Quality Time Bersama Anak ala Ibun

 

Menghabiskan waktu dan memiliki momen bonding bersama anak tentu saja adalah salah satu impian setiap ibu. Menemaninya bermain, membersamainya belajar dan bertumbuh, dan melihatnya mengeksplorasi segala hal. Hanya saja kadang kesibukan membuat kita para orangtua dan anak sulit sekali bisa mendapatkan momen yang berkualitas bersama. 
Terutama untuk ibu yang harus bekerja di kantor dari sore sampai pagi, memiliki usaha, atau bahkan freelancer yang kadang jam kerjanya justru tidak menentu.
Padahal ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari seringnya ibu memiliki quality time, menemani anak bermain dan belajar seperti bonding orangtua dan anak semakin dekat, anak akan merasa disayangi dan diperhatikan, meningkatkan imun tubuh pada anak, anak lebih kreatif dan mampu menyelesaikan masalah jauh lebih baik, bahkan anak juga dipercaya memiliki rasa percaya diri lebih besar dibanding mereka yang tidak pernah mendapatkan quality time bersama ibu atau ayahnya.
Menurut psikolog anak, Chitra Annisya, M.Psi, anak yang memiliki quality time dan bonding yang baik akan lebih siap beradaptasi dengan lingkungan, lebih berani, lebih mandiri, dan lebih belajar banyak hal dibandingkan mereka yang jarang memiliki waktu berkualitas dengan anaknya. (id.theasianparent.com)
Karena itulah, sesibuk apapun orangtua, harus tetap bisa meluangkan waktu meski hanya 30 menit untuk memiliki waktu yang berkualitas bersama anak. Meskipun hanya sebentar, waktu bersama yang berkualitas tetap dipercaya bisa memberikan banyak dampak positif bagi perkembangan seorang anak.
Nah, sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai freelancer, blogger, dan juga makmin dari sebuah komunitas blogger besar di Indonesia, sebenarnya Ibun memiliki banyak sekali waktu luang bersama anak.
Tapi ketika ada beberapa deadline pekerjaan, rapat dengan komunitas, review atau acara yang mengharuskan Ibun pergi keluar kota, belum lagi jadwal kontrol ke dokter yang rutin setiap minggu harus dilakukan, otomatis waktu yang dimiliki bersama Mas Akta jadi sangat jauh berkurang. Bahkan tidak jarang, Ibun pulang ke rumah ketika Mas Akta sudah tertidur pulas.
Karena itulah, sebisa mungkin Ibun selalu menyempatkan untuk bermain dan menghabiskan waktu yang berkualitas bersamanya. 
Lalu, quality time seperti apa yang biasanya Ibun lakukan dengan Mas Akta? 

Quality Time Ala Ibun dan Mas Akta di Rumah

Ada banyak sekali hal simpel dan sederhana yang Ibun lakukan demi bisa memiliki quality time bersama Mas Akta di rumah. Hal simpel yang mungkin untuk sebagian orang sering atau bahkan rutin dilakukan tapi jadi sangat berarti bagi kami.
Nah, in dia beberapa quality time sering Ibun lakukan bersama Mas Akta.
  1. Menonton Film Kartun Kesukaannya: Sebagai anak yang suka sekali menonton film, Mas Akta memang banyak memiliki tontonan favorit. Sepulang sekolah dan mengerjakan tugas, biasanya dia habiskan untuk menonton film kartun di televisi. Nah biasanya Ibun memilih untuk menemaninya menonton film meski hanya 30 menit. Tidak hanya sekadar menonton film, Ibun juga mengajaknya membahas seputar film kesukaannya ini. Siapa tokoh utamanya, seperti apa jalan ceritanya, kenapa tokoh yang jahat bersikap seperti itu, bahkan tidak jarang Ibun menyelipkan nasihat berdasarkan film yang dia tonton itu. Jadi anak juga terpancing untuk belajar menyimpulkan cerita dari kisah yang dia lihat dan bisa menceritakannya kembali dengan versi sederhananya.
  2. Makan di Resto Favorit Berdua: Quality time ini biasanya Ibun dan mas Akta lakukan sepulang sekolah atau ketika menunggu suami pulang dari kantor. Kami datang ke resto favorit, memesan makanan kesukaan, lalu Ibun menunggunya bermain sampai dia bosan. Kadang kami juga mampir ke mall sepulang sekolah dan makan di tempat favoritnya atau tempat yang menyediakan playground untuk anak-anak.
  3. Menemaninya Bermain dan Mengobrol: Memiliki anak laki-laki yang super aktif merupakan tantangan tersendiri sebenarnya. Selain cepat bosan dengan satu hal, biasanya anak super aktif ini hampir tidak bisa diam dan penasaran dengan berbagai hal baru. Menemaninya bermain tentu saja menjadi salah satu quality time yang bisa menjadi pilihan ketika di rumah, meskipun harus siap ikut berimajinasi sih ya. Perang-perangan, bermain bersama robot, bermain mobil-mobilan, bermain tebak-tebakan ketika bosan di perjalanan, bahkan sampai berimajinasi menjadi kapten atau perompak di lautan pun pernah kami lakukan.
  4. Menemaninya Bermain Game Online: Yup, salah satu quality time yang biasanya Ibun lakukan bersama Mas Akta adalah bermain game online. Mas Akta hanya kami berikan ijin bermain game online setiap hari Sabtu dan Minggu. Dan tentu saja semua game yang dia instal adalah games yang sudah melalui persetujuan kami, ayah dan ibunnya. Karena dengan banyaknya orang dewasa yang bermain dan banyaknya jenis games, kami para orangtua semakin selektif memilih jenis game online apa saja yang dirasa cocok dan edukatif untuk anak seusia Akta. Salah satu platform yang Ibun ijinkan bahkan sering mainkan dengan Mas Akta adalah game online di plays.org.

Bermain Game Online di Plays.org 

game online di plays.org


“Dyou allow your kid to play online gaming?”
Kinda familiar, huh?
Yup, Ibun sering sekali mendapatkan pertanyaan serupa. Kok boleh sih anaknya main game online?  Nah, semua game online yang dimainkan mas Akta tentu saja sudah melalui supervisi dan ijin kami orangtuanya.
Dan ada beberapa alasan kenapa kami mengijinkan dia bermain game online ini seperti: mampu  membantu dia belajar kosa kata baru dalam bahasa Inggris, membantu dia belajar untuk memecahkan masalah (problem solving), membantu dia melatih dan mengembangkan logika, dan tentu saja membantunya untuk terbiasa dengan teknologi. Jadi nggak selamanya ya game online itu negatif untuk anak selama sesuai dengan pengawasan.
Ada beberapa games yang menjadi favorit kita berdua di http://plays.org seperti:

Dino Math 

Dino Math di plays.org


It helps our kid to learn Math in a fun way!! Yup, Dino Math ini memiliki kemiripan dengan Zuma. Hanya saja, kita haarus menembakkan bola ke bola dengan angka tertentu sehingga bisa mendapatkan jumlah sesuai dengan bola yang kita pilih di awal.

Dinosaur Train Buddy's Big Campout Adventure

 

Mas Akta loves it much! Sebenarnya games ini simpe sih. Kita hanya perlu mengumpulkan benda-benda yang dibutuhkan Dino. Tapi seru karena ada rintangan di mana Dino harus melompat naik dan turun untuk mengambilnya dan mendapatkan bonus.

Mahjong 

Mahjong di plays.org


Mahjong ini adalah salah satu permainan yang Ibun kenal dan mainkan sejak jaman kuliah. Makanya seneng banget pas tahu di plays.org ini ada banyak game yang Ibun mainkan dulu seperti Mahjong ini.
Mahjong mengajari kita berfikir cepat dan tepat dalam menyelesaikan masalah, karena dalam game ini kita harus memilih dua gambar yang cocok hingga semua gambar yangn tersedia match dengan pasangannya untuk mendapat poin.

Zuma 


One of my favorite games!! Yup, pasti sudah banyak yang familiar dengan Zuma kan ya. Di mana kita harus menembak bola dengan warna yang sama untuk mendapatkan poin dalam waktu yang sudah ditentukan. Permainan ini melatih ketangkasan, fokus, dan ketepatan kita dalam menembakkan bola dengan warna-warna yang sesuai.

Alan’s Pizzeria

Alan's Pizzeria di Plays.org

We love eating that much! Yup, Ibun sama Mas Akta itu suka banget makan pizza. Makanya kita seneng banget bisa cobain game Alan’s Pizzeria dari Plays.org ini. Berasa bikin pizza beneran soalnya.
Di sini kita diajak untuk bisa bertindak dengan cepat dan tepat demi mendapatkan koin dari customer. Super fun!!

Oh iya, selain games di atas, ada banyak sekali game online yang bisa dijadikan pilihan untuk quality time di http://plays.org/ ibun dan mas Akta pastinya. Ada pilihan alphabet, animal, connect the dots, geography, geometry, math, music, pattern, strategy, dan masih banyak lagi deh. 
Bahkan tetris juga ada loh. Seru banget kan!
Pokoknya moms bisa pilih game online sesuai dengan usia anak dan kebutuhan deh di sana.
fitur pencarian untuk memudahkan kita memilih jenis game di plays.org

Dan untuk mempermudah pencarian, ada fitur kategori dan pencari yang bisa digunakan untuk memilih games yang sesuai dengan keinginan, jadi bermain game online lebih mudah dan menyenangkan deh.
Nah, gimana, moms? Masih pusing cari ide untuk quality time bersama anak? 
Semoga tips dan ide dari Ibun dan Mas Akta ini bisa jadi pilihan yaaa.
Happy quality time….

No comments