitung/Palembang, Tahua di Surabaya, Bubur Tahu di Singkawang) adalah makanan tradisional yang dibuat dengan bahan utama kembang tahu dan kuah jahe yang berasal dari China dan dibawa oleh imigran Tionghoa pada akhir abad ke 19 ke Indonesia.

Konon awalnya wedang tahu ini dibawa ke kota Semarang hingga akhirnya populer di beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Solo, bahkan kota lain di luar pulau Jawa seperti Palembang , Singkawang, dan Belitung.

Tapi sayang, dengan semakin maraknya kuliner baru bermunculan, kuliner yang merupakan akulturasi budaya China ini semakin tergeser keberadaaannya, bahkan semakin sulit ditemui.

Hal itulah yang membuat Sinarfood Healthindo atau SFH, salah satu Food and Beverage terkemuka, berinisiatif menjadi pioneer pertama dalam menyajikan Wedang Tahoo Instan di Indonesia. SFH ingin mempertahankan dan melestarikan keberagaman akulturasi budaya di Indonesia dan menyajikannya dengan cara yang jauh lebih praktis dengan harga terjangkau dan tetap mengutamakan mutu dan rasa.

Beberapa waktu lalu SFH memperkenalkan produk terbarunya yaitu Silken Tahoo, wujud hangatnya keberagaman Indonesia yang tercipta dalam semangkok Wedang Tahoo, kembang tahu instan yang bisa dinikmati para penggemarnya tanpa harus ribet keluar rumah.


 

Launching Silken Tahoo berlangsung di Sunan Hotel dengan protokol yang cukup ketat. Bahkan tamu dari media dan influencer pun dibatasi. Kami juga tidak diijinkan untuk melepas masker kecuali ketika makan dan mencicipi Wedang Tahoo dari Silken Tahoo.


 

Tapi acara yang dipandu oleh Whawhin Laura ini berlangsung dengan sangat seru. Setelah prosesi gunting pita sebagai simbolis launchingnya Silken Tahoo oleh Mbak Fasichah Tia Nur, Manager Marketing CV Sinarfood Healthindo, kami disuguhi demo masak bagaimana cara membuat Silken Tahoo di rumah. Nah, canda tawa dan pertanyaan-pertanyaan geje pun pecah di sini. Sembari mengabadikan proses pembuatan Silken Tahoo, para pegiat media sosial melontarkan pertanyaan mulai dari yang serius sampai yang lucu. Apalagi ketika momen icip-icip Wedang Kembang Tahoo berlangsung. Semua sudah nggak sabar dong menikmati lembutnya Silken Tahoo.

Psstt, saya aja habis 2 mangkok Silken Tahoo. Saking enak dan kangennya sama Wedang Tahoo.

Jadi sudah bisa dibayangkan bukan betapa lembut dan nikmatnya Silken Tahoo Instan ini.

 

Kenapa Kembang Tahoo Harus Silken Tahoo

Soft, Nagih, Kalian Wajib Coba!!”

Itu pendapat saya soal Silken Tahoo.

Nggak lebay ya, karena sebagai penggemar kembang tahoo atau tahok dari tahun 90an (OMG, please don’t you dare think bout my age. Just don’t!!), Silken Tahoo adalah salah satu kembang tahu atau tahok terenak yang pernah saya cicipi.

Bahkan saat launching kemarin, saya menghabiskan 2 porsi Silken Tahoo dong. Sebenarnya mau ambil yang ketiga tapi nggak enak sama teman-teman di meja yang lain. Ketahuan banget kan saya doyan nanti, hihihi.

Misal setelah itu diangkat jadi BA-nya Silken Tahoo kan bahagia, haha.

#ehgimana….

Kenapa begitu?

Nah, untuk kalian, saya ceritakan deh kenapa Silken Tahoo ini wajib banget jadi stok camilan kalian di rumah.

uTeksturnya Super Lembut

Jika kalian pernah mencicipi silky pudding, kalian pasti akan bisa membayangkan kelembutan tekstur dari Silken Tahoo ini. Sesuai dengan namanya, Silken Tahoo (yang terbuat dari sutera), wedang tahoo ini sangat lembut di mulut. Sensasi menyeruput dan menrasakan tekstur wedang tahoo dari Silken Tahoo ini “meleleh” di mulut itu beneran memuaskan.

Sluurrrppp, yummm!!!!!


Jadi menu ini rasanya aman sekali ya dinikmati mulai dari anak kecil bahkan balita sampai kakek dan nenek sekalipun.

uPraktis dan Bisa Dinikmati di Segala Suasana

Nggak cuma mie yang bisa instan, wedang tahoo pun bisa, woi!!!


 

Pernah nggak sih kebayang dalam benak kalian bakal ada wedang tahook instan yang bisa dimasak di rumah kapanpun kita mau?

Aku sih nggak!!!

Makanya beneran kaget sekaligus bahagia begitu tahu ada produk Silken Tahoo dari SFH ini.

Karena sekarang nggak perlu dandan, ngunci pintu, nyalain motor, buka gerbang, tutup gerbang, memacu motor dan nyelip sana sini di lampu merah, ketemu pengendara mazhab sein kanan belok kiri atau hobi mencet klakson meski lampu baru kuning, kepanasan/kehujanan, parkir, kemudian kecewa karena ternyata dia memilih yang lain, tapi jangan pernah kau dustai takdirmu, pasti itu terbaik untukmu… #ehmohonmaaf #tolongjangannyanyi.

Yup, soalnya beneran sekesel itu ketika jauh-jauh dari Kartasura, udah bahagia di pikiran bakal menikmati wedang tahok, eh sampai lokasi ternyata tutup atau kehabisan atau kesiangan, hiks.

Sekarang sih setiap kali pengen tinggal nyalain kompor, tuang, campur air, masak, makan deh.

Beneran praktis dan super instan.

Seinstan dia yang katanya mencintaiku selamanya tapi nyatanya memilih bersamanya #duhcurhat.

Selain cara membuatnya yang super praktis, GPL kalau anak gaul bilang aka gak pake lama, Silken Tahoo juga bisa loh dinikmati di segala suasana baik suka maupun bahagia.

Hujan gerimis, hujan sedang, sampai hujan air mata pun menikmati wedang tahoo dari Silken Tahoo nggak akan pernah salah.

Jadi kalian kudu beli!!!!!

Oh iya, di kemasan Silken Tahoo juga disertakan cara penyajiannya ya. Jadi meskipun kalian anak sultan sekalipun, kalian bisa kok membuat Silken Tahoo sendiri di rumah.

Karena memang super gampang banget.

Untuk pembuatan Wedang Tahoo, kalian hanya perlu mencampurkan 1 bungkus bubuk puding dengan 500 ml air ke dalam panci, masak dengan api sedang hingga mendidih (Cukup api sedang ya, guys. Jangan api asmara apalagi api cemburu. Kobongan nanti), lalu tuangkan ke dalam wadah dan dinginkan.

Sedangkan untuk pembuatan Kuah Jahe, jauh lebih simpel. Kalian hanya perlu mencapurkan serbuk kuah jahe dengan 250 ml air panas (atau sesuai selera demi mendapatkan tingkat kepedasan dan kekentalan yang kalian inginkan), aduk hingga rata, sajikan dengan Tahoo yang sudah dingin.

That’s it!!!

Sepraktis itu kan bikin wedang tahoo di rumah tuh.

uKuah Jahe Lebih Kental

Suka ngerasa wedang tahok di luaran itu kuahnya encer dan kurang nampol???


 

Nah, hal ini nggak ada di Silken Tahoo. Karena takaran kuah jahenya tu beneran kental dan nendang banget lah.

*Gimana sik? Tadi nampol, sekarang nendang. Gak konsisten anda!!!

Tapi memang untuk kalian yang kurang suka dengan aroma dan rasa jahe yang sangat kuat, bisa memodifikasi atau menambahkan air sesuai dengan selera kalian masing-masing ya. Soalnya beneran kental banget kuahnya. Bahkan kalo orang Jawa bilang, turah-turah wis.

uTerbuat dari Bahan-Bahan Pilihan

“Kalau instan dan harganya affordable, bahannya diragukan deh. Pasti nggak aman? Pasti begini begitu?” -tertanda: netijen ples enem duakk)

Nah, aku kasih tahu ya buat kalian semuanya.

Silken Tahoo ini terbuat dari biji kedelai pilihan dan diolah dengan kesungguhan hati demi memberikan kuliner wujud warisan akulturasi budaya yang berkualitas untuk para penggemarnya.

Jadi meskipun harganya sangat terjangkau, SFH menjamin bahan baku yang digunakan adalah bahan-bahan berkualitas dengan mutu pilihan.

Bahkan bahan utamanya seperti kedelai dan jahe saja sudah kita kenal dengan banyak manfaatnya untuk kesehatan dan tubuh.

uTanpa Pewarna Buatan

“Makanan atau minuman instan pasti deh ada bahan pewarnanya  tuh… Nggak mungkin banget enggak” -Masih kata netijen di negara ples enem duak-

Nope!!

SFH menjamin Silken Tahoo ini bebas dari pewarna buatan ya, peeps.

Semua warna yang dihasilkan oleh Silken Tahoo adalah warna asli dari bahan baku yang digunakan. Tanpa pewarna buatan atau tambahan sehingga produk ini aman dikonsumsi siapa saja.

Jadi tenang ya, peeps.

uHarga Super Bersahabat

"Wadahe apik banget. Pasti larang banget. Mending tuku wae!!" (netijen ples enem duakk bersabda).

Oh, jangan suuzon dulu, Solime. Harganya itu terjangkau banget loh yaaa.

Affordable !!!

Itu komentar saya ketika tahu harga satu pax dari Silken Tahoo ini.

Hanya 24K atau Rp 24.000,- saja untuk satu paxnya. Beneran terjangkau banget kan harganya. Dengan berat 120 g, I pack Silken Tahoo ini bisa disajikan untuk 4 orang atau 4 mangkok ya, peeps. tuh, jadi 24 ribu rupiah itu sudah bisa jadi hidangan untuk 4 orang lah.

Pokoknya ini beneran sajian yang pas banget deh untuk dinikmati saat bersantai dengan keluarga atau sahabat.

uHalal MUI dan Terdaftar BPOM

“Mbak, aku tu nggak mau coba-coba kalau nggak halal. Aman nggak itu? Sudah ada ijinnya belum?” -lagi-lagi kata netijen negara ples enem duakk-

Tenangkan hati dan jiwa kalian yaa, peeps.

 


Salah satu kriteria makanan kemasan yang boleh masuk ke storage snack di rumah aku adalah jelas HALAL dan terdaftar BPOM.

Nah, Silken Tahoo ini sudah memiliki logo halal MUI di kemasannya dan pasti terdaftar BPOM ya.

Semakin yakin kan mau nyobain Silken Tahoo ini, guys?

 

Mau Beli Silken Tahoo Juga Dong!!! Di mana Belinya??!!

Oleh-oleh khas Solo!!

Itu yang terlintas di benakku begitu melihat kemasan Silken Tahoo yang mewah dan kece. Dibalut dengan warna merah dan desain gambar yang menampilkan proses pembuatan tahu sutera dengan ornamen batik membuat Silken Tahoo ini cocok sekali dijadikan oleh-oleh atau buah tangan dari kota Solo.

Apalagi ketika justru banyak teman-teman di luar kota yang ramai membanjiri WA setelah melihat WA story saat mencicipi wedang tahu dari Silken Tahoo ini.

Karena bahkan di Jakarta, pedagang tahok atau kembang tahu ini rupanya sudah jarang ditemukan saat ini.

Lalu bagaimana kalau mereka yang di luar Solo mau juga mencicipi Silken Tahoo?

So easy!!!

Teman-teman bisa membeli Silken Tahoo, Wedang Tahoo Instan ini di marketplace yaitu melalui Tokopedia atau Shopee dengan nama SFH Factory atau melalui WA di nomor 0813-1798-8800.

Lalu bagaimana kalau mau beli banyak atau untuk kebutuhan souvenir acara misalnya?

Silken Tahoo ini bisa ya dipesan dalam jumlah besar gitu, peeps. Karena beneran super praktis dan mewah untuk dijadikan souvenir atau oleh-oleh dia tu.

Nah, untuk kalian yang memilliki usaha cafe, hotel, atau resto, dan ingin menyediakan Wedang Tahoo dari Silken Tahoo ini kalian bisa langsung menghubungi ke nomor 0813-1798-8877.

 


To keep connected to Silken Tahoo, kalian juga bisa follow media sosialnya Silken Tahoo baik di FB (Silken Tahoo) ataupun IG (@silkentahoo) yaa.

 

So, bagaimana?

Yakin nggak semakin penasaran dengan lembut, enak, dan nikmatnya Silken Tahoo, Pioneer Wedang Tahoo instan di Indonesia setelah membaca ceritaku ini?

Pokoknya kalian wajib banget cobain ya. Sajian pas untuk bersantai di segala suasana dengan keluarga banget Silken Tahoo ini tuh. Bikinnya praktis, halal, harganya bersahabat, rasanya super enak.

Yang jelas, selain jadi stock jajanan di rumah, aku sih bakal menjadikan Silken Taho sebagai oleh-oleh baru untuk dibawa atau dikirim keluar kota. Karena beneran sepraktis dan “sepantes” itu dijadikan oleh-oleh dari Solo yang baru.

Selamat mencicipi…..

 

 

24 komentar

  1. Ini kalau di Surabaya kami nyebutnya "tahwa" atau kembang susu gtu.
    Aku paling suka beli pas hujan, apalagi kalau jahenya kentel dan ada tambahan kacangnya.
    Ternyata udah ada versi instannya dan udah halal pula ya?
    Lama banget aku gak konsumsi minuman kyk gtu, jd pengen :D

    BalasHapus
  2. kok menarik banget konsepnya ini, weedang kembang tahu instan yang bisa bikin di rumah trus langsung dinikmati wow.. menarik banget

    BalasHapus
  3. Aaakk, aku sukaakk kuliner ini
    Enaakk dan otentik gitu rasanya
    Beklah, pan kapan mau coba order Wedang Tahoo dari Silken Tahoo, yeayy!

    BalasHapus
  4. Ih keren ada kembang tahu model langsung leeep buat di rumah nih ya.
    Aduh aku mauuu, keinget jaman dulu masih ada yg jualan keliling di sini tapi sekarang udah nggak ada. Anget lembuuut, aih nampol dan nendaaang aku jg nggak konsisten menyebutnya hahaha.. mauu mbaaaa

    BalasHapus
  5. Wah bisa dibeli dimana ni kalau di Jakarta? Musim hujan enak itu bisa nyobain kuah jahe yang hangat dan menyehatkan. Oh iya bisa beli di tokopedia ya, pesen ke Jakarta.

    BalasHapus
  6. Aku pertama kenal dan makan kembang tahu setahun yang lalu, saat ada kegiatan di Hotel dan salah satu menu yang disajikan adalah kembang tahu. beneran rasanya enak, dan habis 2 mangkok hehehe....

    Setelah itu nggak pernah makan lagi, nggak tahu ada dimana yang jual. Eh kini ada yang produksi kembang tahu instan yang kemasannya mewah. Jadi pengen beli

    BalasHapus
  7. Duh gusti...baca cerita lo tentang tahook nih bikin gw ngakak sambil ngiler dah. Kenapa cerita tahook jadi lucu banget gini sih. Tapi jadi kebayang juga enaknya si tahok. Sebagai ibu2 pencita makanan instan, aku tergoda pengen beli

    BalasHapus
  8. Ada nih tiap hari mamang kembang tahu lewat depan rumah tiap pagi. Ternyata ada yg instan ya. Cucok nih kalo pas malem2 ujan pengen kembang tahu... slurpp!

    BalasHapus
  9. Aku malah baru tahu kembang tahu semenjak hijrah ke Jakarta, dan langsung suka karena enak dan lembut banget. Mantap nih sekarang ada versi instannya, makin mudah buat bikin sendiri di Rumah jadinya

    BalasHapus
  10. permisi ... netijen lewat ...

    ga jadi julid deh begitu tahu harganya 24ribu buat 4 porsi trus anak sultan juga bisa membuatnya karena gampang banget, hahahah ...
    eh kalau anak balita bisa juga buat sendiri?

    BalasHapus
  11. Baru tahu namanya Tahok untuk kembang tahu ini.

    Aku pertama menikmati itu di resto karena fotonya menarik sekali. Teksturnya mirip bubur sumsum dong. Aku nanya suamiku, ini rasanya gimana? katanya beli aja, cobain.

    Pas datang beneran mirip bubur sumsum, tapi pas aku makan, em...em... kok kurang cocok di lidahku, ada apa ini. Suami langsung ngabisin, katanya ini enak banget

    Huhuu, apa yaa yang belum bisa kuterima di lidahku. padahal kuah jahepun aku sering bikin sendiri.

    Mau coba yang instant nih, jadi pensaraan rasa yang sebenarnya kembang tahu

    BalasHapus
  12. wahh tosss mbak
    bagiku kembang tahu juga so memorable, aku tiap ke solo selalu cari kembang tahu
    baca ini jadi senang, ada yg instan ya
    jadi bisa bikin dgn mudah di rumah

    BalasHapus
  13. Eh ya, Kembang Tahu, ampun, baru tahu deh makanan itu. Padahal yang pernah jalan-jalan ke Solo, pernah hidup di Jkt, kerja sama orang China, tapi gak kepikiran ada kuliner khas Kembang Tahu.

    Dan saat ini ada minuman Tahok dengam jahe yang instan. Saya perlu coba nih, biar gak penasaran sama rasanya.

    BalasHapus
  14. Seumur-umur saya belum pernah nyobain wedang kembang tahu hehehe. Kalau lihat komposisinya kayaknya menghangatkan badan, ya. Pas buat penganan di saat musim hujan

    BalasHapus
  15. Abis ini langsung meluncur ke Shopee ah, penasaran dengan rasa Wedang Tahu. Di Semarang juga sekarang susah kok nyari kuliner ini. Ada yang lewat depan rumah tapi rasanya gak sama dengan penjual wedang tahu yang ada di Pecinan

    BalasHapus
  16. Wah aku belum pernah mencicipi wedang tahu nih padahal sering lihat penjualnya di Semarang, kalau ada yang kemasan instan beneran pengen cobain deh...

    BalasHapus
  17. waaaah ada kembang tahu instan. Halal pula. Duh mau cari aaah... secara deket rumah saya dah ga ada yang jualan. Kalau di rumah papa dulu sebelum pandemik masih ada tiap pagi yang jualan. Cari aaah silken tahoo makanan fav saya niiih

    BalasHapus
  18. Mantap nih bisa bikin wedang tahu sendiri. Wedang ini memang asalnya dari Semarang, tapi kini makin sedikit yang jual di sini. Kalau sewaktu-waktu pengin menikmati, paling pas bikin sendiri aja pake Silken Tahoo.

    BalasHapus
  19. Ya Allah, enaknyaa..
    Aku yang gak bisa masak pun mungkin bikin Kembang Tahoo yaa... kalau pakai Silken Tahoo.

    Uh, pengen pengen pengeeen...

    BalasHapus
  20. Ah baru tahu soal makanan satu ini
    Duh kemana aja ya saya
    Kembang tahu belum pernah coba dan baru lihat ini penampakannya

    BalasHapus
  21. Wah, baru tau lho ada wedang tahu instan. Ini solusi buat yang suka wedang kembang tahu. Enak banget ini mbk, pas buat teman hujan. Anget anget swger

    BalasHapus
  22. Wah senang banget aku baca ini mbak. Aku suka kembang tahu tapi susah nyari offline dan gofood juga susah alhamdulillah ada yg instan. Langsung cuzz shopee ah. Thanks mbak

    BalasHapus
  23. Wah ada kembang tahu instant, jadi ga usah nungguin abang - abang kembang tahu lewat kalau sedang ingin makan kembang tahu.

    BalasHapus
  24. kayak e empuk banget tahunya ya mak bikin nyerupuk pakai wedangnya gampang kebayang anget2 pas ujan

    BalasHapus