Puasa Nyaman dan Sehat Bersama Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda



Alhamdulillah, bahagia rasanya kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadan. Bulan suci yang kehadirannya selalu dinanti, yang kedatangannya disambut dengan suka cita oleh semua umat muslim di berbagai belahan bumi. Tidak terkceuali keluarga kami. 
Bisa kembali dipertemukan dengan bulan suci adalah berkah tersendiri. Refleksi kehidupan, meningkatkan kualitas ibadah, proses detoksifikasi, dan juga menjaga pola makan agar tubuh tetap bugar adalah beberapa hal yang hanya bisa konsisten kami lakukan ketika berpuasa sebulan penuh.
Dan seperti halnya keluarga lain, keluarga kami pun memiliki kiat ataupun tips bagaimana menjadikan puasa sebulan penuh ini menjadi puasa yang nyaman dan menyenangkan. Apalagi puasa tahun ini adalah tahun pertama Mas Akta belajar puasa full sehari penuh.
Lalu, bagaimana sih cara kami menjaga dan melaksanakan puasa agar tetap nyaman, sehat, dan menyenangkan? Nah ini dia tipsnya….

Tips Puasa Tetap Nyaman, Sehat, dan Menyenangkan Bersama Antangin

Bagi saya pribadi, bulan puasa adalah bulan yang betul-betul saya nantikan kehadirannya. Bukan hanya karena berlimpah pahala, tapi karena di bulan puasa ini saya merasa lebih konsisten dalam menjaga pola makan dan kesehatan dibanding bulan-bulan yang lainnya. Nah, beberapa tips yang selalu saya terapkan selama bulan puasa agar puasa tetap berjalan dengan nyaman, sehat, dan menyenangkan adalah:
  • Mengawali buka dan sahur dengan buah 
Yup, kebiasaan ini sudah berjalan hampir 8 tahun di keluargaku. Berbuka dan mengawali sahur hanya dengan buah-buahan setelah air putih. Tidak ada kolak, gorengan, ataupun jajanan beraneka ragam. Setelah mengonsumsi buah, baru nanti dilanjutkan dengan menu berat seperti nasi dan pelengkapnya. Intinya sih jangan kalap mata ya kalau buka puasa, hehe. Umumnya kan kita pasti ingin membeli atau membuat beraneka makanan ketika berbuka puasa. Nah, hal inilah yang memang sengaja kami hindari. Biar perut nggak mudah kembung dan begah.
  • Penuhi kebutuhan air
Selain air putih, yang sering diminum dalam keluarga kami ketika bulan puasa adalah air kelapa muda. Kebetulan kami juga tidak mengonsumsi teh ataupun sirup kecuali sedang berbuka di luar bersama teman. Jadi dalam semalam itu, dari buka hingga sahur, kebutuhan 8 gelas air harus selalu terpenuhi.
  • Konsumsi jus sayur
Selain sayur mentah untuk lalapan, jus sayur adalah menu yang juga wajib kami konsumsi sebelum tidur. Biasanya kami bergantian memproses sayuran dengan menggunakan blender atau slow juicer. Sebenarnya kebiasaan ini kami lakukan setiap hari, tapi entah kenapa kami lebih konsisten melakukannya di bulan puasa, hehe.
  • Anti begadang-begadang club. 
Penting!! Karena harus bangun untuk sahur di keesokan harinya dan lalu berpuasa sehari penuh, tentu saja kami tidak ingin merasa kelelahan atau tekor energi. Jadilah biasanya jam 9 atau 9.30 malam kami sudah pergi tidur. Kecuali jika ada acara yang mengharuskan kami baru tidur di atas jam 10, dan itupun sangat kami batasi biasanya sih. Biar nggak ngantuk atau kesiangan kan besoknya juga, hehe. Karena baru tahun pertama Mas Akta belajar puasa seharian, makanya sahur jangan sampai terlewat oleh kami sekeluarga.
  • Minum Antangin JRG atau Habbatusauda saat diperlukan. 
Aktifitas dan usia tetap berpengaruh pada kondisi keadaan tubuh kami. Apalagi iklim ketika bulan puasa ini juga bisa dibilang tidak menentu antara hujan dan panas. Banyak yang akhirnya tumbang karena masuk angin dan flu, huhu.

 
Nah, untungnya sih di rumah ada stock Antangin JRG DAN Habbatusauda ya. Jadi setiap kali tubuh dirasa kurang enak, kembung, atau mual, kami nggak kebingungan lagi deh. Tinggal minum Antangin aja. Apalagi suami juga memang hobi nyetock Antangin ini dari sejak lama.
Dulu ketika kami masih sangat sembarangan dalam makan dan istirahat, masuk angin dan kerokan tu jadi sahabat setia kami. Hampir setiap minggu tubuh rasanya nggak karuan karena mual, kembung, meriang, pusing-pusing, dan lain sebagainya. Terutama suami yang lambungnya sangat sensitif dan jadi sangat mudah kembung dan mual. Belum lagi dia itu tipe yang nggak bisa disetirin orang lain karena pasti mengalami mabuk darat. Tapi sesekali karena urusan kantor atau keluarga, pastilah ada kondisi mau tidak mau dia harus disetiri orang lain. Karena itulah akhirnya suami berinisiatif selalu menyimpan Antangin meski hanya 1 atau 2 di dalam tasnya. 
Kebiasaan yang menular ke aku dan sekarang anak nih yang juga mulai coba. Iya, Antangin cair ini sudah bisa dikonsumsi oleh anak mulai usia 6 tahun ya. Tapi hanya 1/2 sachet dari dosis orang dewasa. 


Favorit suami sih Antangin JRG yang lebih familiar, sedangkan aku lebih suka Antangin Habbatusauda karena aroma dan khasiatnya. Bahkan ibu dan keluarga besarku juga ternyata suka nyetock Antangin di tas mereka, haha.
Khusus untuk bulan puasa, biasanya kami mengonsumsi Antangin cair ini sebelum tidur dan saat sahur jika memang sangat dibutuhkan. Bisa dengan cara langsung diminum atau dimix dengan air hangat ya. Bisa juga sih dengan teh, tapi aku sendiri prefer dengan air hangat atau biasanya dengan air hangat rebusan pandan. Enak banget!!!

Antangin, Andalan Keluarga Kami

Antangin adalah sirup herbal produksi PT Deltomed Laboratories yang berkhasiat untuk masuk angin dengan kandungan utama Jahe, Royal Jelly, dan Gingseng yang memiliki khasiat untuk membantu mengatasi dan meredakan gejala masuk angin seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala, dan membantu meredakan tenggorokan. Antangin sendiri memiliki beberapa varian seperti Antangin JRG, Antangin Mint, Antangin Habbatussauda, Antangin Jahe Merah, Antangin Junior, dan Antangin Good Night.
Kali ini saya mau bahas Antangin JRG dan Habbatussauda yang memang sudah sering dikonsumsi di keluarga saya ya. 

Antangin JRG

Antangin JRG ini memiliki kandungan utama Jahe, Royal Jelly, dan Gingseng. Karena itulah disebut Antangin JRG yang memiliki manfaat untuk meredakan gejala masuk angin, badan meriang, mual, perut kembung, pusing, dan tenggorokan yang kurang nyaman.
Setiap 15 ml dari kemasan Antangin JRG ini mengandung jahe, daun mint, daun sembung, gingseng, biji pala, akar manis, kunyit, royal jelly, dan madu.

Antangin Habbatussauda 

 

Antangin Habbatussauda ini memiliki khasiat seperti membantu memelihara daya tahan tubuh dan meredakan gejala masuk angin seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala, dan juga membantu meredakan tenggorokan.
Setiap 15 ml dari kemasan Antangin Habbatussauda ini mengandung campuran ekstrak dari Habbatussauda, jahe, daun sembung, daun mint, biji pala, akar manis, kunir, meniran, dan madu.
Tahu kan ya komposisi dari Antangin Sirup Herbal ini memang benar-benar terdiri dari tanaman herbal yang sudah kita kenal dan selalu dikonsumsi setiap hari. Jadi memang dipastikan aman.
 
PT Deltomed sendiri memang berkomitmen untuk menggabungkan kekuatan kearifan lokal dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk memberikan yang terbaik yang bersumber dari alam.
Eh meskipun demikian, mengonsumsi Antangin juga ada aturannya ya. Untuk dewasa 3 x sehari 1 sachet dan untuk anak-anak cukup 1/2 dari dosis dewasa. Dan jangan lupa, konsumsi Antangin ini sesudah makan ya. Bisa langsung diminum atau diseduh dengan teh hangat tawar atau air hangat seperti saya.
Nah itu tadi tips saya menjaga puasa saya dan keluarga agar tetap nyaman, sehat, dan menyenangkan.

 Psst, kami juga membawa bekal Antangin loh saat mudik kemarin. Perjalanan mudik jadi semakin aman dan menyenangkan deh karena bebas mual, kembung, dan sakit kepala.
So, bagaimana kalian menjaga puasa tetap nyaman dan sehat?

15 comments

  1. Banyak banget yang cocok dan selalu sedia Antangin ya, keluarga kami juga, membantu banget bikin puasa lancar sebulanan kemaren.
    Pun juga diperlukan banget ketika perjalanan mudik atau silaturahmi :)

    ReplyDelete
  2. Sepakat sekali Kak! Antangin nih kecil-kecil tapi menjadi andalan keluarga. Saat badan pegal, mual, kembung, kami langsung menyeduh teh hangat dan disertai Antangin JRG. Seketika rasanya badan segar seperti sebelum pegal menghampiri.

    ReplyDelete
  3. sama mbak, aku lebih suka Antangin Habbatussauda. Enak juga dicampur teh.
    Alhamdulillah jadi bantu jaga daya tahan tubuh di hari-hari terakhir Ramadan.

    ReplyDelete
  4. Hampir sama mbak..kuncinya banyakin air dan makanan yg bergizi seperti buah dan sayur yg banyak. Oya kurangi gorengan juga ngaruh. Nah, kalau udah masuk angin. Di rumah jg lebih suka Antangin mbak

    ReplyDelete
  5. Kebiasaan tak begadang ini beneran harus dikurangi karena memang mempengaruhi kualitas hidup. Terima kasih sudah berbagi tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  6. Wah salut sama Mbak yang sudah konsisten menikmati buah dan sayur, bahkan jus sayur.. Saya masih sering tergoda goreng-gorengan dan akhirnya kadang datanglah aneka penyakit hehehe. Untung ada Antangin yang pas ya utk dibawa ke mana pun. Anak-anak juga bisa konsumsi..

    ReplyDelete
  7. Minum jus sayuran ditambah antangin sudah bentuk ikhtiar mantap untuk menjaga kesehatan tubuh ketika puasa. Mudik pun tetap sangu antangin biar di perjalanan lancar, saya juga melakukan hal tersebut, mbak

    ReplyDelete

  8. Antangin JRG emang mantul banget mbak rasanya, tenggorokan langsung berasa plong kalau habis minum ini

    ReplyDelete
  9. Wah, antangin sudah bisa dikonsumsi untuk anak-anak juga ya.. Puasa makin lancar dan bebas kembung ya kalau selalu sedia antangin..

    ReplyDelete
  10. Berasa minum teh Jepang, kak Anna..
    Cantiik sekali Antangin Habbatusauda yang diminum di tea pot.

    Aku juga kompakan kaya kak Ana nih.. Suka varian Antangin Habbatusauda.
    Dan anakku cocoknya Antangin Junior sih.. HIhii~
    Sehat-sehat selalu yaa, kak Anna & keluarga.

    ReplyDelete
  11. Sama mba apalagi mudik kemarin selalu sedia antangin kemana-mana. Secara mudik antar kota dan kabupaten bawa bayi lumayan ya mba. Antangin habbatussauda juga biasanya aku minum buat daya tahan tubuh

    ReplyDelete
  12. Aiih,... Mbak, aku iri sama kebiasaan minum jus sayurnya. Keren sekali. Jadi pengen bertamu buat nyicipin jusnya. Toss, salah satu andalan kita sama nih. Sama-sama Antangin. Sajen wajib biar tetep bugar kerja macem2 selama puasa.

    ReplyDelete
  13. Aku juga selalu sedia antangin nih mba di rumah, terutama saat ramadan kemarin

    ReplyDelete
  14. Senangnya bisa mudik lebaran ya mak. Semakin tenang saat membawa bekal Antangin untuk mencegah perut kembung, mual dan masuk angin saat dalam perjalanan yaa..

    ReplyDelete
  15. beberapa kali di bulan Ramadan kemarin puasa tapi gak sahur karena saking kecapeannya, pas buka puasa setelah makan takjil langsung minum antangin

    ReplyDelete