Pengalaman Membuat Souvenir Kalender Dengan Menggunakan Canva


Berencana untuk mengadakan acara entah itu pesta pernikahan, ulang tahun, acara kantor, atau acara apapun ketika menjelang akhir tahun dan terbentur dengan budget untuk souvenir?
Meskipun tidak wajib, keberadaan souvenir biasanya menjadi salah satu pelengkap yang dinanti-nanti pada sebuah acara. Ini juga bisa menjadi sebuah kenangan bagi para tamu pada acara atau momen yang dihadirinya tersebut.
Souvenir sendiri biasanya merupakan barang-barang yang berasal dari kerajinan tangan dari para pengrajin yang saat ini sudah merambah ke industri yang lebih besar sehingga menjadikan ragam dan harganya juga semakin bervariatif bahkan relatif mahal dan harus menguras budget.
Nah, karena budget inilah yang akhirnya membuat aku memutuskan untuk mencoba membuat souvenir sendiri demi bisa menekan pengeluaran. Waktu itu sih mikirnya dengan membuat sendiri, souvenir ini menjadi sangat intimate, lebih berkesan, dan tidak pasaran gitu deh. 
Souvenir yang waktu itu nekat aku buat sendiri adalah kalender atau tanggalan. Karena mikirnya akan jauh lebih mudah, murah, dan praktis dibanding souvenir atau kerajinan tangan yang lain. Bikin, cetak, hias, bagiin deh.
Lalu kenapa memutuskan untuk memilih kalender? Karena dalam kegiatan sehari-hari kita nih, kalender adalah barang yang cukup penting dan dibutuhkan. 
Apalagi Kalender Indonesia yang juga dilengkapi dengan penanggalan kalender Jawa yaitu Pon, Wage, Kliwon, dll. Bahkan di beberapa daerah di Jawa Tengah, penanggalan seperti ini masih sangat penting digunakan untuk menentukan pitung/hari baik. Ketika saya menikah pun tidak luput dari kegiatan diskusi alot untuk menentukan pitung yang cocok dan pas dengan kedua belah pihak, haha.
Contoh kalender (aplikasi) yang dilengkapi dengan penanggalan Jawa

Selain itu, kalender juga bermanfaat untuk menjadi pengingat pada acara penting sampai mengetahui kapan ada hari libur nasional dalam bulan-bulan tersebut. Terutama untuk para pekerja atau anak sekolah nih, hehe.
Dan setelah bertanya kesana kemari, akhirnya beberapa teman menyarankan untuk membuat kalender itu dengan menggunakan aplikasi Canva, yang katanya sih lebih mudah ya karena dilengkapi dengan ribuan template dan element-element lainnya.
Canva sendiri adalah aplikasi desain grafis yang bisa digunakan secara mudah dan cepat untuk membuat grafis baik media sosial, presentasi, bahkan sampai membuat kalender ini loh. Makanya akhirnya semakin mantap deh menggunakan aplikasi ini untuk membuat kalender sebagai souvenir tadi.
Lalu bagaimana akhirnya segala keidean untuk dapat membuat souvenir kalender ini pada akhirnya?
Sebelum itu, aku spill dulu ya step by step membuat kalender dengan menggunakan Canva ala aku nih.


Membuat Souvenir Kalender Dengan Menggunakan Canva

Nah ini adalah beberapa langkah yang pernah aku lakukan untuk membuat kalender yang nantinya bisa dijadikan souvenir yang hemat budget tapi juga aestetik, cantik, dan unik tentunya.

1. Buka Aplikasi Canva
First step, buka aplikasi Canva. Jangan aplikasi yang lain karena nanti akhirnya malah nggak jadi bikin kalender karena keasikan scroll kan ya, hehe.

2. Cari Template
Langkah kedua yang harus dilakukan setelah log in adalah mengetikkan kata kunci “Kalender” pada kolom pencarian yang biasanya terletak di bagian atas. Ada banyak sekali template-template kalender dengan berbagai warna dan desain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan acara. Misal untuk acara pernikahan bisa memilih desain kalender dengan tema romantic, untuk acara gathering bisa memilih desain kalender dengan tema yang fun, untuk acara ulang tahun bisa memilih desain kalender dengan tema party, dan seterusnya. 
Pokoknya cari terus sampai menemukan yang cocok di hati dan di meja penghulu ya. #ehgimana

3. Edit Sesuai Dengan Keinginan
Langkah ke-3  adalah mengedit desain atau templateyang sudah dipilih. Di step ini, kita juga bisa menambahkan elemen-elemen bahkan rangkaian foto kenangan pada kalender tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan font yang sesuai dengan template yang sudah dipilih untuk mempercantik desain kalendernya ya.

4. Tambahkan Elemen Pelengkap
Ada banyak sekali elemen yang disediakan oleh Canva. Ribuan jumlahnya bahkan mungkin lebih. Cukup temukan keyword atau kata kunci yang tepat aja sih memang.
Jadi kalian juga bisa menambahkan beberapa elemen pelengkap untuk membuat kalender buatan kalian semakin aestetik untuk dijadikan souvenir. Misalnya saja catatan kecil hari jadi kalian (untuk wedding party), tanggal ulang tahun pimpinan, dan sebagainya. 
Penulisan note penting pada desain Kalender ini bisa ditambahkan element khusus atau bisa juga dituliskan dalam Bahasa Inggris. Tapi jangan sampai salah nih. Karena penulisan tanggal dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sudah pasti berbeda kan. Bahkan kita juga bisa menambahkan penanggalan Jawa seperti Pon, Wage, dan lain-lain pada kalender tersebut ya. 
 Kalau ini dirasa cukup melelahkan karena harus menambahkan satu demi satu, bisa diskip sih.
Atau justru bisa diinfokan untuk menginstal aplikasi Kalender Indonesia yang memiliki catatan penanggalan Jawa secara lengkap saja sih ya, haha.

5. Download 
Langkah terakhir setelah desain dirasa sesuai dengan keinginan adalah mendownload desain kalender tersebut agar tersimpan di gadget. Tenang, setelah didownload, desain tersebut akan auto tersimpan di galeri ya, jadi bisa diedit untuk kebutuhan yang lain.
 
6. Cetak Desain kalender
 Time to print the design!! Yeay…. 
Ada dua opsi yang bisa dipilih sebelum mencetak desain tanggal tersebut sesuai budget tentunya. Pertama, print sendiri jika memiliki printer di rumah. Kalian bisa menggunakan kertas foto atau glossy paper, kertas duplex, kertas ivory, atau bahkan kertas BW yang biasanya digunakan untuk mencetak sertifikat ya.
Opsi yang kedua, mencetak desain kalender tersebut di tempat foto copy atau rental komputer yang biasanya juga menyediakan layanan cetak ya. Bahkan biasanya setelah dipindah melalui Bluetooth, mas mas penjaga foto copy-an atau pencetak ini mau loh membantu merapikan dan menyesuaikan kalender kita sesuai dengan ukuran kertas yang tersedia.
Aku sendiri memilih untuk mencetaknya di rumah karena ada printer, jadi cukup membeli kertasnya saja deh.

7. Hias Kalender Yang Sudah Dicetak Sesuai Keinginan
Langkah terakhir adalah menghias!!
Sebelum diberikan kepada tamu undangan atau peserta acara sebagai souvenir, alangkah baiknya kalender yang sudah kita print tadi dipercantik dengan hiasan atau kemasan. Tidak harus mahal tapi pastikan bisa membuatnya semakin rapi dan cantik untuk dilihat. Misalnya saja kalian bisa menambahkan ornament tali rami dan bunga kering yang dibuat sendiri pada gulungan kalender atau membungkusnya dengan kemasan plastic lalu menambahkan ornamen pita kecil di luar kemasan sesuai dengan warna kesukaan kalian juga bisa loh!
Kalenderku? Tentu saja dibungkus dengan menggunakan kertas alas kue dengan motif renda, lalu diikat dengan tali rami, dan diberi gantungan kertas yang berisi ucapan terimakasih dan tanggal acara.

Kesannya cukup simpel dan mudah kan? 
Tapi bagaimana sebenarnya? Benarkah lebih bisa menghemat budget dan lebih cantik? Atau justru sebaliknya?

Pengalaman Membuat Souvenir Kalender Dengan Menggunakan Canva

Setelah membuat sendiri souvenir kalender kemarin dengan menggunakan Canva, ada beberapa hal yang bisa dijadikan catatan jika kalian ingin melakukan hal yang sama nih. Baik plus dan minusnya.
Kita mulai dulu dari minus atau kekurangannya ya.

Kekurangan Membuat Souvenir Kalender Dengan Menggunakan Canva

Berdasarkan pengalamanku, ada beberapa kekurangan yang aku alami dan temukan dengan membuat souvenir kalender kemarin yaitu:
- Harus menemukan element yang tepat untuk mempercantik desain dan ini juga membutuhkan kejelian kita menentukan keyword atau kata kunci yang tepat.
- Untuk pengguna Canva gratisan, akses untuk memakai element ataupun desain sangat terbatas. Jadi harus mendaftar Canva Pro ya agar bisa bebas menggunakan element dan template di sana. Tentu saja membutuhkan budget lagi. Padahal tujuan kita kan menghemat budget, hehe.
- Tidak semua desain kalender dilengkapi dengan penanggalan Jawa. Misalpun ada, templatenya ya seperti kalender umum yang biasa kita lihat di rumah, huhu. Kalau niat ya menambahkan sendiri keterangan penanggalan Jawa. Tapi kebayang kan harus mengetik 365 kali, haha.
- Berbeda dengan kalender online yang bisa memberikan notif secara otomatis ketika sudah disetting, pada kalender biasa kita harus rajin-rajin mengecek ada momen penting apa yang kita sematkan atau tulis di situ.
- Jika tidak memiliki printer, harus pergi ke foto copy atau rental komputer, dan mengeluarkan budget lagi untuk mencetak kalender tersebut.


Kelebihan Membuat Souvenir Kalender Dengan Menggunakan Canva

Nah kalau di atas tadi minus atau kekurangannya, sekarang akan aku jelaskan kelebihan atau keuntungan membuat souvenir kalender dengan menggunakan Canva ya.
- Mudah dan praktis. Even aku yang nggak terlalu jago desain pun bisa membuat desain kalender yang lucu dan unik.
- Banyak template yang disediakan dan bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Memang harus mengembangkan kreatifitas dan kejelian mencari element yang tepat sih ya untuk pengguna yang free.
- Bisa langsung di-unduh dan di-save di galeri HP ketika sudah selesai membuat desain.
- Setelah dihitung-hitung, jatuhnya tidak terlalu murah sebenarnya tapi hasilnya cukup memuaskan, aestetik, dan personal.

Nah, itu tadi pengalamanku membuat souvenir kalender dengan menggunakan Canva. Jika ada waktu luang, hobi mendesain dan kerajinan tangan, tidak ada salahnya sih untuk membuat souvenir kalender ini dengan menggunakan Canva. Karena memang lebih personal/intimate dan pasti akan berbeda dengan yang ada di luaran.
So, selamat mencoba...

21 komentar

  1. kalau mau murah memang sepertinya mendingan beli yang sudah jadi. Tapi menurutku, kalendar yang dibuat sendiri itu tetap lebih memuaskan buat kita yang bikin. Siapa sangka, sekarang dengan bantuan Canva kita yang gak jago2 amat dlm mendesain ternyata bisa buat kalender sendiri :)

    BalasHapus
  2. Canva udah jadi aplikasi kesayangan aku yang selalu dipake kalo mau bikin infografis dan berbagai meme drakor nih hehe. Wah ternyata bisa bikin kalender lucu juga pake canva nih, otw bikin juga ah

    BalasHapus
  3. Saya penasaran sama hasil souvenirnya, Mba. Kayaknya bagus juga ya kalau buat souvenir kalender gitu. Jadi mau coba ah. Buat kalender pendidikan bocah, seru kali yaa

    BalasHapus
  4. Bikin desain dan cetak kalender sendiri mengunakan canva, tentu jadi terasa lebih ekslusif ya mbak. Walau pasti kalau dihitung-hitung, dibanding pesan langsung ke percetakan jadinya lebih mahal, tapi kan ada kepuasan tersendiri karena bisa memberikan souvernir hasil karya sendiri

    BalasHapus
  5. Bo─║eh dicoba nih, karena biasanya dicanva bikin pdf, presentasi, dan undangan aja. Templatenya gampang diaplikasikan yak, dan lebih personal bikin kalender sendiri

    BalasHapus
  6. Yey... Berhasil ya bikin kalendernya. Coba pakai foto anak atau kita sendiri makin kece ya. Haha ... Numpang narsis.
    Saya pun pakai canva untuk semua pekerjaan digital maupun hobi

    BalasHapus
  7. Aku pun udah ketergantungan banget sama Canva. Mulai dari bikin infografis sampe konten medsos. Emang paling gampang dan efektif. Sekarang bisa banget ya bikin souvenir pake design Canva. Serba digital deh pokoknya.

    BalasHapus
  8. Akutu dah bebikinan banyak desain pakai Canva, tapi belum coba bikin kalender sendiri. terinspirasi kalau gini...Mudah dan unik pasti, bisa jadi souvenir istimewa bikinan sendiri. TFS, Mak:)

    BalasHapus
  9. Aplikasi desain Canva ini sungguh ngebantu banget.
    Semua template ada dan tinggal diutak atik sesuai dengan kebutuhan dan selera. Paling pengen punya kalender lengkap dari mulai masehi, hijriyah hingga penanggalan Jawa. Hehhe~
    Penting banget buat ngliat jadwal shaum yaumul bidh.

    BalasHapus
  10. Halo mba. Aku selalu andalkan Canva untuk beragam kegiatan yang aku lakukan. Misalnya untuk urusan blog ataupun IG. Belum pernah untuk buat kalender. Makasih ide dan inspirasinya mba :)

    BalasHapus
  11. Makasih tutorialnya mak... Jadi pengen coba bikin juga di canva, buat kalender di rumah aja, hehe...

    BalasHapus
  12. kreatif abis deh kalo pake canva. semua propertinya ada dan lengkap. jadi bisa desain apapun sesuai selera. tapi buat kalendernya brp lama itu biasanya Mba?

    BalasHapus
  13. Asik banget memang canva ya, bisa bikin macem-macem kreasi, terutama kreasi digital. Kalender pun bisa bikin sendiri, jadi gak usah beli lagi deh, haha. Kalau ngeprint di luar ya keluar uang juga sih, tapi tetep lebih hemat yaa

    BalasHapus
  14. Good idea nih. Bisa buat ide bikin kalender sama anak trus dijual deh hehe..Cuma ya mesti ngerti tanggal-tanggal merah ya di tahun yang akan datang..jangan sampai salah hari dan tanggal hehe..

    BalasHapus
  15. Wah aku belum pernah kepikiran bikin kalender sendiri. Soale setiap tahun sll dapat kalender gratis dr mana-mana ahaha. Padahal bikin kalender sendiri bisa ditandai tanggal2 penting untuk diri sendiri/teman/keluarga yaaa... THanks sharingnya Mba Ike..

    BalasHapus
  16. Idenya menariiik! Bener juga ya, kita bisa membuat souvenir pernikahan menggunakan canva. Selama ini bikin desain di canva hanya dipakai untuk kebutuhan sendiri atau melengkapi blog.

    BalasHapus
  17. Wah menarik sekali ini pengalamannya tentunya bisa dicoba juga apalagi dijadikan souvenir atau oleh-oleh ya

    BalasHapus
  18. Benar ini bermanfaat sekali. Apalagi anak tengah kami suaka hal beginian. Plus nanti ditambah info ultah dirinya, saudara dan sanak saudaranya. Penuh jd kalendernya.

    BalasHapus
  19. Wah, keren nih kayanyaaaa.baru kepikiran juga nih buat kalender di canva. Bisa banget buat sovenir juga ya maaaak, lebih personal, lebih unik dan lebih spesial juga ya tentunyaaa

    BalasHapus
  20. Canva andalanku, mbak. Buat kalender, jadwal harian, habit tracker, juga editing foto untuk blog ya pakai Canva. Templatenya banyak dan mudah digunakan.

    BalasHapus
  21. wah cakep ya pakai canva untuk bikin calender. Bisa nih untuk bikin kalender tahunan sekolahnya anak-anak. sebagai hadiah perpisahan sekolah

    BalasHapus