Servis Motor Rutin, Apa Saja Yang Perlu Dicek?

 

Servis motor lengkap di Planet Ban

“Ah kalau perempuan yang makai, biasanya jarang servis motor rutin deh. Makanya suka nggak nyaman tuh kendaraan,” celetuk salah satu teman saya kala itu.

Yup, tidak hanya sekali dua kali saya mendengar celetukan serupa. Konon katanya, kaum perempuan itu kurang peduli pada perawatan atau servis rutin kendaraan yang mereka pakai. Bahkan sekadar ganti oli pun juga tidak. Jadilah rata-rata motor yang dipakai kaum perempuan tu sangat tidak nyaman dan kurang terawat. 
Saya pribadi sih kurang setuju dengan statement itu. Sebagai pecinta roda dua karena sat set dan praktis digunakan untuk antar jemput sekolah juga bepergian, saya termasuk orang yang sangat rewel dengan kenyamanan dan keamanan motor yang saya pakai. Bahkan ban kurang angin pun saya bisa senewen karena akan terasa kurang nyaman ketika dipakai berkendara. 
Belum lagi, saya dulu tipe orang yang hobi ngebut di jalan (jangan ditiru ya, haha). Apalagi jika bertemu dengan jalur yang aman dan tidak terlalu padat, melaju sampai 90 atau 100 KMm/jam sudah biasa. Bahkan tidak jarang saya juga nekat  “balapan” dengan motor lain yang tidak terima saat saya salip di jalan. Tapi itu dulu, hihi.
Sekarang sih saya lebih memilih membawa motor dengan aman apalagi ketika membawa orang lain bersama saya. Yah, maksimal 80 Km masih oke lah ya, haha.
Karena itu lah saya termasuk rewel soal perawatan motor yang saya pakai. Servis motor rutin, cek kampas rem, ganti oli, tambah angin, kebersihan motor, sampai ganti ban secara berkala adalah hal-hal yang selalu saya perhatikan dengan baik sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh mekanik.
Menurut saya, semakin terawat motor yang kita pakai, semakin nyaman dan aman juga motor tersebut untuk dikendarai. Dan lagi motor yang saya miliki adalah motor jenis matic yang sudah saya miliki sejak tahun 2012. Servis mesin motor dan penggantian oli motor matic harus beneran rutin pokoknya deh.
Lalu sebenarnya apa saja sih yang harus dicek ketika servis motor rutin demi kenyamanan dan keamanan motor kita?

Servis Motor Rutin, Apa Saja yang Perlu Dicek?

Servis motor adalah proses pengecekan kondisi motor yang meliputi bodi, mesin, sparepart, bahan bakar yang dilakukan ketika motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu secara rutin atau sesuai jadwal (biasanya ada opsi sesuai tanggal atau KM yang telah ditempuh. Dari kedua ini, mana dulu yang lebih dicapai itu merupakan jadwal service rutinnya).
Servis motor ini dilakukan demi menjaga agara kondisi mesin tetap awet dan performa kendaraan kita tetap optimal. Karena semakin jarang dirawat, performa motor kita akan cepat menurun yang nantinya mengakibatkan biaya yang harus dikeluarkan justru lebih banyak lagi.
Lalu apa saja yang perlu dicek ketika kita melakukan servis motor rutin ini? Lebih lengkapnya ada di bawah ini ya:
1.Oli Mesin
 
Pernah dengar kendaraan sampai harus turun mesin atau makin boros BBM? Nah, salah satu penyebabnya adalah oli yang tidak pernah diganti. Sepele bukan? Tapi memang proses ganti oli ini termasuk servis rutin yang jarang dilakukan terutama oleh kaum perempuan. Padahal kalau sudah sampai turun mesin, biaya yang harus dikeluarkan tentu tidak hanya sedikit loh.
Oli sendiri memiliki fugsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin motor kita. Itulah kenapa kita harus rutin mengganti oli kendaraan agar lajunya tetap optimal.
Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli kendaraan di 2500 Km. Biayanya sendiri meliputi biaya pembelian oli (besarannya tergantung merek yang kita gunakan) dan biaya jasa ganti oli.
Nah, info terbaru yang saya dengan ternyata beberapa tahun terakhir ini sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000Km atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar sih ya kalau retailer mengklaim bisa 2 x lebih lama dibanding oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.
2. Oli Gardan
Nah, sebagai pengguna motor matic, saya paham sekali nih kalau oli gardan wajib rutin diganti agar kinerja mesin motor saya tetap optimal. Apalagi oli gardan ini memiliki fungsi untuk melumasi gear yang ada di CVT atau Continuously Variable Transmission. CVT atau penggerak otomatis ini memiliki fungsi meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin pada bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan dengan baik. Kebayang kan ya pentingnya pemilik dan pengguna motor matic untuk melakukan ganti oli gardan ini secara rutin. Waktu penggantian oli gardan ini menggunakan rumus perbandingan 2:1 yang berarti penggantian oli gardan dilakukan setelah 2x ganti oli mesin.
3. Busi
“Motornya mati? Nggak bisa distater? Coba dicek dulu businya!” 
Sering kan ya kita mendengar saran atau kalimat ini jika ada motor yang sulit untuk distater. Biasanya ini berkaitan dengan busi.
Part selanjutnya yang harus dicek ketika servis motor rutin adalah busi. Busi merupakan bagian di motor yang fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Karena itulah penggantian busi secara rutin juga diperlukan ya. 
4. Kampas Rem
Ketika masih hobi mengendarai motor matic saya dengan kecepatan cukup tinggi, kampas rem adalah spare part yang cukup sering butuh diganti waktu itu. Karena faktor pengereman adalah salah satu faktor penting yang memiliki pengaruh pada keselamatan apalagi ketika motor dipacu sedikit kencang kan ya. 
 
Kampas rem yang sudah tipis tentu saja berpengaruh pada kurang pakemnya rem pada motor dan bisa fatal akibatnya. Inilah kenapa kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan servis motor secara rutin dan langsung diganti ketika dirasa sudah tipis.
5. Filter Udara 
Filter udara memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak ada kotoran yang masuk. Masuknya kotoran dapat berpotensi terjadinya penyumbatan sistem injeksi dan karburator. Ketika melakukan servis motor rutin, mekanik akan melakukan pengecekan pada filter udara ini untuk melihat apakah filternya cukup dibersihkan saja atau sudah harus diganti. 
6. Aki atau Accu
Selain busi, yang biasanya rentan mengakibatkan mesin motor tidak mau menyala adalah aki atau accu. Aki atau Accu adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan suplai atau daya listrik pada kendaraan. Idealnya tegangan pada aki ada di kisaran 12,3 - 12,6 Volt pada saat kondisi mesin sedang mati dan berada di kisaran 13,7 - 14,2 Volt ketika mesin dalam keadaan menyala. Jika tegangan tidak berada pada kisaran tersebut, biasanya terjadi kebocoran atau terminal yang berkarat. 
Mekanik akan menyarankan untuk mengganti aki jika dianggap sudah tidak layak.
7. Ban
Ban adalah salah satu bagian pada motor yang wajib dirawat dengan baik. Karena kondisi ban yang sudah kurang angin terlebih lagi sudah gundul, biasanya akan membuat ban mudah bocor dan tentu saja sangat berbahaya jika dipaksakan untuk digunakan .
Karena itulah pemeriksaan ban merupakan salah satu yang wajib dicek ketika melakukan servis motor rutin ya.
8. Tune up Motor Rutin
Salah satu servis yang harus diperhatikan dan dilakukan adalah tune up motor secara rutin. Tune up dilakukan untuk mengembalikan performa mesin motor kita seperti semula dengan tujuan agar kondisi mesin tetap awet dan terjaga.
Tune up rutin biasanya meliputi pemeriksaan semua komponen terutama komponen yang berhubungan dengan performa motor secara keseluruhan seperti tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator, pemeriksaan tegangan rantai, pemeriksaan rem, dan pemeriksaan klakson.
Karena itulah tune up ini bisa juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart yang lain. Tapi tenang, sebelum proses penggantian mekanik pasti akan menginformasikannya terlebih dahulu kok. Biasanya setelah melakukan pengecekan, mekanik akan memberi catatan apa saja yang perlu diganti atau dilakukan beserta dengan rincian biayanya. Jadi proses penggantian sparepart akan dilakukan jika kita sebagai pemilik kendaraan sudah memberi persetujuan untuk melakukan perbaikan ya.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Sebagai pemilik kendaraan yang cukup rewel soal perawatan dan servis rutin, memilih bengkel servis motor yang rekomen dan bagus adalah wajib hukumnya. Saya biasanya meminta rekomendasi dari teman atau dengan membaca ulasan-ulasan di media sosial atau gmaps.
Salah satu bengkel yang sering direkomendasikan pada saya adalah Planet Ban. Bahkan kata teman-teman waktu itu di bengkel ini saya bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Penasaran dong pastinya. Siapa yang nggak mau coba servis motor rasa mesin baru ya kan?
Servis motr rasa mesin baru di Planet Ban

Servis motor rasa mesin baru atau juga dikenal dengan sistem servis terpadu ini ternyata memiliki manfaat untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang lebih cepat dan dengan biaya yangn jauh lebih hemat. Nah, fokusnya ada pada pemeriksaan dan perbaikan bagian vital yang tersembunyi dan biasanya jarang diservice, dicek, apalagi disetel rutin nih.
Akhirnya beneran dong penasaran banget ya pengen coba juga buat servis motor rutin di Planet Ban kan. Apalagi ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan servis motor rutin di Planet Ban, seperti:
  • Proses servis motor rutin di Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa motor dan memberikan proteksi optimal pada mesin. Tentu saja mesin jadi lebih awet dan dijamin jarang rusak deh.
  • Menggunakan sparepart asli. Penggunaan sparepart ori atau asli membuat mesin motor kita lebih nyaman, tahan lama, membuat mesin dingin, dan tarikan jauh lebih enteng deh. Ini sudah kebukti banget sih menurutku. Selain itu, penggunaan sparepart asli juga menaikkan harga jual motor kita kelak loh!
  • Nggak perlu sering ganti oli!! Yup, dengan melakukan servis motor rutin di Planet Ban kita cukup mengganti oli setiap jarak tempuh 5000Km atau sekitar 4-5 bulan sekali. Nggak perlu sering-sering ke bengkel dan pastinya jadi lebih hemat biaya kan kalau gini.
  • Servis motor rutin sama dengan ikut menjaga lingkungan? Bisa banget lah kalau servis motornya di Planet Ban. Karena, kondisi mesin yang optimal pasti juga membuat emisi dan polusi kendaraan kita ikut berkurang loh.
Lalu apa sih bedanya melakukan servis motor rutin di Planet Ban dengan di bengkel lain?

Bedanya Servis Motor Rutin di Planet Ban dengan di Tempat lain

Pernah sudah servis motor tapi ternyata tarikan masih dirasa kurang maksimal atau kurang nyaman dikendarai?
Nah ini dikarenakan biasanya jika kita servics motor di tempat lain masih banyak kotoran, debu, dan juga sisa pembakaran yang ketinggalan dibersihkan di beberapa bagian mesin motor kita nih. Nggak jarang juga loh masih ada kotoran atau debu yang menempel di blok CVT yang bikin tarikan motor kita terasa lebih berat.
Hal-hal seperti ini nggak akan kita jumpai ya kalau servis motor rutin di Planet Ban. Seluruh bagian mesin ataupun sparepart selalu dibersihkan dengan teliti deh. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya dijamin bersih dari debu, sisa pembakaran, dan kotoran. Lengkap sekali kan!
Pokoknya kalau servis motor rutin di Planet Ban tuh bikin motor kita kaya punya mesin baru deh. Yang jelas hasilnya bikin tarikan mesin jadi lebih enteng, emisi kendaraan bisa turun lebih dari 70%, makin hemat BBM, dan mesin motor jadi bersih total. Cocok buat saya yang cinta banget sama kendaraan yang bersih dan tarikannya optimal kan.
 
Source: Planet Ban

Kerennya lagi sih ya, biaya servis rutin motor di Planet Ban itu super duper terjangkau menurut saya. Untuk biaya servis motor injeksi hanya Rp. 20.000, servis CVT dan rantai hanya Rp. 19.500, dan untuk servis throttle body juga hanya Rp. 20.000 saja loh. Dengan hasil semaksimal dan sebersih itu biayanya terjangkau sekali kan ya. Jauh lebih hemat kan dibanding servis di bengkel yang lain.

Jadi gimana?
Sudah tahu kan manfaat dari servis rutin motor atau kendaraan kita dan apa saja sih yang perlu dicek ketika melakukan servis rutin itu?
Nah, ingat nggak kapan kalian servis motor kalian dan dilakukan pengecekan menyeluruh?
Langsung saja dibawa ke Planet Ban untuk melakukan servis motor rutin ya. Dan jangan sampai kelupaan lagi. Biar nggak dibilang kalau perempuan tu suka abai sama servis dan perawatan motor ya.
Kalau mau mendapatkan pelayanan terbaik untuk servis motor rasa baru dengan biaya terjangkau langsung saja kunjungi bengkel Planet Ban terdekat dari rumah kalian yaa...


20 komentar

  1. Benar mak, aku udah merasakan yang namanya manfaat servis rutin apalagi untuk motor metic, penting banget, Apalgi motor sekarang itu udah ada fitur notifikasi buat kasih tau kapan ganti oli dll

    BalasHapus
  2. Yang paling penting untuk selalu di cek berkala yaitu kondisi oli, mesin, dan busi, jika saja kelewatan waktunya ganti oli bisa rusak semuanya, waktu itu aku pernah kejadian gak ngeganti oli mesin sekitar 3 bulan, langsung aja merembet ke yang lainnya, dan harganya ndak murah juga.

    BalasHapus
  3. Hahaha...aku lihat di jalan, wanita emang gak kalah sangar dibanding pria kalau bawa motor. Sat-set aja nyalip ke sana-kemari. Banyak juga saya lihat yang gak sabaran, pengen motong mobil. Kadang jadi mikir, emangnya buk-e doang yang pengen cepat sampai, lah aku juga. Untung lah dirimu gak seperti itu ya Mbak. Dan yang paling penting selain jago bawa motor, pintar pula merawatnya dengan service secara berkala

    BalasHapus
  4. Oli gardan baru tau jadi dia untuk si matic ya. Selama ini yg wara wiri hanya pak su. Aku jadi tau apa aja yg harus diperhatikan nih. Planet Ban buat servis motor jg bisaa yaa

    BalasHapus
  5. Motor kalau habis diservis emang jadi enak banget sih tarikannya, ahaha. Beneran ya, memang harus rutin supaya tetap bagus dan awet juga motornya.

    BalasHapus
  6. Aku dulu taunya Planet Ban buat ganti atau beli ban aja, ternyata nggak ya. Disini bisa servis motor juga ternyata. Paling nyaman memang rutin servis, apalagi motor tu dipakai setiap hari dan sewaktu waktu ya mbk

    BalasHapus
  7. Honestly baru tau kalo bisa service motor di planet ban.mbak. selama ni urusan servis si paksu yg ngatur cpba deh ntar aku usulkan servis motor di planet ban yq

    BalasHapus
  8. Naaah! Tuh liat poins yg disebut buat diperhatikan dan diteliti kan banyak banget. Jd KL blm siap jd individu yg perhatian, dan sayang barang menjadi miliknya Jngn Dulu Beli Motor ya. Tp kan ada bengkel planet ban! Yowislah terserah kamu aj. Soook beli deh tp catet ya itu di mana Bengkel Planet Ban.Biar ngerasain motor di service serasa motor baru.

    BalasHapus
  9. Meski tidak ahli-ahli banget soal motor, setidaknya kita-kita perempuan perlu tahu-tahu dikit lah soal kendaraan. Jadi, kalau ada keluhan, kita tau apa yang harus kita bilang ke mekanik hehehe. Pas kita servis motor dan mekaniknya kasih tahu sesuatu, kita juga nggak ngang-ngong gitu :D.

    Btw, dulu aku pikir Planet ban itu cuma jualan ban. Ternyata bisa melayani servis jg yaa..

    BalasHapus
  10. Wah, suka ngebut ternyata si Emak, ya. Haha. Aku dulu bisa ngebut maksimal 80km/jam. Sekarang mah takuuuut. Paling ngebut banget juga 60km/jam. Ok, jadi ada oli mesin, oli garda, busi, kampas rem, filter udara, aki dan ban yang harus diperiksa dan service secara rutin, ya. Kadang suka lupa ganti oli mesin nih aku. Hehe.

    BalasHapus
  11. Nah ini bagi pecinta roda dua wajib tahu kalo motrnya perlu diservis tuh bagian apa aja dan tahu juga manfaatnya kalo diservis rutin.

    Btw, akupun langganan nih Mak servis di Planet Ban Deket rumah, jadi ya langganan deh, trus tutupnya malem juga, jadi pas pulang kerja .

    BalasHapus
  12. Paling sering dan agak ngerti ngeceknya itu soal oli sama ban. Agak kelihatan dan bisa dirasakan biar pun awam. Paling bener emang rajin service aja sih biar semua aman saat dipakai

    BalasHapus
  13. Seneng yaaa servis motor di planet ban karena detail dan gak diketok harganya.. pemting buat cari tempat service resmi dan rekomended sik

    BalasHapus
  14. Hehe iya nih kyknya stigma org cewek gk tahu apa2 soal motor :P
    Servis kendaraan rutin emang sangat penting supaya kendaraan bisa awet dan gampang rusak ya.
    Wah ternyata dianjurkan tiap 4-5 bulan sekali ya ke bengkelnya. Soalnya kendaraanku seringnya 3 bulanan hehe. tapi yang penting emang pokoknya rajin servis ya supaya gak ada momen ngadat2 club pas enak2 makai kendaraan di jalan.

    BalasHapus
  15. Planet Ban jadi andalan banget saat servis motor.
    Biasanya yang jadi pengingat memang waktunya ganti oli. Ini penting supaya tarikan motor gercep dan mesin tetap awet.

    BalasHapus
  16. Sebagai motoris, wajib banget perhatiin komponen-komponen itu ya, soalnya motor itu modal kerja. Wah kalo gak servis bisa berabe ke depannya. Jarang servis bisa-bisa motor cepet turun mesinnya...

    BalasHapus
  17. Aku pernah kerja di kantor distributor spare part, Na. Beberapa nama familiar tapi permesinan kenapa gini kenapa gitu ga mudeng hahaha. Palingan ban bocor atau kempes. Dah lah serahin sama ahlinya, apalagi ada Planet Ban, ya. Tau beres. Yang penting niat kuat buat ngasih perhatian dan sayang buat motor yang pengen perawatan. Anggap aja pacar (halah)

    BalasHapus
  18. kalau aku jujur kalau nggak diingatkan bakal lupa bawa motor ke bengkel, mbak. hehe. padahal penting banget ya untuk mengecek kondisi motor ini secara rutin

    BalasHapus
  19. iya mbak, service motor membuat motor jadi selalu baru ya, karena namanya benda yang sudah dipakai pasti ada perawatannya juga, kalau gak dirawat barang jadi cepet rusak.

    BalasHapus
  20. Cewek tuh ya paling suka nggak ngeh sama servis motor. Nanti, bawa motornya udah nggak 'pas' baru deh bawa ke bengkel, ujung-ujungnya banyak aja mau diganti hiks. Punya kendaraan emang mesti servis rutin, biar mesin terawat ya mak dan terlebih keamanan terjaga.

    BalasHapus