Tetap Sehat dan Bahagia Dengan Cara Seru ala Ibun

 

Source: Pinterest



Selama ini Ibu rumah tangga memang identik dengan full time mom yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kerja tanpa jeda, kerja serba bisa.

Para ibu pun harus multitasking. Harus bisa menjadi istri, menjadi ibu, menjadi juru masak, menjadi penanggung jawab kebersihan rumah, menjadi mentri keuangan, menjadi perawat, menjadi supir, dan lain sebagainya. Bahkan selama masa pandemi ini, tugas Ibu pun bertambah. Menjadi guru, menjadi juru foto, menjadi juru rekam, menjadi juru edit, dll.

Ibu dituntut untuk serba bisa, serba mampu.

Multitaskin Ibun, ya driver, ya bebersih, ya menemani anak, dll.

Sering dengar kan kalimat “Ibu tu nggak boleh sakit!!”, ya karena meski sedang sakit sekalipun biasanya ibu tidak bisa beristirahat dengan tenang di rumah.

Karena meskipun kadang ada suami yang siap membantu menggantikan tugas di rumah, tetap saja ujung-ujungnya ya ibu. Karena hal sepele seperti mencari remote atau kaos kaki saja biasanya terlalu sulit bagi seorang ayah, ya kan? Hihihi….

Dan jangan lupa, biasanya ibu itu rentan juga dengan sakit pikiran. Stress,emosi, mudah marah biasanya juga lekat dengan seorang Ibu.

Nah, jika “Ibu nggak boleh sakit” berarti kita juga harus selalu menjaga kesehatan fisik dan mental agar tubuh kita tetap fit dan dijauhkan dari segala penyakit.

Tapi bagaimana?

Kadang dengan segala pekerjaan di rumah, kayaknya udah nggak sempat deh memikirkan mau olah raga, makan sehat, dan lain-lain kan.

Eits, jangan berkecil hati dulu ya. Selain cukup istirahat, minum air putih, konsumsi multivitamin, saya juga punya tips untuk para ibu di luar sana yang ingin tetap sehat dan waras tapi dengan cara seru yang pastinya gampang banget dilakukan.

Nah ini dia tipsnya:

1. Sempatkan Olah Raga dan Berjemur

Yup!! Meski hanya jalan kaki ringan di sekitar komplek/rumah, sempatkan untuk tetap berolahraga 30 menit setiap hari. Sekalian bisa kena sinar matahari kan. 

Olah raga dan sinar matahari terbukti juga bagus untuk memperbaiki mood seseorang. Jadi sehat fisik, juga sehat fikiran kan.

 


Atau untuk para ibu yang lebih suka gerak aktif dengan musik, sempatkan meski hanya sekedar zumba atau aerobik ringan di rumah, lalu lanjutkan dengan berjemur cukup 10 menit saja.

Saya sendiri saat ini membiasakan untuk berjalan kaki kurang lebih 1 jam ketika mengisi waktu sembari menunggu anak sekolah. Kebetulan jarak antara rumah dan sekolah cukup lumayan, 30 menit tanpa macet.

Waktu PTM Terbatas yang cukup singkat, masih dibatasi hanya 2,5 jam sekali pertemuan, seringkali membuat saya kebingungan mau menunggu di mana. Coffee shop atau resto yang proper untuk sekalian bekerja belum ada yang buka jam 7 pagi.

Karena itulah saya, memutuskan untuk mlipir ke GOR Manahan untuk jogging. Seru banget sih karena ramai dan banyak yang juga olah raga di sana. Jadi makin semangat dan serasa banyak teman kan.

2. Me Time!!

Salah satu nasihat yang saya berikan pada sahabat-sahabat perempuan yang akan menikah adalah “Bilang sama calon suami, setelah menikah nanti kalian harus diijinkan untuk Me Time dan kongkow sama teman-teman!!”

Me time ala ibun. Bisa sendirian, bisa bareng teman-teman

 Karena apa? Karena ibu yang waras, sehat, dan bahagia lahir batin adalah cerminan keluarga yang waras, sehat, dan bahagia juga menurut saya.

Meskipun hanya seminggu sekali, 1 jam atau lebih, seorang ibu berhak istirahat dari segala kegaduhan dan aktifitas di rumah.

Kita bisa memilih berkumpul dengan sahabat, olah raga, ke salon, nonton film, membaca buku/novel, atau kongkow sambil menyesap minuman kesukaan di cafe/coffee shop langganan juga udah lumayan menghibur kok.

3. Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

Iyaaa, tahu kok tahu. Boro-boro bisa milih makanan, bisa atau sempat makan aja sudah alhamdulillah.

Tapi mulai sekarang diupayakan yuk!!

Kalaupun tidak sempat menyiapkan yang aneh-aneh, minimal ada buah potong dan lalapan sayur mentah setiap hari.

Untuk menyiasati kebosanan,saya biasanya sesekali membuat smoothie atau jus buah dan sayur. Biasanya saya meminta tolong suami untuk menyiapkan sayuran segar sebelum diproses dengan slow juicer. Setelah itu bisa masuk kulkas deh untuk diminum nanti siang atau malam.

Untuk buah pun seperti itu. Saya bahkan memiliki stok frozen fruit seperti pisang dan strawberry untuk dibuat smoothies dengan buah segar. Tanpa tambahan gula, susu, dan yoghurt ya demi memaksimalkan efek sehat dari buah dan sayur tadi. Saya prefer menggunakan sedikit raw honey jika memang ingin menambah cita rasa manis.

Ketika benar-benar tidak sempat, biasanya sih saya memilih membeli buah potong di penjual buah/rujak.

Everyday fruit and vegie by Ibun

4. Konsumsi Makanan Seimbang

I know, I know…

Ini sih sudah sering kalian dengar. Tapi kadang kebiasaan ini alpa kita lakukan sehari-hari. Padahal dengan mengonsumsi makanan seimbang, kebutuhan tubuh akan nutrisi otomatis bisa terpenuhi.

Nah, saya sendiri biasanya memastikan setiap hari harus ada menu lengkap di rumah. Mulai dari karbo (saya menggunakan beras merah/coklat atau kadang menggantinya dengan ubi,singkong), sayur yang dimasak setengah matang, protein (bisa ikan, tahu, tempe, jamur), dan sayur mentah untuk lalapan (saya sering pilih yang simpel seperti kol, timun, toge, daun pepaya muda atau bunga telang yang subur tumbuh di rumah).

5. Check Out Belanjaan atau Jajan Online untuk Diri Sendiri

Ini perlu!!! beneran deh, haha.

Nggak perlu mahal atau banyak, tapi sesekali ibu itu perlu deh melakukan kegiatan menyenangkan seperti ini. Rasanya tu hormon dopamin dan serotonin mengalir kencang dan membuat perasaan lebih baik ketika selesai berbelanja.

Apalagi sering kan ya ada diskon gila-gilaan dari ecommerce atau jasa online yang bertebaran. Bahkan kalau diskonannya cukup besar, saya sampai niat membeli dan membagikannya pada anak kecil teman anak bermain atau tetangga rumah.

Bahagianya dobel-dobel rasanya!!!

6. Pillow Talk atau Ngobrol Bersama Pasangan

 


Cuddle
sembari bercerita ngalor ngidul adalah salah satu kegiatan favorit saya dengan suami. Meski hanya sesekali dilakukan, tapi rasanya damai dan menyenangkan bisa cerita dengan suami.

Makanya saya sering ajak dia ngobrol ngalor ngidul mulai dari yang santai, berandai-andai, sampai kadang bahas masalah yang serius sebelum tidur.

7. Konsumsi Suplemen Multivitamin Penunjang

Last but not least, jangan lupa sediakan dan minum multivitamin penunjang di rumah.

Kesibukan dan kegiatan yang tidak ada hentinya kadang membuat kita tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan tubuh hanya melalui makanan atau minuman. Padahal jika tubuh kekurangan salah satu unsur penunjang, biasanya tubuh akan memberi reaksi negatif. Misalnya jadi mudah lelah, sering flu/sariawan, sering pusing, dll.

Source: Pinterest

Karena itulah, vitamin seperti Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B Complex, penting sekali dikonsumsi untuk membantu menunjang kesehatan kita sehari-hari.

 

Nah, itu tadi beberapa tips seru menjaga kesehatan dan kewarasan ala Ibun. Karena percayalah, ketika ibu sehat, waras, dan bahagia, keluarga di rumah pun akan terjamin kebahagiaan dan kesehatannya.

Dan tahu nggak sih, kebiasaan hidup sehat seperti ini juga dipercaya mampu merangsang hormon dopamin, serotonin, oksitosin, sampai endorfin loh!! Lengkap banget kan ya!!

So, jangan lupa tetap sehat dan bahagia yaaa…..

No comments