Thursday, May 2, 2019

Serunya Menikmati Area Bunda di Festival SGM BUNDA Generasi Maju di Yogyakarta


SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta


Hari Minggu kemarin saya berangkat ke Jogja untuk mengikuti Festival SGM Bunda Generasi Maju yang diadakan di JEC. Berbekal tiket prameks, saya pun berangkat jam 04.30 dari rumah. Awalnya sempat ragu sih karena hanya itu jadwal yang tersedia and yes, it's too early. Untunglah abang ojol mengantarkan saya sampai stasiun dengan selamat sentausa, hehe. Sampai stasiun, setelah beristirahat sejenak, saya melanjutkan perjalanan menuju JEC dengan transportasi umum.
Sampai di sana, suasana sudah sangat ramai dengan nuansa merah yang cerah ceria. Ada dua tenda besar yang dididirikan untuk acara SGM ini.
Photo booth di Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta. Dengan mengupload foto di sini, kalian bisa mendapatkan pouch keren dari SGM loh   

Setelah melakukan registrasi, saya pun dipersilakan untuk menikmati seluruh fasilitas yang disediakan oleh SGM BUNDA hari itu dengan menggunakan passport yang sudah disediakan.
Oh iya, untuk mendapatkan passpor ini caranya mudah sekali. Para Bunda hanya cukup membeli SGM Bunda dengan beberapa pilihan paket.
Passport untuk menikmati area Bunda dan tas cantik dari booth Bunda Cerdas di Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta

Paket pertama : Pembelian SGM Bunda 2x150 gr, akan mendapatkan akses untuk menikmati talkshow, area Bunda Cerdas, Couple Yoga, area Bunda Jajan, dan mengikuti Cooking Demo.
Paket kedua : Pembelian SGM Bunda 3x150 gr, akan mendapatkan akses untuk menikmati talkshow, area Bunda Cerdas, Couple Yoga, area Bunda Jajan, area Bunda Santai, dan mengikuti Cooking Demo.
Paket ketiga : pembelian SGM Bunda 4x150 gr, akan medapatkan akses untuk menikmati seluruh fasilitas yang disediakan oleh SGM BUNDA di hari itu.
Nah, sekarang waktunya saya bercerita tentang keseruan yang saya ikuti selama ada di Festival SGM BUNDA Generasi Maju ya.

Area Bunda di Festival SGM BUNDA Generasi Maju

Area Bunda Jajan

Booth pertama yang menarik minat saya, haha. Di booth ini, para Bunda bisa mendapatkan 1 paket snack lengkap dengan air mineralnya. Dan ingat ya, di setiap booth, Bunda harus menunjukkan passport yang sudah diberikan untuk diberi tanda. Oh iya, pie buahnya enaaaak bangeeet. Krimnya itu super nagih pokoknya.
Area Bunda Jajan Festival SGM BUNDA


Area Bunda Santai

My most favorite!!!
Yakin deh, booth area Bunda Santai ini kayaknya yang paling menjadi favorit para Bunda. Bagaimana nggak, di sini kami dimanjakan dengan pijatan super enak dan lagu-lagu relaksasi yang membuat acara pijat jadi semakin menyenangkan.
Area Bunda Santai Festival SGM BUNDA

Untunglah begitu sampai, saya memutuskan untuk menikmati area Bunda Santai terlebih dahulu karena amsih sepi. Benar saja, begitu menginjak siang, area ini dipadati oleh pengunjung sampai diberikan nomor antrian, hihihi.
Ada dua jenis pijatan yang ditawarkan di sini, Foot Massage dan Totok Wajah. Saya memilih untuk Totok Wajah karena malas harus melepas sepatu sih ya. Setelah menyerahkan passport, therapist menawarkan saya untuk duduk, melepas kaca mata, dan menyerahkan headset dengan lagu relaksasi pilihan. Lalu mulailah proses pemijatan dengan menggunakan minyak khusus. Luar biasa rileks, dipijat sembari mendengarkan lagu relaksasi dan duduk di sofa yang nyaman. Apalagi tangan sang therapist benar-benar mantap dalam melakukan pijatan. Bahkan tidak hanya wajah, pijatan juga diberikan sampai ke pundak. Rasanya sih saya mau dipijat terus saja seharian itu, haha.

Area Bunda Cerdas

Nah, ini juga seru sekali boothnya. Di sini, para Bunda diajak untuk menjawab 10 pertanyaan seputar Mitos Fakta Ibu Hamil. Dan kerennya lagi, setelah menjawab pertanyaan, akan ada penjelasan mengapa pertanyaan itu benar merupakan mitos atau fakta. Jadi Bunda juga bisa sekaligus belajar tentang mitos dan fakta selama masa kehamilan yang selama ini mungkin masih salah kaprah.
Misalnya pertanyaan, “Benarkah mengkonsumsi bubur kacang hijau dapat membuat rambut bayi tumbuh lebat?”
Area Bunda Cerdas Festival SGM BUNDA Yogyakarta

Jawabannya adalah Mitos karena rambut bayi tergantung pada gen kedua orangtuanya. Mengonsumsi kacang hijau sangat sehat karena mengandung banyak nutrisi (protein tinggi, antioksidan, serat tinggi, vitamin B1, B2, B6, pembentukan dan metabolisme energi pembentukan jaringan, vitamin C.
Alhamdulillah saya bisa menjawab 10 pertanyaan dengan benar, hihihi. Dapat tas cantik dari SGM BUNDA deh.

 

Area Bunda Sehat

Di area ini, Bunda yang sedang hamil bisa melakukan USG dan berkonsultasi langsung dengan tenaga kesehatan seputar kehamilan. Nah, karena saya sedang tidak hamil, jadilah tidak bisa menikmati area ini, hehe.

 

Area Bunda Cantik

Untuk Bunda yang suka dandan, area ini cocok sekali. Di sini ada booth yang menyediakan make up yang bisa dibeli oleh bunda yang meskipun sedang hamil tapi tetap ingin merawat penampilan. Bahkan di akhir acara juga ada demo make up yang seru sekali. Para bunda diberi pengetahuan soal make up untuk ibu hamil dan bagaimana make up wajah yang simpel tapi fresh khusus untuk ibu hamil.

Talkshow Bersama dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, SpOg


“Anak yang percaya diri adalah salah satu ciri anak yang cukup mendapatkan asupan nutrisi. Itu anak-anak kecil yanng sudah pede tampil atau ikutan membuhat youtube malah kayaknya kelebihan nutrisinya, hehe. Artinya,nutrisi yang baik dan cukup itu sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak di kemudian hari dan juga bisa membuat anak lebih sehat dan percaya diri, ” ucap dr. Edo sambil berseloroh.

Ketika hamil dulu, salah satu hal yang saya khawatirkan adalah kecukupan nutrisi pada janin. Apakah harus mengonsumsi makanan ini, haruskah ditambah dengan suplemen itu, atau apakah makanan inis udah cukup nutrisinya untuk saya dan janin. Karena tentu saja, nutrisi yang baik itu adalah investasi jangka panjang yang menunjang pertumbuhan janin baik secara fisik maupun otaknya.
 
dr. Eduardus SpOG di Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta
Nah, di acara SGM BUNDA Generasi Maju ini ada talkshow seputar nutrisi kehamilan bersama dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra SpOG yang super ramah dan fun. Dokter yang biasa dipanggil dokter Edo ini menjelaskan tentang pentingnya asupan nutrisi bagi ibu hamil demi tercapainya kecukupan nutrisi di 1000 hari pertama si kecil yang tentu saja sangat penting untuk kualitas masa depannya kelak. Oh iya, 1000 hari pertama itu bukan sejak bayi lahir ya, Bunda. Tapi sejak bayi usia 0 bulan di dalam kandungan. Itulah kenapa para Bunda diharapkan benar-benar mempersiapkan nutrisi ketika ingin memulai masa kehamilan. Karena masa kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si kecil yang penting untuk kualitas masa depannya.

Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi makro dan mikro para Bunda tentu saja meningkat, karena kita juga membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Lantas, haruskah kita makan dengan porsi lebih banyak dan lebih besar demi tercapainya kecukupan nutrisi? Nope!! lalu bagaimana? Dengan memperhatikan makanan yang kita makan dan kualitas nutrisinya tentu saja.
 
Talkshow bersama dr. Edo dan Mbak Renta dari SGM BUNDA
Nutrisi makro sendiri terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan nutrisi mikro terdiri dari asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin D.
Sayangnya, banyak Ibu hamil yang belum bisa memahami pentingnya dua nutrisi ini, baik makro maupun mikro. Atau banyak juga yang hanya memperhatikan asupan nutrisi makro dan kurang peduli dengan nutrisi mikro. Akibatnya? Banyak Ibu hamil yang mengalami anemia dan kekurangan mikro nutrisi. 

Menurut dr. Edu, kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan bayi rendah, dan kematian bayi dalam kandungan. Selain itu, kondisi anemia juga bisa menyebabkan pendarahan yang berakhir dengan keguguran. Untuk asam folat sendiri, ini juga salah satu mikro nutrisi yang teramat sangat penting dikonsumsi ibu yang berencana untuk hamil dan sedang hamil. Karena asam folat sangat penting dalam membantu tabung saraf bayi berkembang pada masa bertumbuhnya otak dan sumsum tulang belakang. Itulah kenapa suplemen penambah darah dan asam folat adalah dua hal yang wajib selalu dikonsumsi ketika kota hamil meski bau dan rasanya kurang menyenangkan, hiks. Belum lagi kondisi hamil yang luar biasa unik yang biasanya membuat kita mual terhadap bau-bau tertentu dan makanan tertentu kan ya.

Saya sendiri adalah salah satu orang yang sedikit trauma dengan masa awal kehamilan. Karena biasanya saya mual terhadap segala jenis bau dan segala jenis makanan, hiks. Di trimester pertama, saya hampir tidak bisa menelan makanan jenis apapun. Lalu bagaimana dengan kebutuhan nutrisi di awal kehamilan yang sangat penting tadi?

Nah, menjawab kondisi-kondisi yang unik pada ibu hamil dan untuk mendukung pemenuhan nutrisi di masa kehamilan, sejak tahun 20112, SGM BUNDA menghadirkan varian susu hamil yang luar biasa enak dengan varian rasa seperti strawberry, coklat, dan jeruk. Dan kini, SGM BUNDA hadir dengan formula complinutri yang mengandung minyak ikan (mendukung perkembangan saraf dan otak janin), tinggi zat besi (mencegah anemia), tinggi asam folat (untuk pertumbuhan dan perkembangan janin), tinggi kalsium dan vitamin D (membantu pembentukan tulang dan janin). super lengkap kan!! Apalagi produk SGM ini dibuat berdasar riset internasional yang yang dilakukan di Belanda dan Singapura.
SGM BUNDA varian coklat dengan formula Comlinutri. Pict: generasimaju.co.id


SGM BUNDA ini memang berkomitmen untuk mendukung kesehatan Ibu hamil melalui banyak cara seperti menghadirkan produk susu berkuallitas, memberikan edukasi melalui aktifitas offline seperti acara Festival SGM BUNDA Generasi Maju yang sudah dan akan dilaksanakan di beberapa kota besar di Indoenesia, dan memberikan edukasi melalui aktifitas secara online atau digital. Bahkan, SGM BUNDA juga menyediakan Mobil HEALTH SGM yang bertujuan ingin menjangkau para ibu yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Hanya sayangnya mobil HEALTH SGM ini baru tersedia di beberapa kota saja. Semoga kelak semakin banyak ya tersebar di seluruh pelosok negeri.

Couple Yoga bersama AWJ PGY

Setelah sesi talkshow berakhir, dimulailah acara yang ditunggu-tunggu para Bunda dan pasangan. Apalagi kalau bukan Prenatal Couple Yoga. Acara yang dipimpin oleh Bidan Dheska dan Ratih dari AWJ PGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga) ini menarik minat banyak pasangan terutama mereka yang sedang hamil. Kami yang tidak hamil? Ikut juga dong, hihihi. Dengan pasangan darurat malah.
Prenatal Couple Yoga di Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta


Di sini para Bunda diajak untuk belajar mempraktikkan teknik pernafasan Paranayama. Ada dua teknis pernafasan yang kemarin diajarkan yaitu Belly Breating (pernafasan yang fokus di area perut), Ujjay Breathing (pernafasan yang fokus pada tenggorokan), dan beberapa pose dalam yoga yang bisa membuat Bunda hamil lebih rileks dan membantu memudahkan proses persalinan.
Peserta Prenatal Couple Yoga Festival SGM BUNDA Generasi Maju


Cooking Demo bersama Chef Anton

Siapa yang suka mual minum susu hamil ketika hamil? Saya, hihi. Entah bagaimana, saya ini setiap kali hamil pasti mual dengan yang namanya susu hamil. Mau diseduh dengan air hangat maupun dingin tetap saja sama-sama tidak doyan.
Nah, untuk Bunda yang memiliki masalah yang sama dengan saya, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena SGM BUNDA ini bisa divariasikan ke dalam berbagai menu yang super lezat seperti puding maupun minuman lezat lainnya.
Cooking Demo with Chef Anton di Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta

Kemarin, Chef Anton Yanwar Susilo dengan asisten yang juga istrinya memberikan cooking demo bagaimana merubah susu hamil menjadi hidangan super lezat yang pastinya susah ditolak, hehe. Ada 3 menu yang dibuat oleh Chef Anton kemarin. Es Jeruk Pelangi, Es Stroberi Sirsak, dan Coklat Lapis Alpukat. Di akhir cooking demo semua peserta berkesempatan mencicipi seluruh hasil kreasi cooking demo dan masih diberi bonus puding coklat yang tentunya dibuat menggunakan bahan dasar susu SGM BUNDA rasa coklat? Enak banget!
Rasanya? Segar dan nggak kerasa kalau itu susu.
Had a great time with Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta

Sayang akhirnya kami sudah sampai di penghujung acara dan MC pun menutup segala keseruan hari itu. Rasanya sih masih kurang lama ya, hehe.
Bunda juga ingin menikmati keseruan acara di Festival SGM Bunda? Atau ingin tahu dan belajar soal nutrisi selama kehamilan bersama SGM?
Bunda bisa bergabung dengan SGM di FB SGM BUNDA ya. Di sana ada banyak sekali informasi seputar masa kehamilan dan nutrisi yang dibutuhkan para Bunda selama hamil. Ada banyak fitur yang keren sekali seperti artikel, live chat dengan dokter dan ahli nutrisi, tips kehamilan, serta aktifitas digital lainnya.
Untuk yang berada di Jakarta dan Bandung, jangan lewatkan segala keseruan acara di #FestivalBundaGenerasiMaju. Datang dan ikuti Festival SGM BUNDA di Jakarta yang akan diadakan pada 21 Juli 2019 di Park and Ride Thamrin Lot dan Bandung yang akan diadakan pada 28 Juli 2019 di Taman GOR Saparua.
Bagaimana? Sudah siap menjadi generasi BUNDA yang siap mengambil Langkah Awal Dukung Generasi Maju? Jangan lupa bergabung dengan SGM BUNDA #LangkahAwalGenerasiMaju ya!!
Para Bunda di Festival SGM BUNDA Generasi Maju Yogyakarta




20 comments:

  1. Acaranya lengkap banget ya mbak. Duh.. jadi ingin ikutan festival SGM ini

    ReplyDelete
  2. Oalah pantesan di instaInstbanyak yang post foto ttg SGM. Ada festival rupanya di jogja

    ReplyDelete
  3. Mb ana pinter, ke bunda santai dulu... Selain belum terlalu ramai, terapistnya juga masih fresh... Jadi pijatnya total...aku dapat yang akhir-akhir sih. Jadi minus pijatan pundak.. Hihi..tapi so far, acaranya asyik dan menyenangkan... ��

    ReplyDelete
  4. Ini mah, memanjakan para bunda banget. Keren ya SGM

    ReplyDelete
  5. Dan Area Bunda Jajannya sukses bikin saya lapaaaar
    Acaranya lengkap, yaa...banyak ilmu dan teman baru:)
    Keren memang SGM!

    ReplyDelete
  6. Ya Allah... pengen banget ikutan.... Sayangnya jauh, ada bayi imut yang sebentar-sebentar ingin ngASI.
    Acara SGM selalu seru, serba lux dan bikin puas pengunjungnya.

    ReplyDelete
  7. asyik ini ya, gak cuma buat anandanya, tapi bundanya juga kebagian acara hihi

    ReplyDelete
  8. Wah asyik dan seru banget ya acaranya. Sampai ada pemanjaan diri gratis uyy.

    ReplyDelete
  9. Seru yaa acaranyaa mbak . Serasa me time gak sih yaa . Hehehehe . Susu SGM bunda susu waktu aku hamil nih minum itu , walaupun minum ny jarang banget karna efek mual mual

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Seru ini kak acaranya, bulan lalu SGM juga adakan di Makassar, sayang lom bisa ikutan soalnya lom punya anak.heehehe

    ReplyDelete
  12. Barokallah nggak hanya kumpul silaturahmi ya kak tapi juga mendapat ilmu parenting. Pengen ikutan juga kalo dekat

    ReplyDelete
  13. Seru sekali ya acaranyaaa... Dapet ilmu sekaligus bisa nambah romantisme sama pasangan Trus ketemu teman-teman jugaaa... Barakallah Kak

    ReplyDelete
  14. “Anak yang percaya diri adalah salah satu ciri anak yang cukup mendapatkan asupan nutrisi."

    Setuju banget

    ReplyDelete
  15. event SGM juga kemaren ada di medan. sayang saya gabisa ikutan. nice event buat mamud inih. hehehe

    ReplyDelete
  16. Waaaaah ibu-ibu hebat nih. acaranya sepertinya seru banget ya buk

    ReplyDelete
  17. Ga kalah seru kegiatan SGM Bunda, para bunda hamil dan menyusui dimanjakan dengan acara seperti ini. Apalagi ada talkshownya membahas mengenai ibu hamil dan menyusui

    ReplyDelete
  18. Wahhh acaranya seru banget yaa ramai dikunjungi masyarakat disana, ketinggalan info nih

    ReplyDelete
  19. aduh seru banget yaa acaranya, ada tempat bersantai bunda jugaa.

    ReplyDelete

Rumah Sakit JIH Solo, RS Dengan Fasilitas Mewah dan Layanan Patient Centered Care

Perkembangan teknologi rupanya berimbas juga dengan perkembangan di dunia kesehatan. Makin banyak rumah sakit atau fasilitas kesehatan...