Bolu Susu Merapi, Berbagi dengan Hati




Berapa kali dalam sehari kalian minum susu? Satu kali, dua kali, atau sering?
Well, susu adalah salah satu elemen penting demi menunjang kesehatan. Bukan rahasia lagi jika kandungan vitamin dalam susu penting bagi tubuh kita.
Susu sapi mengandung minimal 3,25 % lemak susu dan 8,25% protein, karbohidrat, vitamin, mineral, kasein, seng, kalsium, omega 3, dan fosfor. Susu sapi juga mengandung vitamin A dan B2. 
Itulah sebabnya kenapa minum susu itu juga penting, tidak hanya untuk anak dalam masa pertumbuhan.
Tapi bagaimana halnya jika ternyata kita bukan penggemar berat susu?
Saya sendiri juga bukan penggemar berat susu. Dalam satu bulan, mungkin hanya sekali saya minum atau bahkan tidak sama sekali.
Padahal sebagai seorang ibu yang sudah memasuki usia 30 tahun, tentu saja saya harus banyak mengonsumsi makanan/minuman yang banyak mengandung nutrisi pendukung demi tetap terjaganya kepadatan tulang. Dan salah satunya ya bisa didapatkan dari susu sapi itu.
Pernah mencoba susu UHT kemasan. Doyan? Nope! Biasanya saya hanya minum satu atau dua kali dan sisanya berakhir entah terbuang atau saat tidak malas saya olah jadi puding. Ribet kan? Haha…
Jadi pengen banget deh bisa tetap mendapatkan manfaat baik dari susu tanpa harus sering minum susu.
Nah, sampai pada akhirnya, Kamis kemarin saya berkenalan dengan Bolu Susu Merapi. Yup, bolu ini adalah kue bolu yang berbahan dasar susu. Penasaran cerita lengkapnya? Ini dia.




Soft Launching Produk Bolu Susu Merapi

Drama!
Kehabisan tiket prameks sebenarnya sudah menyurutkan niat saya untuk berangkat. Tapi Aida bersikeras agar saya tetap datang. Akhirnya, putar haluan deh. Pesan ojol dan pindah ke halte, naik bis menuju Jogja.
It was my very first time. Udah takut mabuk darat aja sebenarnya. Seumur-umur saya di Solo, baru kali itu ke Jogja dengan bis.
Well, sedikit menahan pusing, saya berharap agar pak sopir mempercepat laju bisnya. Bagaimana tidak, sudah berulang kali ngetem lama, bis pun dipacu tidak lebih dari 80km/jam rasanya. Kesel nggak segera sampai tujuan.
Alhamdulillah, akhirnya saya tiba di Jogja dengan selamat. Aida berbaik hati menjemput saya dan kamipun bersama-sama menuju lokasi acara.
Acara launching produk ini berlangsung di Sinergi Co-Working Space. Tempatnya cozy abis deh. Sesampainya di lokasi, teman-teman bloger dan media yang diundang sudah ramai memenuhi venue. Ada yang lagi foto-foto, ada yang menikmati coffee break, ada yang mencicipi tester bolu, dan ada yang sibuk mengedit foto dengan gadgetnya.

Sayang, karena telat, saya melewatkan kesempatan lomba foto instagram dengan hadiah satu buah smartphone. Kebayang kan kecewanya, hiks. Saya dan Aida pun cepat-cepat mengambil foto Bolu Susu Merapi yang sudah disediakan.
Sesuai namanya, aroma susu sudah memenuhi venue ketika saya datang. Benar-benar menggoda selera.

Bolu Susu Merapi, Gantinya Minum Susu
 

Siapa sih yang nggak suka ngemil bolu? Kayaknya hampir semua orang suka deh sama varian bolu. Bolu kukus, bolu panggang, sampai bolu-bolu cantik dengan berbagai rupa, warna, dan rasa. Selama ini biasanya kita mengenal bolu yang dicetak dengan cetakan mangkuk kecil. Bolu kukus ini sangat familiar, baik di kota maupun di desa. Bahkan sering jadi snack andalan jika ada acara seperti arisan atau pengajian.
Bolu sendiri sebenarnya berasal dari daratan Eropa dan diperkenalkan oleh bangsa Belanda selama masa penjajahan. Pada awalnya, bolu telah dikenal dan digunakan oleh bangsa Mesir kuno untuk upacara-upacara keagamaan.
Nah, sekarang ini bolu sudah bertransformasi sedemikian rupa. Mulai dari cetakan mangkuk yang mekar biasa, bolu karakter, sampai bolu-bolu kekinian yang mungkin sering kita makan. Salah satunya adalag Bolu Susu Merapi ini.

Bolu Susu Merapi adalah sebuah brand baru yang berasal dari gagasan cemerlang sang pendiri yaitu Anggia Pino, karena ketidak sukaannya akan susu.
“Gue tu minum susu segelas bisa seharian. Kenapa nggak dibikin apa kek, kue kek. Kan sama aja tu konsumsi susu juga.” begitu cetusnya pada seorang sahabat.
Nah, bermula dari ide tanpa sengaja ini lah, Anggi menggandeng sahabatnya, Kak Sandi Senova yang memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam bidang susu dan nutrisi, untuk bersama-sama mewujudkan ide itu menjadi kenyataan.
Meskipun idenya tanpa sengaja, tapi Anggi tidak pernah main-main dalam proyek bolu pertamanya ini. Riset demi riset dia lakukan. Bahkan Bolu Susu Merapi ini melalui proses riset kurang lebih 6 bulan sampai akhirnya bisa menemukan komposisi yang dirasa pas dan layak untuk dipasarkan.
Anggia Pino sendiri adalah seorang womenpreneur yang sudah sejak lama malang melintang di dunia bisnis. Bahkan menurut ceritanya, dia pertama kali mulai terjun ke dunia bisnis sejak jaman SMA. Dan diasah terus sampai kini. Saat ini ada beberapa bidang bisnis yang ditekuninya mulai dari properti, creative, kosmetik, sampai kuliner.
Kak Anggia Pino dan Kak Sandi. Anak muda kreatif jaman now

Salah satu prinsip yang diterapkan di hampir semua bisnisnya adalah memberikan yang terbaik dan berfikir di luar konteks.
Begitupun juga dengan Bolu Susu Merapi ini. Meskipun hanya sekedar bolu, tapi Anggi ingin memberikan yang terbaik dan terjangkau.
Nama merapi sendiri terinspirasi dari area gunung Merapi yang juga menjadi icon kebanggaan Jogja yang sudah mendunia. Selain itu, kawasan Merapi juga merupakan salah satu penghasil susu sapi yang berkualitas. Inilah yang juga mendasari lahirnya Bolu Susu Merapi. Mereka ingin nama Merapi juga menjadi penegas bahwa Bolu Susu Merapi ini adalah produk kreasi anak Jogjakarta.
“Sebenarnya yang perlu digaris bawahi adalah Bolu Susu Merapi ini juga pesan untuk teman-teman di Jogja yang punya ide atau punya modal tapi tidak besar, PD aja memulai usaha," ucap Kak Anggi.
Psst, saya pikir Kak Anggi ini bakal sombong atau gimana. Tapi ternyata, ramah luar biasa. Dia bahkan tidak sungkan bercerita tentang pengalaman getir di yang menjadi salah satu titik terendah di hidupnya. Pun dengan Kak Sandi. Anak muda yang ramah, santun, dan dengan sabar melayani segala pertanyaan kami yang datang silih berganti.
Nggak lengkap tanpa wefie 

Proud of them! Seriously, saya selalu bangga dan iri pada anak muda yang bisa memanfaatkan waktunya dengan hal positif seperti mereka.

Tekstur dan Varian Rasa
Berbicara makanan, pasti kita akan berbicara soal rasa. Bagaimana teksturnya, bagaimana rasanya, bagaimana kualitasnya, berapa harganya, dan bagaimana ketahanan produknya.
Tidak bermaksud lebay, buat saya Bolu Susu Merapi ini one of the best bolu I’ve ever tasted.
Seriusan, teksturnya itu soft bangeeet. Ringan, lembut, dan nggak bikin seret di tenggorokan. Jadi berasa makan cheese cake lah. Mirip juga teksturnya sama salah satu lapis dari kota Bogor heits favorit saya itu.
Kebayang kan softnya si Bolu Susu Merapi ini

Rasanya juga pas, tidak terlalu manis. Berbeda dengan Aida yang lebih suka tekstur rasa yang manis. Toping kejunya juga membuat mata saya berbinar, banyak! Hehe.
Saya yang tidak terlalu suka minum susu sapi ternyata doyan banget nyemil bolu susu ini. Bahkan saat proses penjepretan di rumah, saya sembari cemal cemil potongan bolu yang sudah saya sisihkan lebih dahulu dong. Berat naik? Ahh bisa diet, haha.
Harga? Affordable. Murah abis!!
Oh iya, salah satu pemandangan saya saat di bis sepanjang jalan memasuki kota Jogja adalah promosi Bolu Susu Merapi, hehe. Pusing yang membawa berkah sih ya. Jadi saya sudah tahu duluan berapa harganya semenjak di jalan meski salah kira.
Bolu Susu Merapi ini dibanderol seharga Rp. 28.000,-/box. Murah banget kan??!!
Saya pikir 28 ribu tadi adalah harga untuk kemasan kecil loh. Tapi ternyata itu adalah harga untuk setiap kemasan Bolu Susu Merapi seberat 400gr. Bahkan beberapa bolu kesukaan saya (non oleh-oleh artis) saja harganya jauh lebih mahal dibanding Bolu Susu Merapi. Makanya sempat rada kaget.
Trus harga segini memakai bahan berkualitas? Yakin?
Nah, ini dia salah satu concern Kak Anggi pada setiap usaha bisnisnya. Bahan baku yang berkualitas. Selain bahan baku pilihan, di setiap 1 box Bolu Susu Merapi ini mengandung 100gr susu sapi murni yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. See? Udah murah, sehatkan pula.
“Tanpa pengawet, tanpa pengembang.” pungkas Kak Anggi soal bahan pembuatan Bolu Susu Merapi ini.
Untuk varian, Bolu Susu Merapi baru mengeluarkan dua varian yaitu Bolu Susu Vanilla dan Bolu Susu Coklat. Favorit saya yang Vanilla Keju pastinya. Beda dengan Aida yang lebih memilih varian coklat.
Untuk kalian yang tidak terlalu suka aroma susu, bisa memilih varian coklat. Rasa dan aroma coklat sedikit menutupi aroma susu jika dibanding varian vanilla. Softnya sih tetap sama.
Dua varian Bolu Susu Merapi

Bolu yang dalam proses produksinya menggandeng UKM lokal ini tahan 3 hari di suhu ruang dan 5 hari di suhu kulkas, dan tidak boleh terpapar sinar matahari langsung. Ini juga salah satu alasan kenapa box dari Bolu Susu Merapi ini tidak menggunakan box yang transparan.
Penjualannya di mana saja?
Untuk sementara ini Bolu Susu Merapi baru hanya melayani pembelian via online melalui akun media sosial dan via telepon untuk wilayah Jogja dan sekitarnya. Inilah yang masih menjadi kendala. Pengunaan bahan baku tanpa pengawet dan pengembang ini memang membuat bolu ini tidak bisa bertahan lama di suhu ruang. Tentu saja menyulitkan pembelian dari luar kota. Kak Anggi sendiri memang masih memikirkan bagaimana agar bolu ini bisa dinikmati oleh banyak masyarakat luas, tidak terbatas hanya di Jogja dan sekitarnya.


Pengalaman saya pribadi sih, kemarin bolu ini saya bawa seharian menjelajah mall di Jogja, kemudian sampai di rumah sekitar pukul 22.00. Hasilnya? Masih aman sih. Setelah itu baru saya simpan di kulkas dan sampai hari ini -2 hari kemudian- masih enak kok untuk dikonsumsi.

Semoga Bolu Susu Merapi bisa segera membuka cabang minimal di kota Solo dulu. Ya kan biar misal ada acara keluarga atau arisan atau pertemuan warga, saya bisa menyuguhkan sajian murah dan bernutrisi ini kepada tamu-tamu. Siapa sih yang nggak suka makanan enak, bernutrisi, tapi harganya terjangkau? Hehe.

Bolu Susu Merapi ini mengusung tagline Berbagi dengan Hati. Kak Anggi dan Kak Sandi memang ingin menyasar semua kalangan terutama kalangan menengah ke bawah. Mereka ingin agar Bolu Susu Merapi bisa berbagi dengan tulus dengan penikmatnya. Berbagi cita rasa dengan harga yang terjangkau dan juga berbagi nutrisi yang sehat dan baik, bahkan untuk mereka yang tidak suka minum susu.
Menikmati susu dengan cara yang asik dan unik.

Kemitraan

Salah satu keinginan Kak Anggi adalah bisa membuka cabang di banyak tempat. Bolu Susu Merapi adalah produk lokal tanpa embel-embel artis ini itu anu ono dan juga merupakan usaha yang menggandeng pelaku Usaha Kecil Menengah dengan modal yang tidak seberapa besar. Meskipun demikian, mereka optimis bahwa bolu ini bisa mendapat tempat di hati penikmat kuliner dan bisa bersaing dengan kue-kue artis yang kekinian.
Tapi tentu saja semua ini tidak akan terwujud tanpa adanya mitra yang membantu proses penjualan dan pendistribusian Bolu Susu Merapi. Maka dari itu, Bolu Susu Merapi membuka kemitraan bagi siapapun yang ingin ikut memasarkan produk anak muda Jogjakarta yang murah dan bergizi ini.
Nah, uuntuk kalian yang berminat untuk menjadi partner usaha, bisa menghubungi customer service di no 0811 27 444 99.
Apa keuntungan menjadi mitra Bolu Susu Merapi? Tentu saja banyak sekali. Mitra akan mendapatkan benefit seperti diskon, prioritas, keuntungan maksimal, dan lain-lain.
Selain itu, kalian juga bisa ikut berperan serta “Berbagi Dengan Hati” dengan masyarakat luas kan?

 Grand Launching, Bertabur Hadiah!

Suka bolu, suka diskon, suka hadiah? Atau suka semuanya?
Nah, berarti kalian wajib hadir di acara Grand Launching Bolu Susu Merapi yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Mei 2018 pukul 10.00 - 21.00 di Atrium Lippo Plaza Yogyakarta. Bertabur hadiah yang luar biasa banget ini acaranya. Ada mesin cuci, kulkas, kipas angin, blender, setrika, voucher belanja, dan grand prizenya adalah SEPEDA MOTOR!! Gokil kan!
IG: @Bolumerapi

Grand launching ini juga bakal diisi dengan acara keren seperti zumba dance, selling and sampling product, performance dari musisi lokal, sampai Coloring Competition dan Push Bike Competition untuk anak-anak.
Promo buy one get one juga akan dihadirkan selama acara grand launching besok ya. Yup, dengan harga 28.000, bisa dapat dua box Bolu Susu Merapi dan kalian berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah keren di atas. Kalau aku sih yes!! Nggak tahu deh, Mas Anang eh kamu maksudnya, hihihi.

Ajak keluarga boleh, ponakan boleh, gebetan boleh, teman segank boleh, teman sekos boleh, yang penting jangan ajak de’e sing wis ditikung kancamu. Berat katanya Dilan!
Nah, itu tadi cerita saya soal Bolu Susu Merapi, Gantinya Minum Susu. Kalau saya saja sudah sangat jatuh cinta sama lembut dan nikmat bolunya, kalian harus coba juga ya. Jangan sampai kelewatan pokoknya.
Selamat menikmati dan selamat Berbagi Bolu Susu Merapi dengan Hati, teman-teman.
Bloger Solo w/ Kak Anggi dan partnernya, Kak Sandi (Bolu Susu Merapi)


Bolu Susu Merapi
Jl. Palagan, Ds. Tegalsari, Gg. Makam, No. 100 Sleman, Yogyakarta
FP: Bolu Merapi
IG: @BoluMerapi
CS: 08112744499






9 komentar

  1. Kebayang bangeet mak softnya si bolu merapi..aduh busui ngeceess

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mak. cucmey nih buat nambah nutrisi para busui. soft banget pula...

      Hapus
  2. Lumayan ya kalo buy 1 get 1 free. Aku lg butuh cemilan sehat twin. Ini bisa jd rekomendasi buat busui :D. Mupeng euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget, twin. 14 ribu perboox khusus buat nanti pagi sampai malam. beneran deh, enak dan soft

      Hapus
  3. Masih ada nggak? Pengin nyicip lembutnya bolu susu merapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis, mak hihihi. ini aja motret sambil cemal cemil cemal cemil. doakan saya menang, nanti dibawain hihihi

      Hapus
  4. Duh mbak, aku jadi pengen nyemil bolu susu merapi lagi. Jepretanmu bagus-bagus, bikin pengen

    BalasHapus
  5. Kalau yang bikin adalah orang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang susu dan nutrisi, tentu kita jadi yakin banget ya kalau Bolu Susu Merapi ini benar-benar menyehatkan..

    Betewe, aku salut lho sama Kak Anggia Pino dan Kak Sandi.. Mereka tetap semangat mewujudkan ide sederhananya, dan punya tujuan mulia dengan menyasar konsumen kalangan menengah ke bawah, biar masyarakat kita juga bisa mengonsumsi susu dengan cara yang nikmat dan menyenangkan..

    Salut.. dari hati terdalam, semoga bisnis mereka sukses dan berkembang. Duh, aku jadi pengen buka cabangnya di Purworejo..hihihi..

    BalasHapus
  6. Nama saya Elang Endah Saya seorang wanita bisnis di Indonesia dan saya bepergian ke negara lain karena bisnis, saya beberapa waktu yang lalu saya memiliki kemunduran dalam bisnis saya karena seseorang yang saya percayai begitu banyak berbohong kepada saya dan mengambil banyak uang saya. modal dengan harapan mengirimi saya barang. Saya mulai mencari bantuan dan seorang teman memperkenalkan saya ke Arab Credit Group Beberapa bulan yang lalu, saya takut karena cerita yang saya dengar tentang pinjaman online sebelumnya, tetapi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mencobanya, setelah menyelesaikan semua persyaratan yang saya miliki. pinjaman sebesar 700jt telah ditransfer kepada saya dan hari ini saya sepenuhnya kembali ke bisnis, jika Anda memiliki tantangan keuangan atau Anda mencari modal untuk memulai bisnis Anda sendiri di sini adalah kesempatan Anda, jika mereka dapat membantu saya tahu mereka akan membantu Anda juga . hubungi Arab Credit Group hari ini dan Anda akan senang melakukannya.

    Detail saya

    nama: Elang Endah
    email: elangendah7@gmail.com


    hubungi Arab Credit Group menggunakan.

    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com

    BalasHapus