Tuesday, August 17, 2021

Pengalaman Menggunakan Produk Layanan SDS dari TIKI

 


Memilih jasa pengiriman yang tepat dan terpercaya itu susah-susah gampang menurut saya. Bahkan tidak jarang akhirnya meninggalkan trauma karena dikecewakan sedemikian rupa oleh jasa pengiriman.

Pernah suatu waktu, ketika melakukan perjalanan ke Jakarta, saya memutuskan mengirimkan makanan untuk oleh-oleh melalui salah satu jasa pengiriman langganan.

Yupp, LANGGANAN.

Ketika itu saya masih aktif berjualan online, baju batik, mukena, souvenir batik, dan semua hal berbau batik. Karena itu saya biasa menggunakan berbagai macam jasa pengiriman sesuai dengan permintaan customer.

Sampai pada saat saya mengirimkan paket oleh-oleh dan makanan yang sedianya saya tujukan untuk keluarga di Jakarta ini. Paket sudah dipacking rapi sedemikian rupa tentu saja.

Dari awal saya sudah menjelaskan ini adalah paket berisi makanan dan sedikit baju. Karena waktu itu saya melakukan perjalanan menggunakan kereta api dan membawa anak bayi berusia 6 bulan, saya memang memilih mengirimkan beberapa barang beberapa hari sebelum keberangkatan dengan harapan barang akan sampai ketika saya juga sampai di sana.

Akhirnya barang tiba 2 hari setelah kedatangan kami dan sayapun dengan antusias langsung membuka paket tersebut.

Saya shock bukan kepalang melihat isi di dalam paket. Bagaimana tidak, seluruh makanan hancur lebur. Dan yang lebih mengecewakan, ada satu pack makanan yang hilang dari dalam paket tersebut. Padahal jelas-jelas, dari awal saya sudah menghitung jumlah makanan yang akan saya bagi-bagikan.

Kecewa tentu saja. Karena dari awal saya sudah bilang isinya makanan, mohon jangan dibanting, dan sisi-sisinya juga saya lapisi dengan baik untuk menghindari benturan.

Kapok tentu saja. Setelah itu saya memblack list jasa pengiriman ini kecuali memang ada customer yang hanya mau memakai jasa pengiriman tersebut.

Saya lebih selektif lagi dalam memilih jasa pengiriman terutama untuk benda-benda yang rawan seperti makanan, dokumen, atau benda elektronik semenjak itu.

Saya biasanya meminta review dari teman-teman terutama penjual online shop tentang pengalaman mereka menggunakan jasa pengiriman.

 

Pengalaman Menggunakan Layanan SDS dari TIKI

Pernah mendapat pengalaman buruk dengan jasa pengiriman tentu saja membuat saya lebih selektif dalam memilih jasa semacam ini. Biasanya saya meminta rekomendasi teman-teman yang masih aktif berjualan online karena rekomendasi mereka tentu saja dapat dipercaya.

Sampai akhirnya, beberapa waktu lalu saya harus mengirimkan paket ke luar kota. Awalnya saya berencana mengirimkan barang tersebut melalui layanan ojek online tapi karena ongkirnya terlalu mahal, akhirnya saya mencari alternatif lain.

Setelah mencari informasi dan meminta rekomendasi beberapa teman, mereka menyarankan menggunakan layanan JEMPOL dari TIKI.

Tapi sayang, ternyata layanan itu belum ada di kota Boyolali. Akhirnya, saya beralih menggunakan layanan SDS (Same Day Service). Senang sekali kan ternyata di Boyolali sudah ada layanan SDS juga, apalagi tarifnya juga super bersahabat sih untuk kiriman satu hari sampai.

Sesampainya di konter TIKI terdekat, saya pun segera melakukan transaksi pengiriman.


Oh iya, selama masa pandemi, TIKI juga ikut menerapkan protokol kesehatan baik pada kurir, paket, sampai di konter-konternya. Mulai dari mewajibkan karyawan untuk mengenakan masker dan sarung tangan, melakukan pengukuran suhu, menyediakan hand sanitizer, melakukan penyemprotan di konter, dan menerapkan jarak aman antara staf, kurir, dan pelanggan.

Bahkan, paket-paket yang masuk ke TIKI juga harus disemprot dengan disinfektan sebelum dikirimkan ke rumah-rumah pelanggan loh! Ketat banget kan ya….

Oke, kembali ke paket yang saya kirimkan ya. Waktu itu sempat khawatir sih paket tidak akan sampai tepat waktu apalagi saya mengirimkan paket sudah cukup siang, ketika jam 2 siang.

Jadilah saya bolak-balik mengecek resi melalui web TIKI.

Tapi ternyata, dugaan saya salah!!

Yippiieee…. Paket tiba di tujuan sore itu juga.

Senang sekali karena hanya dengan 15K saja, paket saya bisa sampai dalam waktu kurang dari 6 jam ke kota tujuan.

Oh iya, untuk teman-teman yang biasa mengirimkan paket, pasti tidak asing kan dengan istilah NO RESI.

Dengan no resi ini, kita bisa memantau paket yang kita kirim atau akan kita terima sudah sampai di mana posisinya baik melalui web maupun aplikasi TIKI.

Nah, itu tadi pengalaman saya menggunakan produk SDS dari TIKI untuk mengirimkan barang dari kota Boyolali ke Sukoharjo.

Yang jelas sih puas sekali #PakeTIKIAja ya karena biayanya sangat terjangkau dan jangka waktu pengirimannya pun cepat. Yeay!!

 

Macam-Macam Produk Pengiriman TIKI

Untuk kalian yang penasaran dengan jenis produk pengiriman apa saja yang disediakan oleh TIKI, nah ini dia diantaranya:


1. SDS (Same Day Service)

Sesuai dengan namanya, produk SDS ini memberi jaminan bahwa barang konsumen akan dikirimkan dan diterima di hari yang sama.

Produk ini tentunya sangat cocok untuk teman-teman yang memiliki usaha makanan atau frozen food. Bahkan, jika kita menginginkan makanan khas suatu daerah, kita juga bisa menggunakan produk SDS KITA (Kuliner Nusantara).

2. ONS (One Night Service)

Produk ONS adalah salah satu produk andalan TIKIM di mana mereka menjamin barang yang dikirimkan akan sampai keesokan harinya di tempat tujuan. Bahkan TIKI menjamin, produk ONS ini memiliki money back guarantee, di mana jika barang yang dikirimkan konsumen tidak sampai tepat pada waktunya, biaya pengiriman akan dikembalikan kepada konsumen.

Nah, produk ini juga cocook untuk kalian yang ingin mengirimkan dokumen penting atau untuk kalian yang memiliki UMKM dan membutuhkan waktu singkat dalam proses pengirimannya.

3. TDS (Two Days Service)

TDS ini memiliki estimasi pengiriman dua hari sampai kepada konsumen tujuan. Jadi jika barang yang kalian kirimkan butuh cepat tapi tidak terlalu urgent, bisa banget ya menggunakan opsi yang satu ini.

4. REG (Reguler Service)

Untuk produk REG, biasanya dikenakan tarif lebih murah dengan estimasi pengiriman 3-4 hari kerja. Layanan ini biasanya banyak diminta oleh customer yang letak kotanya tidak terlalu jauh dari kota asal paket dikirimkan.

5. ECO (Economy Service)

Produk andalan para konsumen terutama yang di luar jawa nih. Ongkos kirim yang cukup bersahabat membuat para konsumen biasanya memilih produk ini, terutama mereka yang cukup jauh dari kota asal pembelian barang.

6. INT (International Service)

Nah, untuk kalian yang ingin mengirimkan barang ke luar negeri, bisa memilih layanan INT ini ya. Untuk ongkos kirim berkisar mulai dari Rp. 100.000.

Dulu ketika saya berjualan online shop pada tahun 2010-an, mengirimkan barang ke luar negeri ini termasuk merepotkan dan cukup mahal. Karena saat itu hanya beberapa ekspedisi khusus yang bisa melayani pengiriman ke luar negeri. Senang ya sekarang makin banyak jasa pengiriman yang menyediakan pengiriman ke luar negeri. Harganya tentu makin kompetitif kan!

7. TRC (Trucking Service)

Suka mupeng lihat perabotan yang bersliweran di media sosial tapi tokonya di luar kota?

Atau berencana melelang barang-barang besar di rumah karena mau pindah ke luar pulau?

Kalian bisa memilih produk TRC ya, gaes.

Produk ini bisa digunakan untuk mengirimkan barang dengan ukuran yang cukup besar dan berat (minimal 10 kg) biasanya sih.

 

Jenis Layanan yang Disediakan TIKI

Saat ini, jasa pengiriman semakin menjamur. Belum lagi dengan kehadiran jasa pengiriman dari ojek online dan sejenisnya yang juga cukup diminati masyarakat.

Hal ini juga yang sepertinya membuat TIKI makin berinovasi dan semakin peduli dengan pelanggan terutama mereka para pelaku online shop atau UMKM yang biasa menggunakan jasa layanan TIKI.

Lalu ada apa saja layanan andalan TIKI saat ini?

Nah, ini dia:


1. PUTAR 

Layanan PUTAR adalah singkatan dari layanan Jemput Antar. Di sini, paket akan dijemput dari titik pengiriman, lalu langsung diantar ke tempat tujuan. Sementara ini layanan PUTAR baru tersedia di Jakarta dan Bandung. Jadi untuk kota lain, harap bersabar ya…

2. JEMPOL

Layanan Jemput Online ini diinisiasi untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan TIKI. Layanan ini berbasis aplikasi yang bisa di-dwonload baik melalui playstore maupun appstore. Dengan menggunakan layanan ini, pelanggan hanya perlu membuat transaksi melalui aplikasi tanpa perlu datang ke konter atau gerai TIKI. Nanti akan ada kurir yang menjemput paket tersebut tanpa dikenakan biaya sedikit pun. Bahkan tidak ada batasan minimal jumlah atau berat paket yang dikirimkan.

Untuk pembayaran, bisa dilakukan secara tunai saat barang diambil oleh kurir atau melalui transfer.

Saat ini, JEMPOL sudah bisa dinikmati di beberapa kota besar di Indonesia termasuk kota Solo loh!

Keuntungan menggunakan layanan berbasis aplikasi ini ada banyak sekali, misalnya: konsumen bisa mengecek jenis layanan, ongkos kirim, gerai TIKI terdekat, bahkan konsumen bisa memantau status barang kirimannya secara real time.

3. DRIVE THRU

Mau kirim paket tapi suka malas turun dari kendaraan? Jangan khawatir, kalian bisa memanfaatkan layanan DRIVE THRU dari TIKI yaa. Apalagi ketika pandemi seperti ini, layanan semacam ini sangat bermanfaat dalam meminimalisir kontak kita dengan orang lain kan. Tapi sayang, layanan ini juga baru tersedia di TIKI yang memiliki fasilitas DRIVE THRU.

4. SERLOK

Seperti yang sudah ditulis di atas, saat ini TIKI makin peduli dengan mitra-mitra online shop/seller dan UMKM. Karena itulah TIKI mencetuskan layanan SERLOK ini yang memang didedikasikan khusus untuk online shop/seller.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh para penjual online yang bergabung menjadi anggota SERLOK ini, seperti misalnya: penjual akan mendapat komisi 18%, pick up barang bisa dilakukan kapanpun, tidak ada minimal jumlah barang yang ditentukan, pembayaran ongkos kirim bisa dilakukan maksimal H+2 dari hari pengiriman menggunakan virtual account, dll. Bahkan, seller yang bergabung di SERLOK juga akan diberi edukasi dan ilmu-ilmu gratis seputar usaha online sampai bagaimana membuat tampilan toko online/web yang menarik.

Berminat?

Mudah sekali kok caranya. Kalian para pelaku usaha online hanya perlu membuka web Tiki.id (https://www.tiki.id/kmemitraan) lalu membuat akun di aplikasi TIKI khusus untuk peserta SERLOK.

 

Untuk teman-teman yang saat ini sedang merintis usaha atau berencana merintis usaha online, yuk #BeraniBerubah bersama #TIKIID. Karena beneran deh, komitmen TIKI untuk #MakePeopleHappy tuh sekarang terasa banget manfaatnya untuk kita para pelanggan setia TIKI loh!

Jadi tunggu apa lagi?!

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Pengalaman Menggunakan Produk Layanan SDS dari TIKI

  Memilih jasa pengiriman yang tepat dan terpercaya itu susah-susah gampang menurut saya. Bahkan tidak jarang akhirnya meninggalkan trauma k...