Tips dan Trick Fashion ala Octaria Kenes di Event Collaboration KEB Solo


 
Pict by Mas Heyriyok

What you wear is how you present yourself to the world, especially today, when human contacts are so quick. Fashion is intans language.” -Miuccia Prada-


Event Collaboration KEB  Solo

The day that I’ve been waiting for!
Bangun pagi, dandan kece, kemudian cepat-cepat menuju Alana Hotel Solo.
Kenapa semangat sekali? Harus dong. Karena hari ini Event Collaboration KEB Chapter Solo digelar!
Pagi itu area lantai dua Alana sudah cukup ramai. Saya bergegas menuju ke Aquamarine Meeting Room. Di sana sudah ada Mak Arinta, Opik, Mak Ety, dan tim dari Wardah yang sedang mempersiapkan booth untuk barang - barang mereka.
Setelah menyapa mereka, saya segera masuk untuk meletakkan tas dan check sound. Betapa terkejutnya saya, ruangan yang kemarin sudah berubah sekeren ini.
Mini garden di bagian bawah backdrop, bunga-bunga di meja, sampai pengharum ruangan eklektrik membuat ruangan semakin membuat saya terpana.
Tapi untungnya sih nggak sampai lupa untuk check sound demi tugas utama saya hari itu, hehe.
Yup, saya didapuk untuk menjadi MC salah satu acara super keren KEB Chapter Solo kali itu.
Grogi? Pastilah. Apalagi kali ini pesertanya lebih banyak datang dari luar member KEB. Huft, breathed in breathed out, LOL.
Candid by Mak Ran

Acara dimulai dengan sambutan ketua KEB Chapter Solo, Mak Ety Abdoel, dan kemudian berlanjut ke materi inti yang ditunggu-tunggu.
Grooming Your Personality with Octaria Kenes dan Beauty Class with MUA DeeCintaahh. Penasaran mau tahu gimana cerita selengkapnya? Yuk, lanjut.

Grooming Your Personality -Tips dan Trick Fashion- with Octaria Kenes

Sebagai seorang perempuan, istri, dan ibu, penampilan itu buat saya sih penting sekali untuk dijaga dan diperhatikan. Sebagai nilai tersendiri ketika ketika bertemu orang banyak meski hanya dalam lingkup kecil sekalipun.  
Saya sendiri bukan tipe perempuan yang 100% peduli pada fashion yang sedang happening. Bukan tipe perempuan yang selalu mengikuti tren. Saya hanya memakai pakaian/outfit yang saya rasa nyaman dan pantas. Dan setelah berhijab, saya memang memutuskan untuk tidak lagi mengenakan celana. Tapi saya tetap berusaha menjaga penampilan dan sedikit banyak up to date pada trend busana muslimah. Tapi tetap, no 1 adalah apakah pakaian itu pantas saya kenakan dan apakah nyaman.
Saya yang dianugerahi tubuh mungil membuat aktifitas memilih dan memilah fashion ini jadi satu tantangan tersendiri buat saya. Tentu saja saya harus memilih out fit yang tidak membuat saya tenggelam atau malah terlihat makin kecil, kan.
Lucky me, I met Mbak Ria di acara Event Collaboration KEB Chapter Solo ini. Bagaimana tidak, saya belajar banyak sekali dari Mbak Ria. 
 Bagaimana saya yang bertubuh kecil ini harus menyiasati out fit yang saya kenakan sehingga bisa terlihat lebih tinggi. Asik, kan!
Bahkan saya juga sekalian minta dinilai soal out fit yang saya kenakan saat itu pada Mbak Ria. Katanya sih sudah oke, hanya harus dibenahi sedikit demi makin terlihat jenjang, hihihi. 
Octaria Kenes. Pict  by Mak Ranny

Mbak Ria yang hari itu mengenakan outfit bernada blue dan mustard tampil all out dan bisa menjawab segala keingin tahuan kami soal fashion. Bahkan rasanya waktu kurang lebih 90 menit (yang sudah molor 30 menit) masih kurang, haha.
Berikut adalah Tips and Trick Fashionable ala Octaria Kenes
1. Kenali Pribadi Kamu
Nah, menurut Mbak Ria, ada 3 tipe kepribadian dalam kaca mata fashion. Tipe cuek, tipe simpel, dan tipe modis.
Tipe Cuek
Tipe ini biasanya minim koleksi baju, tidak memperhatikan estetika, buta fashion dan kadang memang sama sekali tidak peduli dengan fashion.
Biasanya orang dengan tipe ini hanya memiliki koleksi baju dengan model celana, rok, kaos, kemeja, dan seragam.
Tipe Simpel
Hampir mirip dengan si cuek, koleksi baju lebih banyak, tetap memperhatikan estetika, masuk ke dalam kategori slow fashion, koleksinya cukup representatif meski tidak terlalu lengkap.
Tipe Modis
Masuk ke dalam kategori “fast fashion”, memiliki koleksi baju paling lengkap, selalu ingin jadi trend setter, cenderung berfoya-foya dalam soal belanja atau boros demi mendapatkan julukan trend setter, sangat peduli dan aware dengan estetika, super detail terhadap penampilan hingga aksesoris pelengkapnya.
2. Playing With Your Mirror
Main-main dengan kaca?
Yup, ini adalah salah satu tips jitu Mbak Ria dalam mencari padu padan dan new look untuk kesehariannya. Memanfaatkan dan bermain-main dengan kaca. How come?
Nah, Mbak Ria biasanya memiliki waktu khusus dalam seminggu untuk mencoba berbagai gaya OOTD di depan kaca. Manfaatkan barang atau pernak-pernik yang sekiranya kita miliki dan kemudian padu padankan dengan koleksi baju yang ada.
Dengan begini, Mbak Ria selalu menemukan ide baru dalam memadu padankan koleksi-koleksi baju miliknya.
Berminat untuk mecoba juga? Ikuti tips ini ya:
Siapkan beberapa pakaian yang lama tidak kalian pakai atau tersimpan di dalam lemari
Siapkan beberapa referensi style pilihan kalian
Cek kelayakan stuff sebelum dicoba
Setelah itu mulai mix and match baju dengan referensi yang ada
Voila! Kalian akan menemukan style baru kalian.
Bagaimana? Berminat untuk mencoba? Tidak perlu berlama-lama. Siapkan 30 sampai 60 menit dalam seminggu untuk bermain dengan cermin.
Kalian pasti akan menemukan banyak gaya baru dalam berpakaian. Jadi nggak akan bingung lagi deh.
3. Manfaatkan Baju Lama
Punya baju lama yang mennumpuk dalam lemari tapi masih layak pakai? Manfaatkan!
Daripada baju-baju kalian itu menumpuk, menurut Mbak Ria, lebih baik dikumpulkan dan dimanfaatkan. Salah satu caranya? Bikin Garage Sale.
Nah, penghasilan dari Garage Sale ini bisa deh kita gunakan untuk membeli out fit baru yang mungkin sudah kita incar berbulan-bulan, hehehe.

Selain itu, usahakan untuk meletakkan baju yang sering kita pakai di tempat yang terlihat dengan jelas dan persiapkan baju yang akan kalian pakai semalam sebelumnya. Hal ini demi meminimalisir kebingunan kita saat memutuskan out fit yang akan kita kenakan.
Sering kan ya, kita panik di detik-detik terakhir berangkat ke sebuah acara hanya gara-gara bingung mau pakai kostum apa hari itu.
Selain itu, usahakan untuk mengoleksi banyak atau beberapa outer. Kenapa? Karena outer ini paling mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai jenis baju.
Bahkan Mbak Ria juga memberikan beberapa stylenya yang memakai outer yang sama dengan tampilan yang berbeda-beda.
Seru banget deh! Jadi makin terinspirasi buat modis tapi tetap sopan dan sesuai syariat.
Saya sendiri mungkin masuk kategori simpel kali ya. Nggak terlalu peduli sama apa yang lagi tren tapi tetap peduli sama apa yang saya pakai. Misal saja warna harus match antara jilbab, baju, dengan outer, memakai baju sesuai dengan acara, tahu kapan harus bergaya casual, kapan harus bergaya sedikit resmi, dan semacamnya.
Untuk sepatu dan tas sendiri saya bukan tipe yang suka gonta-ganti. Itulah kenapa saya selalu memilih tas dan sepatu dengan warna netral demi bisa masuk ke semua out fit yang saya miliki.
Yang jelas sih, setelah mendapatkan banyak sekali ilmu fashion dari Mbak Ria, jadi kepikiran untuk semakin memperhatikan penampilan. Apalagi ketika saya harus menjadi MC di beberapa acara atau hanya sekadar bertemu calon klien baru.

Natural Glow Make Up Bersama Dee Cintaahh

 

Kalau tadi kita sudah diajari bagaimana memilih outfit yang oke, kali ini kita diajari bagaimana belajar make up yang sedang tren tapi tetap terlihat elegan.
Yup, akhir-akhir ini make up sedang digandrungi dengan tren glowing. Make up dengan hasil akhir yang membuat penggunanya bersinar. Penggunaan shimer dan highlighter menjadi poin penting dalam make up glowing ini.
Mbak Cinta sendiri menjelaskan ada beberapa tahapan dalam teknik make up glowing ini, seperi penggunaan foundation untuk based make up, blush on untuk semakin menampakkan kecerahan wajah, highlighter untuk memunculkan kesan glow atau bercahaya, dan kemudian dikunci dengan penggunaan setting spray. Tujuannya? Tentus aja demi membuat make up kita awet lama.
Mbak Cinta juga memberikan beberapa tips soal bagaimana membuat alis yang keren tanpa dikerik dan juga memakai eyeliner yang benar.
Seru banget yang jelas. Meski sayang, karena mata saya masih bermasalah, saya memilih untuk tidak ikutan mencoba segala ritual permake up-an ini sih, hiks. 

Aquamarine Convention Center Alana Hotel Solo

 

Nggak kerasa, acara demi acara sudah terlewati. Yang jelas sih super seru dan kurang banget waktunya, haha.
Berkat dukungan Alana Hotel dan Convention Center juga acara kami hari ini bisa berlangsung dengan sukses dan bahagia.
Bagaimana tidak? Kami disuguhi ruangan yang super nyaman, harum, dan kece, pemandanngan di jendela yang keren, dan makanan yang enak-enak. Ruangan bernuansa biru dengan kursi hitam dan pita warna warni ini benar-benar cocok deh dipakai untuk acara yang tidak terlalu besar.
Misal saja arisan keluarga, meeting kantor, meeting komunitas, atau private birthday party. Recommended!
Favorit saya? Hot coffee dan mini cheese cakenya. Juarak!!! kalian penggemar cheese cake harus deh cobain cheese cake di Alana ini.

Kejunya berasa, teksturnya super duper lembut, dan dingin di mulut. Makkk nyessss lah kalo orang Solo bilang, haha.
Aquamarine ini terletak di lantai dua, di depan kolam renang bagian anak. Bahkan saya dan beberapa teman sempat foto-foto di kolam renang seusai acara KEB. Super love pokoknya.
Berminat ikutan di acara seru Kumpulab Emak Blogger Chapter Solo? Langsung aja ya follow IG kami di www.instagram.com/emakblogersolo. Siapa tahu nanti bisa ketemu dan kolaborasi dengan saya kan, hihihihi.
Pict by Mas Heyriyok





Tidak ada komentar