Re-Opening Taman Air Menari; Salah Satu Dukungan Danone Terhadap Tumbuh Kembang Anak di Yogyakarta


Pernah melihat air menari? Ikut bermain air bersama anak-anak di taman air menari? Atau sekadar menonton anak-anak bermain air? Nah, kalau pernah ke Taman Pintar, pasti nggak asing deh sama salah satu wahana gratis yang ada di pelataran Taman Pintar. Yup, Taman Air Menari, wahana permainan yang sempat vakum selama beberapa saat. Akhirnya, Danone sebagai sponsor Taman Air Menari ini kembali membuka wahana ini untuk umum. Pada tanggal 2 Juli kemarin saya dan teman-teman blogger diundang untuk menghadiri Re-Opening Taman Air Menari ini. Acaranya seru banget! Karena nggak hanya pembukaan kembali wahana air menari saja tapi juga da bincang seru bersama dokter spesialis anak, Danone, dan juga selebgram yang juga seorang ibu yang terkenal dengan hidup sehatnya.
Muka-muka siap ngobrol sama Danone. Pict by kak Anunk

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Bp. Drs. Maryustion Tonang, MM dan dilanjutkan oleh Bp. Karyanto Wibowo, Sustainable Development Dirctor Danone Indonesia. Bp.  Karyanto menyampaikan bahwa Wahana Taman Air Menari ini merupakan salah satu bentuk dukungan terbaru dari Danone bagi anak-anak dan keluarga di Yogyakarta. Danone sendiri memang sudah menyediakan berbagai program edukasi berkelanjutan dan wahana edukatif lainnya di Taman Pintar sebut saja Zona Kebaikan Air, Zona PAUD Barat dan Timur, kampanye Isi Piringku, dan juga wahana Taman Air Menari.

Seluruh wahana yang dihadirkan di Taman Pintar ini adalah perwujudan dari misi Danone One Planet, One Health yang bertujuan untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungko9n orang di dunia melalui nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, hingga aktifitas fisik yang teratur.

Yup, salah satu yang menjadi keprihatinan Danone dan para orang tua di masa kini adalah kurangnya anak terpapar aktifitas fisik dan lebih banyak terpapar gadget di dalam rumah.


Talkshow Bersama dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD, SpA, (K), Ibu Afia Rosdiana, Mpd, dan Sarah Diorita

Sesi talkshow yang dipandu langsung oleh MC ini berlangsung sangat seru. Apalagi pembicaranya juga sangat berkualitas sih ya. Sesi pertama dimulai oleh dr. Mei yang menjelaskan dengan sangat detail mengenai tumbuh kembang anak, nutrisi yang dibutuhkan, sampai aktifitas pedukung yang dibutuhkan oleh anak selama masa pertumbuhan.

Salah satu indikator anak bertumbuh dengan sempurna adalah dengan pengukuran tubuh yang meliput Berat Badan, Panjang atau Tinggi Badan, Lingkar Kepala. Itulah kenapa setiap Ibu yang sedang hamil biasanya dibekali dengan buku Kesehatan Ibu dan Anak agar bisa selalu memantau proses tumbuh kembang anak secara optimal.

“Masa tumbuh kembang anak dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupan hingga usia 2 tahun. Periode ini kemudian dilanjutkan pada masa pra-sekolah, sekolah, hingga usia remaja. Tumbuh kembang yang optimal pada awal kehidupan akan mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan pada tahap selanjutnya.” ucap beliau. 

Untuk itulah beliau sangat menekankan pemenuhan  nutrisi yang baik dan benar terutama sejak anak usia 0-1000 hari pertamanya.

Lalu bagaimana memilih nutrisi yang tepat agar pertumbuhan anak berjalan dengan optimal? Berikan pilihan makanan sehat pada anak. Anak di atas usia 2 tahun, kata dr. Mei, dapat mengikuti panduan Isi Piringku, yang terdiri dari kombinasi 50% buah dan sayur, 50% karbohidrat dan protein dengan mengutamakan kecukupan dan variasi dari protein hewani dan sumber makanan yang bervariasi. Lalu bagaimana agar anak bisa dengan mudah mengonsumsi isi piringnya? Beri contoh pada anak anda di rumah. Karena pola atau gaya hidup orangtua juga berpengaruh sangat besar pada kebiasaan anak. Kurangi juga interaksi dengan gagdet ataupun TV ketika sedang makan agar suasana makan semakin akrab dan menyenangkan.

Selain pemenuhan nutrisi, aktifitas fisik juga menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan agar proses perkembangan anak berjalan dengan optimal. Karena ternyata pertumbuhan dan perkembangan anak itu harus berjalan dengan seimbang. Tidak boleh timpang salah satunya. Agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. 

“Nutrisi yang sehat ditambah dengan tubuh yang banyak bergerak aktif sejak dini dapat mengurangi risiko berbagai penyakkit di kemudian hari seperti diabetes, hipertensi, dan jantung. Selain itu gerak aktif juga membantu optimasi proses metabolisme dalam tumbuh dan perkembangan otak,” tambah dr. Mei.

Seiring perkembangan jaman, gagdet memang menjadi satu hal yang hampir mustahil dipisahkan dari keseharian anak. Tapi menurut dr. Mei, ini justru akan menjadi malapetaka bagi anak itu sendiri di kemudian hari. Sebut saja minus pada mata dan obesitas. Belum lagi biasanya muncul gangguan konsentrasi ketika anak terlalu banyak terpapar gagdet. Maka dari itu, beliau sangat menganjurkan anak juga dibekali aktifitas fisik di luar rumah demi mengoptimalkan perkembangannya. Sejatinya setiap anak itu membutuhkan 30-60 menit beraktifitas fisik agar proses tumbuh kembang dan motoriknya bisa berkembang secara optimal.

Menurut data dari Riskesdas pada tahun 2018, 33,5% masyarakat di Indonesia di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktifitas fisik. Padahal, aktifitas fisik berguna untuk kebugaran tubuh, membantu simulasi motorik halus, motorik kasar, dan mendukung proses penyerapan nutrisi yang sanbat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak.

Hal ini juga yang menjadi perhatian Sarah Diorita, ibu dari seorang anak yang juga istri dari Eros salah satu musisi Indonesia. Wanita cantik dan ramah yang memang concern pada pola hidup sehat mengoptimalkan pola yang dulu diterapkan oleh orangtuanya. Karena itulah, Sarah juga berusaha mendidik anaknya, Pitu, untuk doyan pada berbagai jenis makanan sehat seperti buah dan sayur. Tantangan besar katanya, karena justru makanan favorit si anak adalah rawon.

Lalu bagaimana Sarah menyiasatinya? Biasanya dengan melibatkan langsung Pitu dari mulai proses belanja, memilih sayur yang diinginkan oleh Pitu, memasak, sampai adanya kewajiban untuk makan bersama di rumah.

Menurutnya tantangan pola pengasuhan di zaman sekarang ini adalah kemudahan akses teknologi dan juga berkurangnya sarana terbuka di lingkungan sekitar sehingga waktu anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya jadi berkurang. Karena itulah Sarah sangat mengapresiasi hadirnya wahana Taman Air Menari di Taman Pintar ini karena bisa memberikan kesempatan pada anak untuk bermain di ruang terbuka dan mendukung orangtua untuk mengajarkan pentingnya gaya hidup sehat dalam suasana yang menyenangkan.

Taman Air Menari ini adalah salah satu wahana yang memang diprakarsai oleh Danone melalui PT. Sarihusada Generasi Mahardika yang sejak tahun 2004 menyediakan berbagai fasilitas dan program di Taman Pintar untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak di Yogya. 

Menurut Ibu Afia Rosdiana, Mpd, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta, berbagai fasilitas dan program yang dihadirkan oleh Danone di Taman Pintar telah menjangkau lebih dari 26.000 anak dan ibu di Yogyakarta. Karena itulah, Taman Pintar pun selalu antusias dan bangga melakukan kolaborasi dengan Danone di Indonesia demi terwujudnya visi dan misi Taman Pintar untyk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas terutama untuk kemajuan sains dan teknologi.

Re-Opening Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta

Nah, ini dia momen yang ditunggu-tunggu pastinya. Pembukaan kembali Taman Air Menari yang sudah lama vakum dan tutup. 

Sesampainya di lokasi, sudah banyak orang tua dan anak yang berkumpul di area Taman Air Menari. Mereka sangat antusias sekali menunggu momen bersejarah itu. Anak-anak yang dibekali dengan mainan yang terbuat dari bambu, dengan semangat memutar-mutar mainan mereka menjelang detik-detik pembukaan.

Prosesi pembukaan kembali dimulai dengan pemencetan tombol oleh Bp. Karyanto dan simulasi beberapa fasilitas Wahana Taman Air Menari yang dilakukan oleh Kak Sarah, dr. Mei, dan Ibu Afia.
Setelah air mulai memenuhi seluruh wahana, anak-anak dengan riang bermain air dan menari-nari di bawah pancuran. Super menyenangkan! Seandainya saya bawa baju ganti, haha. Rasanya sih mau sekali deh ngajak anak main-main di wahana ini nanti.

Nah, untuk Bunda yang ingin mengajak putra-putrinya bermain air di Taman Air Menari yang gratis ini, ada beberapa tips yang diberikan oleh dr. Mei, yaitu:
1. Pastikan anak dalam keadaan sehat
2. Sudah makan sebelum bermain
3. Pastikan wahana bermain dan kondisi airnya bersih
4. Setelah selesai bermain, langsung ganti denngan baju kering
Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta

Gimana, Bunda? Tertarik? Yuk, langsung saja datang keTaman Pintar Yogyakarta dan beraktifitas bersama si kecil di sana. Selamat menikmati dan beraktifitas bersama si kecil…
 
Had so much fun. Pict by Manda

20 komentar

  1. Wagelaseh ini taman air seru banget, setelah panas - panasan main di zona lain, rasanya pingin langsung main basah - basahan biar seger di taman air. Jadi lebih bagus dan keren nih dengan pembukaan ulang. Kuuyyy ibung, kapan Baga diajakin kesana sama bang Akta?

    BalasHapus
  2. Waaah jadi pengen deh bun yang beginian ada juga di kotaku.
    Asyik banget bermain bersama anak di situ,,

    BalasHapus
  3. Ini taman airnya buat umum kah Mba? Atau harus beli tiket?
    Pasti makin seru ya kalau dibuka buat umum ya mba.

    BalasHapus
  4. Wah, duo krucilku pasti suka sekali main ini. Dan ini memang yang anak-anak butuhkan untuk menstimulasi tumbuh kembang mereka disaat serangan gawai dan tv dimana-mana.

    BalasHapus
  5. Tempatnya cakep banget, anak2ku pasti suka sekali diajak kesini, seneng bermain air, pasti setelah main air jadi lahap makannya nih.

    BalasHapus
  6. Salit dengan Danone atas dibukanya kembali Taman Air Menari di Taman Pintar Yogya
    Semoga membawa manfaat bagi penunjang tumbuh kembang optimal pengunjungnya terutama anak-anak.
    Ki jadi ikut main air lihatnya mbak..kwkwk

    BalasHapus
  7. waduh asik sekali pastinya.Gak tua gak muda main air itu selalu menyegarkan dan tentu saja menenangkan

    BalasHapus
  8. Saya selalu suka dengan perusahaan yang ikut serta dalam memperhatikan tumbuh kembang anak. Salah satu kebutuhan anak yang harus dipenuhi adalah kebutuhan bergerak. dengan adanya Taman Air Menari, anak-anak bakalan bebas bergerak. Seru dan menarik sekali. Jadi pengen he..he..he..

    BalasHapus
  9. Eh emang ada air mancur menari ya di taman pintar? Waktu kesana kayaknya nggak ada deh. Waah makin asyik nih anak2 bermain. Aku keep ah postingan ini. Kalau main ke jogja masukin ke itinerary ku

    BalasHapus
  10. Aku dah pernah ke Taman Air Menari tapi waktu itu sepi dan airnya gak nari2 hehe. Ternyata sekarang udah aktif lagi yaaa. Mioga awet soalnya anak kecil kan biasanya paling suka main2 air :D

    BalasHapus
  11. Wah seru neh bawa keluarga ke sana, apalagi anak-anak ku paling seneng main air menari.

    BalasHapus
  12. wah berarti kalau ke jogja aku harus ajak anak ke taman pintar lagi. waktu ke sana, taman air menarinya nggak jalan ih.

    BalasHapus
  13. Pemenuhan nutrisi bagus memang bisa dilihat dari tinggi dan berat badan ya .. Itulah sebabnya saya dulu selalu khawatir jika berat badan anak menurun, dan juga jika tingginya nggak nambah banyak, hehe ...

    BalasHapus
  14. duuh, itu wahananya boleh dipake orang dewasa gak yak? Kayaknya asik gitu bisa bermain bebas kayak anak-anak gitu

    BalasHapus
  15. Itu di remake ya wahananya, tetapi boleh semua umur jamnya masuknya

    BalasHapus
  16. Demen banget ini pasti yaa anak-anak ada taman bermain air,klo anak ku yang ada ga mau slesai deh haha

    BalasHapus
  17. Waktu main ke Yogya sempet mampir ke Taman Pintar nih mbak. Alhamdulillah sekarang ada tamab air menari nya ya. Makin mantap.

    BalasHapus
  18. Semoga kehadiran Taman Air Menari yang ada di area Taman Pintar bisa membuat anak lebih banyak beraktivitas fisik. Bisa mengurangi penggunaan gadget di dalam rumah.

    BalasHapus
  19. aku ke Jogja kemaren ngga sempet ke Taman Ointar nih. Tapi dulu udah pernah kesini jugaa. makin kerkeren ya sekaraang

    BalasHapus
  20. Nama saya Elang Endah Saya seorang wanita bisnis di Indonesia dan saya bepergian ke negara lain karena bisnis, saya beberapa waktu yang lalu saya memiliki kemunduran dalam bisnis saya karena seseorang yang saya percayai begitu banyak berbohong kepada saya dan mengambil banyak uang saya. modal dengan harapan mengirimi saya barang. Saya mulai mencari bantuan dan seorang teman memperkenalkan saya ke Arab Credit Group Beberapa bulan yang lalu, saya takut karena cerita yang saya dengar tentang pinjaman online sebelumnya, tetapi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mencobanya, setelah menyelesaikan semua persyaratan yang saya miliki. pinjaman sebesar 700jt telah ditransfer kepada saya dan hari ini saya sepenuhnya kembali ke bisnis, jika Anda memiliki tantangan keuangan atau Anda mencari modal untuk memulai bisnis Anda sendiri di sini adalah kesempatan Anda, jika mereka dapat membantu saya tahu mereka akan membantu Anda juga . hubungi Arab Credit Group hari ini dan Anda akan senang melakukannya.

    Detail saya

    nama: Elang Endah
    email: elangendah7@gmail.com


    hubungi Arab Credit Group menggunakan.

    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com

    BalasHapus