Rumah Sakit JIH Solo, RS Dengan Fasilitas Mewah dan Layanan Patient Centered Care



Perkembangan teknologi rupanya berimbas juga dengan perkembangan di dunia kesehatan. Makin banyak rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang menawarkan alat-alat kesehatan dengan teknologi terbaru yang tentunya dengan hasil yang jauh lebih akurat dan memuaskan dibanding teknologi-teknologi sebelumnya.
Selain teknologi, kenyamanan pasien juga menjadi satu hal yang semakin diperhatikan banyak fasilitas kesehatan di Indonesia. Seperti halnya yang terjadi di kota Solo. Kota kecil yang kini makin berbenah dan semarak dengan hadirnya banyak fasilitas kesehatan dengan layanan plus plus sehingga membuat para pasien bisa memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Salah satunya adalah Rumah Sakit JIH Solo. Rumah sakit dengan fasilitas mewah layaknya hotel bintang lima dan alat-alat kesehatan yang canggih dan didukung oleh SDM yang juga sangat mumpuni.

Rumah Sakit JIH Solo, RS Dengan Fasilitas Mewah dan Canggih

Membaca kata JIH, ingatan saya melayang pada suatu foto baby born yang super instagramable dan lucu banget. Waktu itu salah satu sahabat saya ngeshare foto di grup gank kami dan cerita kalau itu adalah hasil foto yang diberikan oleh rumah sakit ketika temannya melahirkan di sana.
Bengong dong saya, haha. Masa iya sih ada rumah sakit yang ngasih foto sekeren itu? Karena pengalaman saya melahirkan kala itu ya fotonya biasa aja. Dipasang untuk akte lahir pula, haha. Hanya berbekal popok dan alas seadanya, jepret, pasang deh di akte kelahiran.
Teman saya bercerita kalau temannya ini melahirkan di JIH Jogjakarta. Saat itu juga saya kepoin IG-nya RS JIH Jogja dan beneran, feednya dipenuhi foto-foto baby born yang super kece. Saya pun berandai-andai dong, seru kali ya kalau JIH buka cabang di Solo. Setelah lahiran bisa langsung punya foto baby yang super kece tanpa harus 
And voilaaa… Allah “mengabulkan” doa iseng saya berselang beberapa tahun kemudian. Akhirnya RS JIH berdiri di Solo dan saya diberikan kesempatan untuk ikutan hospital tour bersama kawan-kawan blogger dan penggiat media sosial. Bahagia banget!!!
RS JIH Solo yang berlokasi di daerah Jajar, Fajar Indah ini berada di bawah naungan PT. Yabinstra Medika Farma (Yayasan Bina Sejahtera Warga Bulog) yang berkolaborasi dengan PT. Unisia Medika Farma (JIH Jogja). Rumah sakit ini memiliki visi menjadi rumah sakit pillihan yang Rahmatan Lil ‘Alamin dengan layanan profesional, modern, dan berbasis keislaman tanpa membedakan status SARA.
Postingan di FB sampai 60 x share. Banyak yang berharap RS JIH juga buka di kota lain
RS JIH Solo yang memiliki luas bangunan 28.000 m2 ini didukung oleh 61 Dokter Spesialis, 9 dokter umum, perawat dan paramedis profesional di bidangnya.
Selain itu, salah satu yang menjadi unggulan dan nilai plus dari rumah sakit ini adalah layanannya yang berbasis patient centered care dengan harapan JIH Solo bisa menjadi pioneer untuk rumah sakit dengan kategori service excellent.
Patient centered care sendiri adalah satu metode di mana pasien bisa ikut memberikan pendapat dan menentukan keputusan terhadap tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan kondisinya. Jadi, pasien diberikan kebebasan untuk berpendapat dan dokter akan memberikan beragam solusi berdasarkan resiko medisnya. Sesuatu yang rasanya jarang sekali kita temui di rumah sakit di Indonesia.

Fasilitas di RS JIH Solo

“Wow!!”
“MasyaAllah!!”
“Keren banget…”
Itu adalah sebagian kata yang keluar dari mulut kami ketika kami melakukan hospital tour dari lantai ke lantai dan ruang demi ruang. How come???
It’s not a hospital. But a luxury hotel with a health facility!!!
Serius, nggak berasa di rumah sakit. Apalagi dengan jajaran sofa-sofa cozy di ruang tunggu beberapa poli. Yang ada lagi berasa di kafe dengan pemandangan kota gitu.
Hotel ini memang mengedepankan fasilitas kesehatan sekaligus kenyamanan para pasiennya. Seluruh lantai didesign dan ditata sedemikian rupa agar ketika pasien datang, mereka tidak sedang merasa ada di rumah sakit. Bahkan sampai aroma yang tercium di setiap lantai pun benar-benar aroma harum yang membuat betah. Lobby-nya pun super mewah dengan tatanan ala lobby hotel bintang lima. Oh iya, untuk kalian yang sedang menunggu, JIH Solo menyediakan Parsley Bakery and Resto. Jadi bisa deh ngopi dan ngemil cantik sambil menunggu giliran dipanggil. Less stress banget deh.
RS ini memiliki total 115 tempat tidur, ICU, PICU, ICCU, beberapa poli, dan 3 ruang operasi. Untuk kamar sendiri, ada beberapa pilihan yang disediakan untuk pasien.
President Suite: Ruang dengan tarif 2,5 juta permalam ini menyediakan fasilitas super lengkap mulai dari living room, extra bed, meeting room with TV, electric closet, mini kitchen, microwave, cabinet, overbed table, dan lain-lain.
Suite: Tarif 1.250.000/malam dengan fasilitas living room, dining area, mini kitchen, extra bed, dll.
VVIP: Tarif 900.000/malam dengan fasilitas living room, mini kitchen, extra bed, dll.
VIP: Tarif 700.000/malam dengan fasilitas living room, beside cabinet, lemari pakaian, extra bed, overbed table, dll.
Main Class: Tarif 500.000/malam dengan fasilitas extra bed, mini living room
Kelas 1,2,3: Tarif mulai dari 425.000-110.000/malam

Fasilitas penunjang yang lain:

Masjid, coffee & bakery shop, lobby yang nyaman, ruang tunggu poli berAC, Wisma Tunggu Pasien ICU/ICCU, ATM, Shopping Arcade (kantim, minimarket), free WIFI.


RS JIH Solo juga memiliki auditorium yang super nyaman dengan kapasitas sampai 300 orang yang bisa digunakan untuk acara semisal workshop, seminar, dan lain-lain. Oh iya, auditorium ini disewakan FOR FREE untuk siapapun sampai Februari 2020 loh. Semua fasilitas akan digratiskan bahkan sampai penataan ruangan dan kursi/meja. Eits, tapi bukan untuk konser atau nikahan ya. Boleh untuk pengajian, gathering, atau acara semisal. Menari di atas penderitaan orang lain kalau untuk konser atau nikahan sih (mengutip ucapan Mbak PR cantik dari JIH Solo, hihihi).

Untuk fasuilitas auditorium juga super lengkap:
LCD Screen, AC, kursi, sofa, mic wireless, meja resepsionis, podium,mini garden, sound system, WIFI.

Poli Klinik Rumah Sakit JIH Solo

Cari dokter spesialis di hari Minggu? such a dream! Ya kan, hampir nggak ada rumah sakit ataupun dokter spesialias yang praktik di hari libur atau Minggu. Suka sedih deh kalau sakit atau ada urgency sama dokter spesialis di hari Minggu gitu.
tapi dengan adanya RS JIH Solo, kalian nggak perlu lagi khawatir. Karena RS JIH Solo menyediakan layanan dokter spesialis di hari Minggu. Bisa berdasar jadwal praktik atau berdasar janji temu dengan dokternya langsung. Keren kan!!
RS JIH Solo memiliki banyak poli dengan dokter spesialis yang bisa kalian kunjungi, yaitu:
1. Poli Anak
2. Poli Kebidanan Kandungan
3. Poli Bedah Umum
4. Poli Penyakit Dalam
5. Poli Bedah Syaraf
6. Poli Bedah Plastik
7. Poli Urologi
8. Poli Orthopedi
9. Poli Jantung dan Pembuluh Darah
10. Poli Kulit dan Kelamin
11. Poli Mata
12. Poli Paru
13. Poli Gigi
14. Poli Kejiwaan
15. Poli THT

Layanan Yang Disediakan di RS JIH Solo

Poli THT dengan peralatan canggih

Layanan Unggulan

Seperti halnya fasilitas kesehatan yang lain, RS JIH Solo juga memiliki beberapa layanan unggulan seperti:
1. Layanan Ibu dan Anak
2. Penyakit Dalam
3. Hearingn Center (THT)
4. Medical Check Up Executive with Patient Centered Care
5. Minimal Invasive Surgery (Luka minimal pada proses operasi)

Layanan Medis 

Ada beberapa layanan medis yang disediakan oleh RS JIH Solo, seperti:
1. Radiologi 24 jam
2. CT Scan 128 slice
3. Laboratorium 24 jam
4. Rehabilitasi Medik
5. Farmasi Klinik 24 jam
6. Hemodialisa
7. Operating Theater dan CSSD 24 jam
8. Ambulance 24 jam
9. Tim pemulangan jenazah 24 jam

Layanan Fisioterapi Ibu dan Anak

Nah, khusus untuk Ibu hamil dan menyusui, bakal dimanjakan banget deh sama RS JIH Solo. kenapa bisa? RS JIH  menyediakan layanan khusus untuk ibu hamil dan menyusui seperti: Senam Hamil, Breast Care, dan Pijat Bayi. Nggak perlu jauh-jauh atau pisah tempat kan untuk melakukan perawatan ibu dan bayi.
Baby Show, di mana para new born akan diletakkan. Gemas!!
Nah, untuk kalian yang butuh pelayanan rumah sakit dengan fasilitas maksimal dan mau ikut berpendapat soal tindakan apa yang mau diambil berkaitan dengan sakit yang kalian alami, bisa banget deh langsung menuju RS JIH Solo. Eh, kalau cuma butuh nongkrong, ngopi, sambil WIFI-an juga bisa sih. Paket lengkap soalnya JIH Solo ini!






28 komentar

  1. luarrrr biasaa...
    Fasilitas hotelnya lengkap banget.. bikin betah aja nih..

    BalasHapus
  2. RS-nya jyaaan apik tenaaan
    Aku bolak/i terpapar info soal JIH Jogja gegara baca IG-nya GraceMelia. Eh, di Solo ada juga yaak, dan utk ukuran RS mevvah kayak gini, rate-nya cukup b'sahabat lhoooooo
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Ini RS apa hotel? mewah sekali ya.
    Wah ada dokter spesialis juga di hari Minggu, keren. Jadi keingat anakku kalo sakit pas hari Sabtu malam, udah bingung aja, hari Minggu nggak ada dokter spesialis, harus nunggu Senin.

    BalasHapus
  4. Wuihh RS nya keren banget...pasien kalo dikasi kenyamanan seperti ini bisa mempercepat proses penyembuhan nih...keluarga pasien juga gak stress nemeninnya yak...

    BalasHapus
  5. Loh perasaan udah komen xixixiii.. aku ulang yaaa

    Ini JIH luar biasa bagusnya ya, aku kalo ke situ (eh amit amit sih) pasti anak anak berasa kayak nginep di hotel

    doanya buat para pasien sembuh sembuh sembuh sehat sehat sehat amiiin

    BalasHapus
  6. aku yg liat foto2nya aja udah mangap... wow sungguh mevvah!
    fasilitasnya keren banget ya. ga berasa kayak lagi di rumah sakit. berasa di hotel berbintang lima

    BalasHapus
  7. waah rawat inapnya keren mba dengan fasilitas dan kamars ebagus itu ratenya masih termasuk affordable lhooo
    berasa lg nginep di hotel deh yang lg sakit

    BalasHapus
  8. Kayak hotel beneran ya...yang sakit jadi berasa staycation saja. Hihi. Di Jogja juga ada JIH, tapi kurang tahu semegah ini juga atau tidak. FaSilitasnya wow banget ya ini...

    BalasHapus
  9. Btw JIH itu singkatan dari apa ya mbak? Ini rs apa hotel,mewah banget. Tapi ga terima bpjs pastinya ya. Heheheh

    BalasHapus
  10. Mewah yah, pasti nyaman banget di sana ya. Saya pernah lihat RS JIH ini di postingan salah seorang selebgram.

    BalasHapus
  11. MasyaAllah itu lengkap banget mbak fasilitas kamar super mewah di RS JIH Solo, Tapi tetep harapannya semoga tetap diberikan kesehatan, Amiin

    BalasHapus
  12. RS JIH nih dah kayak hotel ya, Mba. Jakarta ada ga ya, Mba? Apa baru di Jogja sama Solo?

    BalasHapus
  13. Rumah sakit kaya bukan RS ya. Fasilitasnya kece kaya gitu. Ini jadinya cepet sembuh karena fasilitasnya nyaman kaya gitu

    BalasHapus
  14. Ayo deh mak, dirimu program hamil dan melahirkan di sana. Ntar biar aku ada alasan buat sering nongkrong di sono. Sumpah keren banget ya.

    BalasHapus
  15. Rumah sakitnya lebih mirip hotel ta, jadi lebih rileks bagi pasien dan penjaga pasien untuk datang karena aura rumah sakit yang menegangkan jadi berkurang..

    BalasHapus
  16. jih jogja ajah dah bikin tercengang. apalagi kalau ke jih solo yg lebih muda usianya pasti desainnya lebih ciamik lagi

    BalasHapus
  17. Wah...rumah sakitnya lebih mirip dengan hotel ya...ruangannya nyaman. Fasiltasnya juga kece.
    Eh tapi senyaman-nyamannya rumah sakit, gak mau tinggal di sana wkwkwk..
    Semoga semua sehat selalu, ya ..

    BalasHapus
  18. Kalau sebuah rumah sakit mewah dan nyaman bikin pasien gak stress ya kalau sedang menjalani pengobatan.

    BalasHapus
  19. RS JIH Solo tentunya dibangun super Megah dan nyaman biar pasiennya nyaman ya,, fasilitasnya yg lengkap agar pasien cepat sembuh tapi senyamannya RS mending pilih Sehat yaa

    BalasHapus
  20. Megah banget ya RSnya. Fasilitas lengkap, pelayanan terbaik. Wah bakaln merasa nyaman nih para pasiennya

    BalasHapus
  21. Wuih bagus ya rumah sakitnya. Pasien pastinya bakal merasa aman dan nyaman kalo dirawat di Rumkit ini.

    BalasHapus
  22. Masyaa Allah bagus banget rumah sakitnya. Kayak hotel saja nggak terasa aura rumah sakit. Semakin lengkap saja rumah sakit di Solo. Fasilitas penunjang JIH Solo juga lengkap.

    BalasHapus
  23. beneran mewah ya JIH solo. btw, aku penasaran nih mak, kalau mau menggunakan auditoriumnya untuk event harus kontak siapa ya?

    BalasHapus
  24. Wow...mengedepankan kenyamanan pasien ya JIH Solo ini. Baru tau ada rumah sakit yang memberikan keleluasaan kepada pasien untuk memberikan opini atas tindakan yang akan diberikan oleh dokter kepadanya. Apalagi didukung dengan beragam fasilitas yang oke nih, bisa jadi andalan bagi siapa saja yang membutuhkan perawatan.

    BalasHapus
  25. Nice post! Sangat salut dengan apa yang telah dilakukan

    BalasHapus
  26. Kayak bukan rumah sakit tapi hotel mevvah ya mbaa. Meski begitu, kalo bisa sih ga usah sampe nginep disana yaa...kecuali kalo pas lahiran aja boleeh. Fasilitasnya pasyi bikin pasien nyaman ketika dirawat di sana ya.

    BalasHapus
  27. Luar biasa pelayanannya, mulai dr Dokter Bima, suster2nya juga... Walaupun awalnya pengen normal jd di SC... Tp pasca SC tdk merasakan kesakitan... Bekas SC nya halus spt luka biasa... Suka dan puas... Terimakasih sudah 5bulan dr pasca operasi rasanya baru kemarin merasakan tidur di ruangan yg bersih dan nyamanya JIH..

    BalasHapus
  28. Semuanya luar biasa, pelayanan SC, kamar inap...

    BalasHapus